Bottas Kalahkan Duo Ferrari di GP Rusia

SOCHI, 30 April 2017 -- Pembalap Mercedes Valtteri Bottas meraih kemenangan pertamanya di ajang Formula 1. Ia sukses mengalahkan pembalap Ferrari yang start terdepan, Sebastian Vettel, dalam balapan di Sirkuit Sochi, Rusia, Minggu, 30 April 2017, malam.

Bottas yang start dari posisi ketiga, memulai balapan dengan luar biasa. Pebalap asal Finlandia itu berhasil menyalip dua pembalap Ferrari yang star di posisi depan, Vettel dan rekan setimnya Kimi Raikkonen, di tikungan pertama.

Pertarungan Bottas dan Vettel terjadi sejak lap pertama. Vettel kemudian sempat memangkas jarak menjadi hanya 2,5 detik, sebelum Mercedes menarik Bottas pada akhir lap ke-27 untuk melakukan pergantian ban dari ultra lunak ke super lunak.

Bottas dan Vettel terus bersaing terjadi hingga lap terakhir atau putaran ke-52. Ia mampu mempertahankan posisinya. Sementara Vettel gagal menyalip Felipe Massa melakukan over-lap. Bottas finis pertama dengan catatan waktu 1 jam 28 menit dan 8,743 detik. Vettel di posisi kedua terpaut 0,617 detik.

https://twitter.com/F1/status/858691478456893441

Podium ketiga direbut Raikkonen yang tertinggal 11 detik dari Bottas. Posisi keempat direbut Lewis Hamilton yang unggul atas pebalap Red Bull Racing, Max Verstappen, serta duo Force India, Sergio Perez dan Esteban Ocon.

"Saya tidak yakin apa yang akan dilakukan Massa, saya kira dia akan melakukan gerakan ke kiri. Tapi, Bottas pantas meraih kemenangan di balapan ini," ujar Vettel usai balapan.

Bottas menjadi pebalap kelima asal Finlandia yang mampu meraih kemenangan di ajang F1, dan yang pertama sejak Raikkonen di GP Australia 2013



RAJU FEBRIAN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda