BMW M Bulan Ini Genap Setengah Abad, Begini Mobil Edisi Khususnya

MUNICH, Carvaganza – Pada tanggal 24 Mei kemarin, adalah hari lahirnya BMW M. Dan sudah banyak kalangan mengetahui bahwa BMW M adalah rumah tuner dan motorsport in-house BMW. Alias tuner yang memang diproduksi dan dibentuk sendiri oleh BMW.

KEY TAKEAWAYS

  • Kapan Divisi BMW M mulai dibentuk?

    Tanggal 24 Mei 1972.
  • Apa keistimewaan mobil edisi khusus BMW M3 Edition 50 Jahre?

    Tidak ada penambahan yang bersifat mekanikal, hanya warna khusus dan sejumlah fitur.
  • BMW M lahir pada 24 Mei 1972 dan tahun ini telah memasuki usia yang ke-50. Tak terasa sudah setengah abad divisi performance dan motorsport ini ada. Untuk memperingati Ultah BMW M ke-50 itu, pabrikan sudah merilis BMW M4 CSL yang basisnya berasal dari M4 Coupe.

    Pabrikan juga sedang menyiapkan mobil seri M dalam bentuk SUV XM dan wagon M3 Touring yang pertama. BMW juga menyatakan sudah menyiapkan sejumlah kejutan lagi.

    Yang paling menyita perhatian dari Ultah BMW ke-50 sekarang ini adalah kehadiran BMW M3 Edition 50 Jahre. Sedan hard performance itu dirilis pada Selasa kemarin (24/05) dan paling menyita perhatian karena peristiwanya ‘current’. Alias masih segar kejadian.

    BMW M3 Edition 50 Jahre 2023

    Basis mobil edisi spesial itu adalah dari M3 Competition xDrive tahun 2023. Tidak terdapat penambahan fitur-fitur yang bersifat mekanikal. Pada bagian bawah kap mesin bersemayam mesin V6 twin-turbocharge 3.0 liter yang menghasilkan tenaga 503 hp.

    Memang tidak ada penambahan dan modifikasi mekanis pada mobil, hanya memberikan sejumlah sentuhan spesial saja. Di antaranya adalah menawarkan warna-warna eksklusif termasuk warna Techno Violet E30 M3, Interlagos Blue M3 E46, Lime Rock Park Editions’s Fire Orange III dan Lime Rock Gray F80 M3 CS. Untuk warna Techno Violet dan Interlagos Blue sengaja dihidupkan lagi hanya untuk edisi yang ini. Pabrikan sampai sekarang belum ada rencana untuk disediakan pada model lain.

    BMW M3 Edition 50 Jahre dibanderol dengan harga mulai dari US$ 96.695, sudah sampai ke tangan konsumen. Sarat dengan fitur standar yang lebih lengkap, tapi jika ingin opsional ada rem carbon-ceramic dan jok bucket yang terbuat dari bahan karbon. Fitur top-end yang dibenamkan adalah lampu utama LED dengan sinar laser, aksen serat karbon pada interior dan sejumlah fitur driver assist.

    Pada bagian eksterior, mengadopsi velg yang ditempa, paket pengereman M dengan ragam warna pilihan untuk kaliper (dari mulai warna emas sampai rem carbon-ceramic), splitter depan serat karbon, spoiler belakang serta knalpot beraksen karbon dan titanium. Konsumen juga mendapatkan logo khusus berupa logo BMW Motorsport bergaya klasik yang juga yang terdapat pada door sills kendaraan. .

    BMW M3 Edition 50 Jahre itu hanya diproduksi 500 unit dengan negara tujuan Amerika Utara. Untuk pasar Amerika Serikat akan mulai diproduksi Juli mendatang. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: motorauthority

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil BMW Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature