Beranda Updates Anti-Mainstream, Mazda akan Bikin Lagi Mesin 6 Silinder

Anti-Mainstream, Mazda akan Bikin Lagi Mesin 6 Silinder

HIROSHIMA, 14 Mei 2019 – Di saat mayoritas pabrikan di dunia mengikuti tren downsizing atau mengurangi kapasitas mesin yang diproduksi, Mazda justru mengambil langkah berlawanan dengan akan membuat mesin lebih besar dari yang mereka punya saat ini.

Mazda merencanakan mesin enam silinder untuk digunakan pada produk terbarunya ke depan, baik itu bensin maupun diesel. Salah satu tujuan dari membuat mesin lebih besar ini adalah untuk lebih bisa bersaing denga pabrikan premium dari Eropa.

Rencana tersebut terungkap dari laporan finansial tahunan internal Mazda yang sempat bocor, sebelum kemudian dihapus. Secara jelas Mazda menuliskan ‘Straight-six SkyActiv-X’ dan ‘Straight-six SkyActiv-D’ dalam rencana investasi untuk meningkatkan nilai brand.

Kedua mesin tersebut tertulis dalam sub-bab ‘Large Architecture’, yang kemungkinan akan diterapkan pada platform mobil Mazda berukuran besar atau segmen atas seperti Mazda6 atau CX-9. Jadi, bisa jadi Mazda ingin lebih kompetitif di segmen premium bersama BMW, Audi dan Mercedes-Benz.

Terakhir kali Mazda menawarkan mesin enam silinder adalah melalui MX-3 coupe bermesin V6, yang berhenti produksinya tahun 2002. Hingga saat ini, mesin berkapasitas terbesar yang ada di line-up Mazda adalah empat silinder 2.5 liter.

Menariknya, selain mesin enam silinder, rencana investasi Mazda juga termasuk pengembangan independen baterai mobil listrik (xEV), juga untuk sistem mild hybrid dan plug-in hybrid (PHEV). Tidak ada satupun rencana Mazda untuk downsizing pada calon produk terbarunya.

Sejak memperkenalkan teknologi SkyActiv, Mazda bertahan dengan mesin lebih besar daripada pabrikan Jepang lainnya, juga dengan menghindari memasang turbo pada mesin. Salah satunya dengan SkyActiv-X, mesin tetap berkapasitas sama sementara efisiensinya ditingkatkan signifikan.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza