Shell Campus Week Menyaring Ide Tantangan Energi Masa Depan

Shell Campus Week Menyaring Ide Tantangan Energi Masa Depan
BANDUNG, 11 Oktober 2017 – Ratusan pengunjung hadir dalam festival “Shell Campus Week” yang diadakan PT Shell Indonesia di Institut Teknologi Bandung (ITB), 10-11 Oktober 2017. Festival yang terbuka untuk umum ini menghadirkan berbagai ide dan solusi cemerlang untuk menjawab beragam tantangan energi masa depan.

Darwin Silalahi, President Director & Country Chairman Shell Indonesia, menjadi salah satu pembicara dalam kuliah umum di hadapan ratusan mahasiswa ITB. Ia mengatakan kegiatan ini memberikan kesempatan kepada berbagai individu, akademika, pemerintah dan pelaku bisnis untuk berdiskusi dan berbagi pengetahuan tentang beragam tantangan dan peluang energi masa depan.

“Kami berharap forum-forum seperti ini bisa diadakan di berbagai perguruan tinggi lain untuk menginspirasi generasi muda Indonesia dalam berpartisipasi dan membantu mewujudkan masa depan,” katanya.

Dalam acara ini, Shell menampilkan Container of Possibilities (CoP), yaitu sebuah kontainer berukuran 20 kaki yang telah diubah menjadi unit layak huni. CoP dilengkapi dengan berbagai teknologi hemat energi. Container of Possibilities menghadirkan inovasi teknologi masa depan, yaitu Ekonomi Energi Baru (A New Energy Economy), yaitu jendela bertenaga surya yang dapat menghasilkan energi untuk rumah. Teknologi ini, kelebihan energi dapat disimpan untuk penggunaan di masa depan.

Kemudian ada Peringatan Energi (Energy Alert), yaitu sebuah teknologi yang dapat memberikan peringatan tentang adanya kemungkinan pemborosan energi dan efisiensi pengoperasian peralatan listrik di dalam rumah. Pencahayaan Cerdas (Smart Lighting), yaitu sistem pencahayaan cerdas nirkabel dengan Hue melalui penggunaan lampu LED hemat energi yang mampu memberikan nuansa pencahayaan putih dan berwarna.

Dan terakhir ada Tenaga Langkah Kaki (Powered by Footsteps), yaitu pemanfaatan ubin Pavegen untuk menangkap energi kinetik dari langkah kaki dan mengubahnya menjadi listrik. Hasilnya adalah energi yang bersih dan terbarukan.

Para pengunjung Shell Campus Week juga dapat melihat dari dekat mobil hemat energi karya tim-tim mahasiswa ITB yang telah berkompetisi di Shell Eco-marathon Asia sejak 2010. Shell Eco-marathon (SEM) Asia merupakan ajang kompetisi bagi mahasiswa untuk mendesain, membangun dan mengendarai kendaraan paling hemat energi di dunia. Tahun depan, Tim ITB akan kembali berpartisipasi di ajang SEM Asia 2018, yang merupakan bagian dari festival Make the Future.



RAJU FEBRIAN

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Advisory Stories
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature