Banjir Mulai Surut, Ini Ruas Jalan Yang Sudah Bisa Dilewati

JAKARTA, Carvaganza – Akibat dari curah hujan yang tinggi sejak Jumat(19/2) malam hingga Sabtu (20/2) dini hari, mengakibatkan sejumlah titik di Ibukota dilanda banjir. Bahkan beberapa titik di antaranya hingga memutus akses jalan umum khususnya jalan tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Hingga Sabtu pagi, kondisi jalan di beberapa titik masih digenangi banjir rata-rata sedalam dengkul orang dewasa (50-80cm). Beberapa kendaraan yang sedang berada di jalan-jalan tersebut juga terjebak dan terpaksa berhenti di tempat. Namun ada juga yang memaksakan tetap melalui banjir tersebut hingga mengakibatkan mogok.

PT Jasa Marga melakukan penanganan banjir di beberapa jalan raya yang tergenang banjir tersebut. Melalui website resmi jasamarga.com beberapa titik banjir yang menggenangi jalan-jalan di Jakarta mulai surut dan di antaranya masih dalam penanganan. Berikut titik banjir yang telah surut dan mulai dapat dilalui oleh kendaraan bermotor yang dilaporkan melalui website jasamarga.com.

map banjir
Map banjir di Jakarta

1. JALAN TOL JAKARTA-CIKAMPEK
- Km 19 arah Jakarta, saat ini genangan di Lajur (L) 1, namun untuk L3 dan L4 dapat dilintasi semua kendaraan.
- Rest Area KM 19 arah Cikampek dilakukan penutupan sementara.

2. JALAN TOL JAKARTA-TANGERANG
- Km 4 arah Jakarta maupun arah Tangerang saat ini terdapat genangan di L1 dan L2. L3 dan L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan berupa pemasangan tanggul dan pompa.

- Km 24 arah Tangerang, saat ini terdapat genangan di L1. L2 s.d L4 bisa dilintasi kendaraan. Saat ini dilakukan penanganan dengan pompa.
- Simpang Susun (SS) Bitung, saat ini terdapat genangan di akses keluar namun 1 lajur masih dapat dilintasi oleh kendaraan Besar

3. JALAN TOL JAGORAWI
- Km 3+800 arah Jakarta, saat ini terdapat genangan di L1, L2 s.d L5 dapat dilintasi. Saat ini dilakukan penanganan dengan tanggul dan pompa.

4. JALAN TOL DALAM KOTA JAKARTA
- KM 00+100 tergenang, arah Cikampek L2 bisa dilintasi, arah Jakarta L2 bisa dilintasi. Saat ini dilakukan dengan pompa dan pengaturan lalu lintas oleh petugas.

Pada laman resminya Jasa Marga juga menyediakan layanan informasi terkini yang dapat diakses melalui Call Center 24 jam Jasa Marga di nomor telepon 14080 dan Twitter @PTJASAMARGA (khusus informasi lalu lintas). Pada kondisi banjir seperti ini, kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat diharapkan tidak memaksakan kendaraannya untuk melalui genangan air. Karena selain dapat mengakibakan kerusakan pada kendaraan juga dapat berpotensi mogok dan menyebabkan macet di jalan raya.

Anda juga dapat memantau lokasi banjir di Jakarta melalui aplikasi google maps dengan memastikan bahwa jalan yang anda lalui tidak diberi tanda forbidden. Pada aplikasi tersebut tanda forbidden diartikan jalan terputus atau ditutup akibat banjir. (ALVANDO NOYA/EZ)

Sumber: PT Jasamarga

Artikel yang direkomendasikan untuk anda