Aston Martin Vantage GT12 Roadster, Ultra-Limited Edition

Aston Martin Vantage GT12 Roadster, Ultra-Limited Edition

Setiap pabrikan mobil di dunia ingin menjadi yang terdepan dalam hal sumber daya manusia, finansial, desain dan apalagi teknologi. Semua itu memiliki keterkaitan semata-mata dengan konsumen. Kesan itulah yang kita tangkap ketika pabrikan Aston Martin merilis Aston Martin Vantage GT12 Roadster di Goodwood Festival of Speed beberapa waktu lalu.

Kendaraan ultra-limited edition yang diproduksi hanya satu unit saja ini berbasis Aston Martin Vantage GT12 Coupe, Q Division Aston Martin menyematkan beberapa ubahan pada sektor body. Pilar C hilang, GT Wing di bagian belakang diganti dengan ukuran lebih kecil dan atap pun diganti dengan bahan kanvas yang tersimpan apik di bagasi belakang.

Meski beberapa bagian turut diminimalisir, aura Vantage GT12 Coupe masih terlihat dibuktikan dengan paket aerodinamika dari bagian depan hingga belakang masih sama berikut dengan lubang ventilasi pada kap mesin. Mulai dari lubang udara pada bagian depan, splitter depan, kemudian bagian fender hingga rear diffuser yang masih dapat bekerja dengan baik mengalirkan udara ketika mobil yang hanya ada 1 unit ini dipacu.



Q Division membalur sekujur mobil yang diperkenalkan di Goodwood Festival of Speed, Inggris, 2016 ini dengan konsep two-tone. Bagian atas mobil dibalur dengan warna Metallic Grey dan bagian bawah dengan warna sama namun lebih gelap.

Di balik bonet yang menggunakan bahan serat karbon, tersemat mesin yang sama dengan saudara kembarnya, mesin naturally aspirated V12 6.0 liter bertenaga 592 hp dengan torsi 625 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke penggerak roda belakang melalui transmisi otomatis 7-kecepatan sportshift III dengan paddle shift. Pabrikan mengklaim sportcar ini mampu sprint 0 – 100 km/jam dalam waktu 3,5 detikdan top speed 297 km/jam.



Tenaga yang besar tersebut berkat beberapa ubahan seperti penggunaan beberapa part bermaterial magnesium. Material tersebut dapat dijumpai pada inlet manifold dan torque tube. Untuk memperlancar sistem pembuangan dari mesin, Aston Martin menyematkan full Titanium exhaust system. Tentu selain gas buang lebih plong, suara yang dihasilkan oleh mobil roadster ini cukup menggelegar.

Beralih ke bagian interior, kita langsung disajikan nuansa two-tone. Namun nuansa dua sentuhan warna  ini lebih unik sesuai dengan permintaan dari customer. Pada bagian kursi, dashboard, stir dan bagian tengah door trim dibalut dengan bahan kulit berwarna coklat dan benang berwarna putih untuk merekatkan kulit tersebut. Di bagian headrest dibordir logo Aston Martin dan logo Q.



Tak hanya itu saja, Anda juga dapat menjumpai panel berwarna abu abu gelap dan silver. Warna tersebut dapat dijumpai pada bagian konsol tengah di mana tersemat layar, transmisi dan boks penyimpanan. Selain itu terdapat sedikit sentuhan karbon pada bagian tengah konsol dan di bagian trim pintu atas.

Aston Martin Vantage GT12 Roadster

Layout kendaraan: Roadster, mesin depan, 2 pintu, 2 penumpang, RWD.
Mesin: V12 6.0 liter/ 592 hp @ 7000 rpm/ 625 Nm @ 5500 rpm.
Transmisi: A/T 7-kecepatan Sportshift III
PxLxT: 4530 x 2070 x 1245 mm
Wheelbase: 2600mm
Bobot kosong: 1535 kg
Kapasitas tangki BBM: 80 liter

TITO LISTYADI

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya