50 Tahun Honda Civic, Perjalanannya Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

Honda Civic Generasi 6

JAKARTA, Carvaganza – Peralihan yang paling penting dicatat dari generasi lima keenam Honda Civic adalah hadirnya Civic berbahan bakar gas. Disebut juga compressed natural gas (CNG) dan basis mobilnya adalah Civic LX. Dari situ, Civic terus tumbuh sampai generasi kesebelas sekarang ini.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapan Honda mulai memproduksi Civic berbahan bakar gas?

    Mulai generasi keenam yaitu dalam rentang tahun 1996 – 2000. Basisnya diambil dari Civic LX.
  • Kapan teknologi canggih Honda Sensing mulai dipakai pada Civic?

    Mulai generasi kesebelas atau generasi paling baru yang diproduksi sejak tahun 2021 sampai dengan sekarang.
  • Generasi VI (1996 – 2000)

    Debut Gen 6 sebenarnya pada 1995, tapi mulai dipasarkan pada 1996. Secara bentuk tak jauh beda dengan pendahulunya. Beberapa spesifikasi tetap diaplikasikan seperti suspensi double wishbone. Guna memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin membutuhkan kabin lega, Honda memanjangkan dimensinya sedikit. Paling menarik hatchback karena punya wheelbase yang kini sama dengan versi coupe dan sedan.

    Walau begitu model kammback harus mengalami pemangkasan varian menjadi CX dan DX saja. Keduanya ditenagai mesin 1,6 liter yang menghasilkan 106 hp. Sementara sedan disuguhkan dalam DX dan LX yang punya jantung pacu sama. Ia juga memiliki trim EX yang lebih buas, menggunakan pendorong 1,6 liter SOHC VTEC bertenaga 127 hp. Nantinya pada 1998, sedan ketambahan VP (Value Package) yang berada diposisikan di atas DX. Secara spesifikasi sama, cuma ketambahan transmisi otomatis, fitur power lock, pemutar CD, AC dan keyless entry.

    Honda Civic generasi 6 varian GLi Honda Civic generasi 6 varian GLi

     

    Khusus untuk opsi efisiensi tinggi, yakni VX dilepaskan Honda. Sebagai gantinya, trim HX disediakan untuk model coupe selain DX dan EX. Mengandalkan pemacu 1,6 liter VTEC-E, di atas kertas ia mampu bertualang sejauh 16,5 km per liter di jalan perkotaan dan 19,1 km per liter untuk jalan bebas hambatan. Tak lama, HX turut kedapatan variable automatic transmission sebagai opsional.

    Generasi keenam juga menjadi saksi kehadiran Civic berbahan bakar gas atau biasa disebut compressed natural gas (CNG). Ia mengambil dasar Civic LX yang dimodifikasi sistem pembakaran dan tangkinya. Secara rupa tak berbeda, mobil yang diberikan nama trim GX hanya jeroan di dalamnya. Awalnya Civic GX hanya disuguhkan sebagai kendaraan fleet, tapi seiring perkembangan mulai ditawarkan secara retail.

    Model performa tinggi tentu tak ketinggalan. Civic Si yang disebut juga dengan sebutan VTi untuk pasar Eropa dan SiR untuk Jepang hanya tersedia dalam bentuk coupe. Jeroannya berkubikasi 1,6 liter yang disokong teknologi VTEC dual-overhead-cam, biasa disebut mesin B16 mampu menciptakan 160 hp. Tenaga tersebut cukup menggerakkan mobil dari posisi nol ke 100 dalam 7,1 detik. Sayangnya model ini hanya diproduksi selama dua tahun, membuat jumlah unitnya sangat terbatas. Selain trim Si, generasi keenam menjadi debut untuk Type R yang ikonik. Diberi kode EK9, di balik kap terdapat B16B yang diambil dari Honda Integra, mampu membuncahkan 185 PS.

    Baca juga:  50 Tahun Honda Civic, Perjalanannya Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 1)

    Honda Civic Generasi 7 Honda Civic Generasi 7

    Generasi VII (2000 – 2005)

    Era millennium membawa perubahan drastis pada gaya hidup dunia. Kebutuhan konsumen pun mengalami transformasi, dan Honda melihat momen tersebut untuk meremajakan Civic. Eksterior sejatinya tak terlalu banyak direvisi, tapi tetap terlihat lebih segar. Hanya interior yang signifikan semakin lega. Sekaligus menggeser segmen Civic menjadi compact. Kondisi itu disebabkan penggunaan lantai kabin yang rata.

    Suspensi juga baru, Honda meninggalkan double wishbone, beralih ke MacPherson Strut. Untuk model, tersedia bentuk hatchback 3 dan 5 pintu, sedan serta coupe 2 pintu. Di Indonesia disuguhkan sedan dengan varian VTI-S. Soal performa ada penguatan tenaga.

    Di Amerika Serikat, konfigurasi jantung pacu 1,6 liter digantikan 1,7 liter, sehingga menghasilkan tenaga 117 hp untuk trim DX dan LX. Opsi EX lebih powerful, yakni ketambahan 127 hp. Terkait pemindah gigi, Honda mempercayakan manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Ada pula CVT yang dibenamkan untuk Civic HX dan model berbahan bakar gas GX. Fitur lain yang disempurnakan adalah steering box dan material insulasi, guna meningkatkan kekedapan kabin.

    Pada 2022, Honda menyuguhkan model Si sebagai hatchback bermesin 2,0 liter yang menyemburkan daya 160 hp dan torsi lebih besar dari terdahulu. Model sporty ini juga memiliki tuas transmisi yang tak lagi berada di bawah atau lantai, melainkan di dasbor. Menjelang 2003, teknologi hibrida akhirnya masuk ke lini Civic. Di Amerika Serikat, ia mengusung perangkat pembakaran 1,3 liter bertenaga 85 hp yang dipadukan motor listrik 13 hp. Komponen elektrik ditempatkan di antara jantung pacu dan transmisi. Konfigurasi ini turut disokong perangkat peningkat efisiensi. Sebut saja engine start-stop, penonaktifan silinder dan ban yang rendah resistensi gulir.

    Tahun berganti, pada 2004, Honda merilis paket Honda Factory Performance yang terdiri dari suspensi, komponen bodi dan pelek khusus. Menjelang akhir masanya, pada 2005 Honda membuat trim SE yang dipasangkan pelek alumunium, spoiler, kemudi berbalut kulit, pemutar music MP3 dan pengganti 6 compact disc (CD). Edisi spesial dijual dalam bentuk sedan dan coupe.

    Baca juga:  Carvaganza Editors' Choice Award 2021, Best Driving Experiences: Honda City Hatchback RS

    Honda Civic generasi 8 - Mugen Honda Civic generasi 8 - Mugen

     

    Generasi VIII (2005 – 2011)

    Transformasi radikal diberikan pada wujud Civic Gen 8. Kap mesin memendek dan kaca depan makin landai hampir se-level penutup mesin. Membuatnya terasa begitu modern. Bahkan di Australia, tampangnya futuristis dengan headlamp dan grille menyatu. Auranya pun lebih bulky dan besar. Ini disebabkan berbagai kelengkapan fitur seperti adanya kantung udara untuk memaksimalkan proteksi.

    Untuk pertama kalinya di Indonesia, Civic menggendong mesin 1,8 dan 2,0 liter sebagai standar. Keduanya menggantikan pemacu 1,6 liter yang sebelumnya beredar. Sementara dari varian hanya tersedia versi sedan. Berbeda dengan Eropa yang turut mempunyai hatchback 3 dan 5 pintu. Bahkan di sana dihadirkan Type R baru dalam bentuk kammback. Paling menarik yakni munculnya Civic Si hatchback bertransmisi manual 6-speed, memiliki output 197 hp. Tak lama Civic Si sedan meluncur dengan limited-slip differential dan redline mencapai 8.300 rpm.

    Honda pertama kalinya menggunakan pelapis kulit, melalui Civic trim EX-L. Tampilannya cukup mewah ditambah fitur kenyamanan berupa pemanas jok depan dan spion samping. Variasi makin banyak, lantaran munculnya sedan Mugen Si yang terbatas jumlahnya. Hanya seribu unit. Warna eksteriornya hanya ada Fiji Blue Pearl, dilengkapi sistem knalpot cat-back, suspensi sport teruji di trek, grille Mugen, tuas pengganti gigi eksklusif, emblem Mugen Si pada bagian dalam dan luar, velg Mugen GP dan body kit Mugen.

    Tak hanya itu, Mugen juga menjamah Civic Type R. Disebut Civic Mugen RR, yang merupakan peningkatan dari model sedan sporty. Performanya melejit jadi 240 hp dan torsi 217 Nm. Ini juga dibantu pemangkasan bobot hingga 10 kg dari model standar.

    Model lebih ramah lingkungan, yakni Civic GX yang meminum gas juga kembali pada 2006. Kali ini jeroannya 1,8 liter yang disandingkan bersama transmisi otomatis 5-speed. Secara spesifikasi sebenarnya model tersebut tak terlalu bertenaga, tapi harga yang ditawarkan melebihi versi pembakaran konvensional. Menambah line-up mobil berefisiensi tinggi, disediakan pula Civic hybrid lebih sempurna. Ia mampu berkelana sejauh 21,2 km untuk 1 liter bensin.

    Honda Civic Generasi 9 Hona Civic Generasi 9

     

    Generasi IX (2011 – 2015)

    Tak banyak kejutan pada generasi ini, Honda tidak banyak mengubah arah desain. Begitu pula opsi mesin untuk di Indonesia masih 1,8 liter dan 2,0 liter. Namun, kabinnya dibikin lebih lega. Terlepas dari itu tidak ada yang spesial dari generasi kesepuluh. Kabar paling menggembirakan adalah kembalinya station wagon yang dinamakan Tourer. Tapi iya hanya disuguhkan di pasar Eropa.

    Di pasar Amerika, variannya masih DX, LX, EX, EX-L dan Si yang terbungkus dalam bentuk sedan dan coupe. Untuk versi lebih ramah lingkungan terdapat HF yang dulu mendebut pada 1991. Kini memakai mesin R18 1,8 liter empat silinder segaris dengan transmisi otomatis 5-speed. Hasilnya mampu bertualang sejauh 17,4 km per liter.

    Model pembakar gas yakni GX turut disodorkan dan makin efisien. Sementara hibridanya dibenamkan jantung pacu lebih besar, 1,5 liter i-VTEC yang menyemburkan 90 hp dan torsi 131,5 Nm. Ia berpadu motor listrik yang ditenagai baterai baru berupa lithium-ion, bukan nikel metal hidrida. Terobosan baru terjadi pada model Si. Lantaran memakai enjin 2,4L yang mensubtitusi 2,0L. Ini menjadi perangkat pembakar terbesar pada sejarah Civic.

    Honda Civic Generasi 10 Honda Civic Generasi 10

    Generasi X (2015 – 2021)

    Dikenalkan dalam bentuk konsep di New York International Auto Show 2015, generasi kesepuluh menjadi pertanda unifikasi lini Civic secara global. Ialah Civic pertama yang pengembangannya dilakukan oleh Honda Amerika di bawah supervisi Honda Jepang. Basis menggunakan Honda Global Compact Platform, tubuhnya semakin membesar. Tampilannya lebih bergaya fastback dengan pilar C yang semakin landai dan mengalir hingga ke ujung belakang.

    Awalnya disuguhkan model sedan 4 pintu, tapi tak lama versi coupe 2 pintu dan hatchback 4 pintu ikut dihadirkan. Sementara interiornya dibikin modern dengan perangkat kekinian, seperti LCD 7 inci di balik kemudi.

    Soal performa dibekali 2,0 liter twin-cam empat silinder segaris bertenaga 158 hp sebagai standar. Ada opsi 1,5 liter turbocharger yang menghasilkan 174 hp dan berpadu transmisi CVT. Setahun kemudian Honda meluncurkan trim Si dalam varian sedan dan coupe. Bermesin 1,5 liter turbocharger, Si generasi kesepuluh mampu mengeluarkan 205 hp. Seluruh tenaga disalurkan ke roda melalui transmisi manual 6 speed. Handling pun direvisi dengan pemakaian suspensi baru dan damper adaptif.

    Honda Civic Generasi 11 Honda Civic Generasi 11

     

    Generasi XI (2021 – Sekarang)

    Model teranyar punya opsi mesin empat silinder 158 hp dan turbocharger 175,5 hp. DI Indonesia pakai pilihan turbo. Wujudnya jauh lebih modern dan terasa mewah. Sumbu rodanya memanjang dan punya tapak roda belakang melebar. Di dalam juga diremajakan. Head unit dari ukuran 7 inci menjadi 9 inci. Perangkat keselamatan Honda Sensing yang memanfaatkan sensor dan radar ikut tersemat.

    Untuk versi performa, Civic Si tetap ada di luar Indonesia. Spesifikasinya masih pakai 1,5 liter turbo bertenaga 200 hp. Dibandingkan model standar, ia memiliki suspensi lebih kaku dan rotor rem cakram lebih besar. Sementara Civic Type R saat ini masih tahap prototipe. Spekulasinya memanfaatkan 2,0 liter inline-four turbocharger yang menyemburkan 306 hp. Seluruh energi disalurkan ke roda kemungkinan lewat transmisi manual 6 percepatan atau otomatis kopling ganda (DCT). (MUHAMMAD HAFID/EK)

    Baca juga:  Honda Civic Gen 11 Mendebut, Sarat Dengan Penyempurnaan

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Honda Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature