Bosan Pensiun, Kimi Raikkonen Ikut Balap NASCAR Bulan Agustus

Kimi Raikkonen Alfa Romeo

ESPOO, Carvaganza – Setelah resmi pensiun dari balap F1 pada akhir tahun lalu, Kimi Raikkonen sepertinya mulai tidak betah hanya berdiam diri melihat para pembalap lain aktif di sirkuit. Tahun ini, Raikkonen akan kembali ke sirkuit balap untuk mengikuti NASCAR. Ya, Raikkonen resmi mengumumkan akan comeback balapan, tidak sampai setahun sejak pensiun.

Mantan juara dunia F1 2007 ini akan tampil di NASCAR Cup Series, kategori tertinggi di balap stock car di Amerika Serikat itu. Bersama tim Trackhouse Racing, Raikkonen akan tampil di seri Watkins Glen, pada 21 Agustus 2022 mendatang. Mobil yang akan digunakan yaitu Chevrolet Camaro ZL1, dengan rekan setim Daniel Suarez dan Ross Chastain.

Momen ini akan menjadi kali pertama Raikkonen kembali ikut balap profesional, sejak menyudahi karir F1 pada Grand Prix Abu Dhabi 2021. Pada balapan  berlangsung bulan Desember lalu itu, Raikkonen menyudahi karir yang telah ditekuninya selama 20 tahun, sejak tahun 2001. Soal pensiunnya, Raikkonen pernah menyebut tidak mencari peluang lain yang terlalu serius di luar F1. Namun ada hal menarik yang akhirnya membuatnya ingin jajal NASCAR lagi.

Kimi Raikkonen

“Kami telah banyak berbicara soal itu, bagaimana berjalannya, di mana balapan diadakan, dan segala macam hal lainnya. Ada banyak hal yang terlibat, dan semuanya masuk akal bagi saya,” terang pembalap berjuluk The Iceman itu.

Baca Juga: All New Honda Civic RS Jadi Safety Car Mandalika Track Day 2022

“Ini satu balapan, jadi masuk akal bagi kami semua sebagai sebuah keluarga. Saya selalu menikmatinya ketika saya menjalani beberapa balapan (di Amerika Serikat). semoga kami bisa menikmati balapan yang bagus dan menyenangkan. Tentunya ini mobil yang baru dan saya belum pernah di trek itu. Tapi saya yakin kami akan bisa menghadapinya,” lanjutnya.

Keterlibatannya di NASCAR merupakan bagian dari inisiasi Trackhouse Racing yang Bernama Project91, untuk memberikan mobil nomor 91 ke pembalap internasional. Hal ini sebagai strategi untuk memperluas pasar penonton NASCAR di luar Amerika. Dan melalui line up Raikkonen, Chastain dan Suarez, Trackhouse Racing akan memiliki pembalap dari tiga negara berbeda.

Raikkonen NASCAR

Pemilik tim Trackhouse, Justin Marks, mengaku sebagai penggemar berat Raikkonen dan F1. Makanya hadirnya Raikkonen ke timnya menjadi hal yang meningkatkan antusiasmenya. “Salah satu momen keren dalam karir saya menjadi seorang penggemar Formula 1 adalah bisa balapan melawan Kimi di Charlotte pada 2011,” kata Marks.

“Saya tahu dia pernah tertarik dengan NASCAR, dan pernah melakukannya sebelumnya, dan terpikir kalau saya menjelaskannya tentang proyek ini, dia akan tertarik untuk ambil bagian.”

Watkins Glen nanti bukan akan menjadi debut Raikkonen di NASCAR. Karena pada tahun 2011 lalu, di sela-sela cutinya selama dua tahun dari F1, pernah beberapa kali turun di balap NASCAR. Selama periode itu juga, Raikkonen aktif turun penuh di WRC dan membuat tim sendiri dengan mobil Citroen. Akhirnya pada akhir tahun 2011, Lotus berhasil mengajaknya kembali ke F1 di musim 2012.

Kimi Raikkonen

Sejak itu pembalap F1 tersukses dari Finlandia itu tampil cukup kompetitif membela Lotus, kembali ke Ferrari, dan menutupnya di Sauber yang telah menjadi tim Alfa Romeo. Meski akan kembali ke arena NASCAR, Raikkonen belum berkomitmen untuk turun penuh dan masih melihat peluang lain yang menarik.
(WAHYU HARIANTONO)

Baca Juga: BMW Indonesia Jadi Partner Transportasi Resmi Java Jazz Festival 2022

Sumber: Motorsport

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature