Beranda Updates Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah soal Jazz terbaru akan dipasarkan ke Indonesia. Padahal, Jazz merupakan produk Honda yang berhasil laris manis dibeli masyarakat Indonesia, dari awal kemunculan (2003) sampai sekarang.

Generasi baru Jazz/Fit dianggap kurang sesuai dengan karakter konsumen Tanah Air, apalagi dengan bentuk membulatnya dan minim sentuhan sporty. Yang terbaru, muncul kabar bahwa Jazz terbaru akan hadir dengan format Honda City dalam bentuk hatchback. Seperti diketahui, Jazz dan City memang menggunakan basis yang sama.

PT Honda Prospect Motor (HPM) pernah mengungkap tidak berencana membawa Fit menjadi penerus Jazz lawas. Yusak Billy, Business Innovation and Sales Marketing Director PT HPM menekankan kalau generasi anyar di sana tidak cocok dipasarkan di sini. “Hatchback di Indonesia itu memiliki desain yang sangat sporty. Dan kami bakal menyesuaikan bagi konsumen di sini. Sedangkan untuk model, desain dan fitur tentu menyesuaikan kebutuhan konsumen seperti apa. Nanti akan kami update bila ada progres,” terangnya beberapa waktu lalu.

Fit 2021 dinilai tidak merepresentasikan nilai sporty yang biasanya melekat pada Jazz. Yusak juga menyinggung kemungkinan unit gres di Indonesia dibangun berbeda dari sebelumnya. Berarti, tak lagi jadi kembaran Fit, mengikuti produk global. Sekadar contoh dari pabrikan lain, Suzuki Indomobil Sales nyatanya rela mematikan Swift. Lantas Baleno yang kini menjelma sebagai sosok hatchback sontak menjadi pengganti.

Pemetaan pasar seperti itu bukan tidak mungkin dilakukan HPM dalam penetrasi bisnis di hatchback B segmen. Apalagi, sketsa gambar City 5D (5-doors) sudah banyak beredar di jagad maya. Rencananya mobil mulai diproduksi di Thailand pada kuartal keempat tahun ini. Ada banyak jenis mesin disediakan sebagai penghuni di balik bonet.

Mengacu dari City sedan terbaru, Honda pakai mesin tiga silinder 1,0 liter turbo. Tenaganya 120 hp, setara dengan yang biasa keluar dari mesin empat silinder 1.497 cc. Momen puntir atau torsi bisa diperas hingga 172 Nm. Namun kalau melihat karakter konsumen Tanah Air, City tanpa ekor lebih masuk akal pakai mesin yang sama dari Jazz saat ini.

Niscaya City hacthback anyar menggendong mesin 1,5 liter berstandar Euro 4, andai benar mengaspal di sini. Dari data di atas kertas, jantung pacu VTEC itu berdenyut hingga 118 hp kemudian torsi 145 Nm. Penyalurannya sama dari Jazz, pakai transmisi CVT halus berikut paddle shift di balik lingkar kemudi. Sebagai penyangga dan bagian dari handling, sangat mungkin mobil pakai suspensi tipe MacPherson Strut di bagian depan. Lalu Torsion Beam jadi penopang ban belakang. Harapannya, pengendalian jauh lebih mantap dari Jazz sekarang.

Beralih ke kabin, Anda dapat saksikan dekorasi interior pada City sedan 2020. Memang terjadi sejumlah rombakan besar berupa desain dan layout baru, tanpa kemiripan dari model Honda lain. Pada model hatchback diramal tak jauh berbeda. Misalnya sistem infotainment pakai layar sentuh 8-inci dengan Android Auto, Apple CarPlay, multi-speaker stereo. Balutan kulit di lingkar kemudi dan material soft touch di beberapa panel kabin. Kursi pengemudi dapat diatur secara elektrik, serta panel meter menampilkan kombinasi digital, dial manual plus jarum merah.

Ekspektasi lainnya, City HB teranyar bakal menerima lampu depan LED autolight plus wiper otomatis. Sementara sektor keselamatan didukung sisipan stabilitas elektronik. Kemudian fitur keamanan standar minimal tersedia ABS, EBD, BA dan VSA di tipe RS sebagai flagship Honda. Terakhir, dual front SRS Aibags selayaknya ditambah bila ia masuk sini. Jangan kalah dengan rival sekelas. Jadi, kedatangannya begitu dinanti khalayak.

Sumber foto: Paul Tan

ANJAR LEKSANA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...

Mengenal Fitur Keamanan Advanced Grip Control Peugeot 3008 dan 5008 SUV

JAKARTA, Carvaganza -- Musim hujan telah tiba. Memasuki musim penghujan, berarti menghadapi berbagai macam kondisi jalan yang sangat berbeda. Berbagai macam kondisi jalan di...
video

VIDEO: First Impressions Toyota Fortuner Facelift Versi Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com – Di tahun 2020 ini, akhirnya pasar Indonesia juga kebagian versi facelift dari Toyota Fortuner, yang resmi meluncur pada bulan Oktober. New...

MG Motor Indonesia Gandeng 2 Mitra Pembiayaan Baru, Makin Pede Jualan

JAKARTA, Carvaganza -- MG Motor Indonesia terus bergerak memperkuat posisinya di Indonesia. Setelah mengumumkan penunjukan Donald Rachmat sebagai General Director MG MOtor Indonesia sejak...