Beranda Updates Balap Formula Khusus Wanita Digelar Tahun Depan

Balap Formula Khusus Wanita Digelar Tahun Depan

LONDON, 11 Oktober 2018 – Masa depan wanita di ajang balap mobil kelas dunia akan lebih terjamin dalam waktu dekat, dengan akan diluncurkannya kejuaraan balap mobil formula khusus wanita. Balapan bernama W Series akan digelar untuk membantu jenjang karir pembalap wanita.

W Series dijadwalkan untuk digelar mulai tahun depan, dengan tujuan membantu wanita untuk bisa lebih kompetitif menembus balap Formula 1 yang selama ini dianggap terlalu berat untuk dicapai oleh wanita. Selama puluhan tahun, F1 belum pernah lagi memiliki pembalap wanita.

Balap kategori baru ini akan menggunakan mobil balap one-make Tatuus dengan spesifikasi F3 untuk seluruh pesertanya. Beberapa nama besar dari F1 juga akan terlibat dalam W Series pada sejumlah peran penting.

Mantan pembalap F1 David Coulthard akan berperan sebagai juri yang juga ditemani Dave Ryan yang pernah menjadi manajer tim Manor Racing untuk menjadi racing director. Sementara Adrian Newey akan berperan sebagai salah satu anggota dewan penasihat.

“Terlalu sedikit wanita yang berlaga di seri single-seater saat ini. W Series akan meningkatkan jumlah tersebut dengan sangat signifikan di 2019, sehingga dengan kuat menunjukkan potensi pembalap wanita lebih banyak,” jelas CEO W Series, Catherine Bond Muir.

“Pembalap W Series akan menjadi superstar global – panutan inspiratif untuk wanita di mana saja – dan setiap organisasi, setiap perusahaan, setiap sponsor dan tentunya siapa saja yang membantu pemenang dan juara W Series meraih gebrakan kesuksesan itu akan bisa merayakan peran mereka di situ, secara terbuka, untuk pengakuan dunia yang membekas.”

Diharapkan dengan kesuksesan pembalap wanita di W Series, mereka tidak lagi harus membawa banyak sponsor untuk bisa ke jenjang balap yang lebih tinggi, melainkan dengan membuktikan kemampuan dan bakatnya sebagai pembalap. Dengan begitu, W Series akan diisi oleh para pembalap wanita terbaik di dunia.

Enam seri balap W Series akan dimulai pada bulan Mei 2019, yang diisi balapan selama 30 menit di berbagai negara Eropa. Juara dari ajang ini akan mendapat hadiah $500.000 yang bisa digunakan untuk naik ke kategori lebih tinggi, sampai F1.

WAHYU HARIANTONO

Last Updates

BMW Indonesia Siap Luncurkan SUV dan Sportscar Termewah Tahun Ini

JAKARTA, 21 Januari 2019 – Tahun 2019 dipastikan oleh BMW Group Indonesia untuk menjadi momentum meluncurkan produk baru andalan, yang...

Pengurus IOF 2018-2022 Dilantik, Diisi Banyak Darah Muda

BANDUNG, 20 Januari 2019 – Pengurus Pusat Indonesia Offroad Federation (IOF) masa bakti 2018–2022 resmi dilantik oleh Ketua Umum IOF...

Toyota Rebut Juara Reli Dakar Perdana Bersama Nasser Al-Attiyah

LIMA, 20 Januari 2019 – Kejuaraan Reli Dakar 2019 telah memunculkan nama baru sebagai juaranya, yang meraih gelar bergengsi tersebut...

Perluas Pasar Glory 580, DFSK Motor Buka Dealer di Bali

DENPASAR, 19 Januari 2019 – Guna memperluas penjualan SUV Glory 580, DFSK Motor membuka dealer di Bali. Dealer DFSK Bali...

Suzuki Lanjutkan Program Servis bagi Korban Gempa Palu

PALU, 19 Januari 2019 – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menggelar program Free Service Check Up Campaign bagi konsumen Suzuki...