Beranda Updates BMW Luncurkan Mobil Balap Listrik Formula E

BMW Luncurkan Mobil Balap Listrik Formula E

MUNICH, 19 September 2018BMW resmi menjadi pabrikan besar yang ikut bergabung di balap Formula E, yang ditandai dengan meluncurkan mobil balapnya, BMW iFE.18. Ini menjadi mobil balap listrik pertama berlabel BMW, yang akan mulai balap pada akhir tahun ini.

Diluncurkan di Munich, Jerman, iFE.18 akan menjadi andalan tim BMW i Andretti Motorsport, berbasis pada mobil balap generasi baru Formula E yang dinamai Gen2. Paduan warna putih dan biru menjadi identitas BMW di musim kelima Formula E, yakni 2018-2019.

Tampil sebagai tim pabrikan penuh setelah pada musim sebelumnya menjadi partner dari tim Andretti, BMW mengandalkan keahlian duet pembalap Antonio Felix da Costa dan Alexander Sims. Formula E menjadi tanda keseriusan BMW menyambut era elektrifikasi di dunia otomotif.

“Balapan Formula E dilangsungkan di sirkuit sempit di pusat kota, dan kami akui bahwa penonton biasanya melihat mobil dari posisi yang lebih tinggi dan lebih dekat ke trek daripada jenis balapan lainnya,” jelas Head of Design BMW Motorsport, Michael Scully.

“Kami merangkul konstelasi unik itu, dan tampilan atas mobil adalah di mana kami mulai: menetapkan skema keseluruhan untuk livery BMW iFE.18.”

Powertrain elektrik pada mobil ini dikembangkan oleh BMW i, bersama para teknisi dan insinyur yang juga telah berpengalaman dalam produksi model Seri i. Pengembangan di Formula E akan diterapkan BMW untuk produk masa depan sub-brand BMW i.

Mobil balap ini sanggup meluapkan tenaga 335 hp atau 250 kW, dengan akselerasi 0-100 km/jam dapat dicapai dalam 2,8 detik. Dengan teknologi baru, pembalap tidak lagi harus berganti mobil saat pitstop, karena kapasitas baterai mobil lama yang tidak cukup untuk menempuh satu balapan penuh.

WAHYU HARIANTONO