50 Tahun BMW M, Kisah Asal Mula Logo Dan Warnanya

  • BMW 3.0 CSL

JAKARTA, Carvaganza – Sudah tau kan BMW M umurnya telah menginjak 50 tahun? Di kalangan aficionados, nama M Series begitu harum beserta ragam program motorsport yang kental dan produk-produk high-performance yang hebat dengan  logonya yang khas.

KEY TAKEAWAYS

  • Siapa perintis logo dan warna BMW M?

    Pembuatan logo dan warna BMW adalah hasil kolaborasi banyak pihak. Tapi orang yang paling berjasa adalah Jochen Neerpasch dan Wolfgang Seehaus.
  • Apa arti strip warna dan logo M?

    Strip warna biru artinya BMW, merah artinya motorsport dan ungu adalah kombinasi warna dari keduanya. M sendiri artinya Motorsport.
  • Apa mobil BMW yang pertama kali dipasangi warna dan logo BMW M?

    BMW 3.0 CSL tahun 1973.
  • M Series memang terkenal dengan logo tradisinya berwarna ungu, biru dan merah dan kemudian ada logo M berwarna putih. Bavarian Blue alias Biru Bavaria memang menjadi warna antik dari BMW. Logo dan warna BMW M itu di dalam perjalanannya punya kisah yang unik dan sempat ada perubahan. Bagaimana kisah perjalanan logo dan warna BMW?

    Perintis Logo dan Warna BMW M

    Kalau dihimpun, ragam kisah tentang asal muasal lahirnya warna BMW M cukup pelik. Pasalnya, BMW M dengan logonya tidak berdiri sendiri, banyak campur tangan orang. Namun, menurut dari sumbernya langsung dari website bmw.com, orang yang banyak berjasa terhadap kehadiran logo itu adalah Jochen Neerpasch yang waktu itu selaku race director and co-managing director of BMW Motorsport GmbH dan desainer interior BMW Wolfgang Seehaus. Mereka dibantu oleh desainer BMW lainnya yaitu Manfred Rennen yang bertanggung jawab mendesain stripnya.

    Jochen Neerpasch 1973 Jochen Neerpasch 1973

     

    Agensi desain grafis Mullerdiberi tanggung jawab membuat logo BMW M, sedangkan strip final untuk mobilnya dibuat oleh studio desain Pierre Mendell. Artinya, pembuatan logo BMW M itu adalah hasil kolaborasi banyak pihak.

    “Pembuatan dan penggunaan warna BMW M bisa dianggap sebagai prestasi perintis identitas korporat,” ujar pakar BMW Group Classic Thiesburger. Secara fakta warna dan desain logo hanya mengalami sedikit perubahan sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 1970-an. Sekarang, warna dan logo tersebut menjadi trademark korporasi sekaligus logo yang sangat populer di kalangan car enthusiast.

    Asal Muasal Lahirnya Warna Biru, Ungu dan Merah

    Usulan tiga warna (tricolor) tersebut awal mulanya datang dari mantan race director Jochen Neerpasch dan dua desainer BMW, Seehaus dan Rennen. Studio Desain Grafis Muller adalah pihak yang mendesain logo motorsport BMW M pertama kali, sedangkan desainnya akhir untuk dipasang di mobil balap dibuat oleh Pierre Mendel Design Studio. Logo M itu sendiri dikembangkan oleh Italdesign Design Studio pimpinan Giugiaro.

    Biru itu artinya BMW, merah adalah motorsport dan ungu adalah kombinasi unik dari kedua warna merah dan biru.

    Baca juga:  BMW M Bulan Ini Genap Setengah Abad, Begini Mobil Edisi Khususnya

    warna logo BMW M

    Latar Belakang Muncul Warna Merah

    Menurut Marc Thiesburger yang oleh banyak kalangan disebut sebagai kamus berjalannya BMW, warna merah sebenarnya terinspirasi dari Texaco dan warna ungu adalah campuran dari warna merah dan biru. “Kemungkinan besar warna merah di BMW Motorsport itu merepresentasikan Texaco, meskipun negosiasi sponsorship antara BMW dan Texaco menemui kegagalan pada akhir 1972 dan tak pernah tercapai kata sepakat,” ujar Thiesburger dari BMW Group Classic.

    Alasan Thiesburger masuk akal karena faktanya Seehaus telah memasukkan logo Texaco ke dalam desain mobil balap yang baru tahun 1972 lampau. Hal itu didukung pula oleh ragam gambar desain di arsip BMW Group.

    Manfred Rennen mengklaim juga terlibat dalam desain warna logo, tapi dibantah oleh Thiesburger karena tidak ada dokumen sejarah yang mendukung klaim Rennen. Rennen mengklaim bahwa Texaco tidak ada kaitannya dengan warna logo, sementara Jochen Neerpasch bilang ada kaitannya.

    Desain logo BMW M di mobil balap Desain logo BMW M di mobil balap

     

    Debut Balap di BMW 3.0 CSL

    Tiga warna di logo M akhirnya dipakai di setiap mobil baap Bayerische Motoren Werke (BMW). Mendebut di BMW 3.0 CSL tahun 1973 dan akhirnya menjadi ikon BMW. Menurut Neerpasch, Pierre Mendel adalah orang yang bertanggung-jawab terhadap desain akhir mobil balap tersebut bersama dengan Rennen. Kini, warna logo tersebut dipakai sampai sekarang.

    Kehadiran Huruf M Menyertai Warna

    Huruf M baru masuk tahun 1978 seiring dengan diluncurkannya BMW M1 yang menjadi mobil pertama yang diciptakan oleh BMW M GmbH. Jadi awalnya memang hanya warna saja. Sejak itu digandenglah tiga warna itu dengan M yang dipakai secara bersamaan dan akhirnya menjadi logo semua BMW M.

    Menurut Jochen Neerpasch, desain emblem M itu dibuat oleh agensi desain grafis dari Swiss, Muller.

    Evolusi logo BMW M

    Sedikit Sentuhan Perubahan

    Dari situ, desain logo M dan strip warna M mendapat beberapa kali perubahan. Misalnya warna ungu berubah menjadi biru gelap. Penyempurnaan paling baru yang dilakukan pabrikan adalah pada bulan Maret 202, dan logo hasil update itulah yang menjadi logo yang dipakai sampai sekarang. Kalau dilihat dari gambar di atas, adalah logo dan warna yang paling kanan. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: bmw.com

    Baca juga:  Divisi M BMW, Dulu Dianggap Kurang Bener Sekarang Malah Jadi Role Model

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil BMW Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature