Beranda Updates Calon SUV Ferrari Dituntut, Terancam Harus Ganti Nama

Calon SUV Ferrari Dituntut, Terancam Harus Ganti Nama

MARANELLO, Carvaganza.com – Belum juga Ferrari membuat model SUV pertamanya, tuntutan legal justru sudah datang atas pemilihan nama Purosangue untuk Ferrari. Artinya, Ferrari terancam harus memikir ulang nama untuk calon SUV sebelum benar-benar mulai produksinya.

Tuntutan datang dari sebuah organisasi derma atau amal di Italia, yang memakai nama The Purosangue Foundation. Pasalnya, organisasi tersebut sudah lebih dulu memakai nama Purosangue cukup lama, sejak tahun 2013.

Ferrari, justru baru mengumumkan akan menggunakan nama Purosangue untuk calon SUV pertamanya, pada tahun 2018. Untuk model SUV ini, Ferrari mengincar segmen yang selama ini diramaikan oleh Porsche Cayenne.

Nama Purosangue memiliki makna ‘darah murni’ atau ‘keturunan asli’, yang seolah menunjukkan bahwa SUV tersebut akan menjadi produk murni dari Kuda Jingkrak. Sementara oleh The Purosangue Foundation, nama tersebut menunjukkan ‘darah yang bersih’, sesuai dengan tujuan yayasan yang bergerak di bidang anti-doping.

Menurut The Financial Times, Ferrari mengklaim bahwa tidak cukup menggunakan nama tersebut untuk kebutuhan komersial. Kondisi tersebut membuka proses hukum yang berlangsung di Bologna, dalam perebutan hak pemakaian nama Purosangue.

Saat mengetahui rencana Ferrari menggunakan nama Purosangue, yayasan kemudian mencoba menggagalkan usaha Ferrari. Pengacara dari Purosangue Foundation bahwa kerja sama branding dengan merek seperti Adidas sudah terjalin dengan yayasan, untuk kampanyekan gerakan anti-doping.

Ini bukan kali pertama Ferrari terlibat kasus hokum. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah saat Ferrari menuntut musisi Deadmau5, karena modifikasi mobill 458 dengan warna cat yang menurut Ferrari tidak layak.

Kontroversi SUV Ferrari

Di samping tuntutan hukum yang berlangsung, Purosangue sendiri sudah diselimuti kontroversi bahkan sejak diumumkan rencananya. Karena membuat SUV telah ditentang Ferrari sejak lama, dengan tidak ingin mengikuti pabrikan lain, yang akhirnya dilakukan juga.

Beberapa tahun lalu, mantan chairman Fiat Chrysler Automobiles dan CEO Ferari, Sergio Marchionne tegas menyatakan tidak akan membuat model SUV bermerek Ferrari. Marchionne mengatakan harus membunuh dirinya terlebih dulu kalau ingin melihat Ferrari membuat SUV.

Juli 2018, Marchionne meninggal dunia karena komplikasi dari operasi bahu dan kanker. Tidak lama pada September 2018, Ferrari akhirnya resmi mengumumkan akan membuat model SUV, sekaligus dengan nama Purosangue.

Pengumuman tersebut mendapat ragam reaksi dari publik pecinta otomotif, termasuk dari kaum purist Ferrari yang tidak setuju dengan keputusan itu. Tidak sedikit juga yang menyambut gembira keputusan kontroversial Ferrari satu ini.

Purosangue kabarnya akan menggunakan platform front-engine, penggerak roda belakang, yang akan memiliki trans-axle belakang dan opsi all-wheel drive. Sistem ini kemungkinan sama dengan GTC4Lusso, dengan gearbox depan terpisah.

Purosangue akan menjadi salah satu dari rangkaian model baru untuk diluncurkan sampai tahun 2022.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Gaikindo Gaungkan Keselamatan Berkendara di Ajang GIICOMVEC 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Topik keselamatan menjadi fokus yang diserukan GAIKINDO. Tak hanya di kendaraan penumpang, tema ini juga digaungkan lewat penyelenggaraan GAIKINDO Indonesia International...

Turnamen Bulutangkis Daihatsu Astec Open 2020 Diawali dari Medan

MEDAN, Carvaganza.com – Daihatsu kembali menggandeng Alan & Susy Technology (ASTEC) menyelenggarakan turnamen bulutangkis yaitu Daihatsu Astec Open 2020. Kompetisi ini yang dibuka di...

Toyota Bantu 20 Atlet Muda Potensial Lewat Program SATRIA

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota mengumumkan 20 nama atlet muda potensial Indonesia yang tersaring dalam program athlete scouting bertajuk SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita). Mereka akan mendapat...

Astra Auto Fest 2020 Catat 3.500 SPK dan Transaksi Rp 700 Miliar

JAKARTA, Carvaganza.com – Gelaran Astra Auto Fest 2020 yang berlangsung 19 – 23 Februari di Astra Biz Center BSD City lalu berakhir manis. Penyelenggara...

Perkuat Brand, Wuling Motors Sponsori Tim Sepak Bola Bali United

DENPASAR, Carvaganza.com – Pabrikan otomotif Wuling Motors resmi menjadi salah satu sponsor utama tim sepak bola Bali United. Kolaborasi itu, menargetkan perluasan merek dan...