Beranda Updates 3 Langkah Perawatan Mobil Secara Mandiri a la Peugeot

3 Langkah Perawatan Mobil Secara Mandiri a la Peugeot

JAKARTA, 4 Oktober 2019 — Kendaraan yang kerap digunakan secara terus menerus sepanjang waktu, tentunya diharapkan berada dalam kondisi yang prima. Untuk menjaga kondisi kendaraan selalu prima, tentunya dibutuhkan perawatan mobil yang maksimal dan menyeluruh.

Maintenance atau perawatan harus dilakukan secara berkala. Masih banyak dari pemilik kendaraan yang belum melakukan perawatan kendaraan terutama bagi mereka yang masih memiliki pengetahuan otomotif yang minim.

“Padahal merawat mobil untuk orang awam sejatinya sangat sederhana. Bahkan tidak harus sampai pegang toolkit atau kain lap. Dan trik ini bisa dilakukan pada semua tipe mobil Peugeot yang ada di tanah air,” kata Samsudin, Aftersales Support PT Astra International – Peugeot.

Melakukan perawatan kendaraan sendiri sebenarnya tidak terlalu sulit. Mau caranya? Berikut beberapa point penting yang bisa acuan pemilik kendaraan Peugeot agar terhindar dari mogok sekaligus memperpanjang usia pakainya.

1. Awali dengan Baca Indikator di Panel

Merawat mobil tanpa pegang toolkit, salah satunya bisa diawali dengan melihat indicator lamp pada panel speedometer. Dalam kondisi normal, ketika kunci kontak posisi On biasanya semua lampu nyala semua. Lalu dalam beberapa detik beberapa lampu mati dan hanya tersisa lampu aki, engine, hand brake dan seatbelt.

“Kalau mesin sudah nyala, idealnya semua lampu akan padam. Kecuali lampu handbrake jika masih aktif atau lampu seatbelt jika belum diaktifkan. Tapi kalau ada salah satu lampu yang tetap nyala padahal harusnya mati, itu tandanya ada komponen yang bermasalah dan harus segera dicek serta diperbaiki,” imbuh bapak teramah ini.

Jika diabaikan, lanjut Samsudin hal tersebut akan mempengaruhi kinerja mesin secara keseluruhan juga sistem computerized  pada mobil itu sendiri.

2. Cek Kondisi Knalpot dan Sesekali Injak Pedal Gas Lebih Dalam

Knalpot atau saluran pembuangan sisa gas bakar termasuk komponen penting di mobil. Karena berfungsi untuk mengeluarkan sisa gas bakar hasil pembakaran. Makanya cek rutin kondisi knalpot pada mobil, dan pastikan tidak ada yang menyumbat aliran pembuangannya. Efektif langkah ini untuk mobil lama.

Agar aliran gas buang selalu lancar, sesekali pacu mesin mobil dengan RPM tinggi. Karena mobil yang telah lama digunakan akan terdapat kerak pada lubang exhaust hingga di bagian catalitic converter di dalam knalpot. Makanya untuk menghilangkan kerak-kerak tersebut caranya adalah dengan memacu mesin lebih cepat agar kerak dapat keluar melalui moncong knalpot.

“Pastikan kondisi di sekitar aman dan tidak membahayakan keselamatan kita dan orang lainnya. Trik ini bisa dilakukan 2 minggu sekali buat kendaraan jarang jalan dan 1 bulan sekali buat kendaraan yang mobilitasnya tinggi,” imbuhnya.

3. Penuhi Tangki Bensin untuk Hindari Korosi

Mungkin hal ini terlihat sepele. Apalagi masih ada pemilik mobil yang ternyata tidak pernah mengisi tangki bensinya dengan penuh. Padahal jarang isi full tangki bensin dapat menyebabkan bagian atas tangki yang tidak pernah terkena cairan akan dipenuhi kotoran, kerak hingga munculkan korosi.

Risiko adanya kotoran dan kerak tersebut dapat tercampur dengan bahan bakar dan terbawa ke dalam saluran pembakaran. Oleh sebab itu sesekali isi penuh tangki bensin mobil anda agar bagian atas tangki tetap bersih dan terhindar dari kerak.

Nah, semoga membantu…

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...

Ioniq akan Menjadi Sub-Merek Hyundai Khusus Mobil Listrik

SEOUL, Carvaganza.com – Selama ini kita mengenal Ioniq sebagai nama salah satu model mobil listrik lansiran Hyundai. Ke depannya, Hyundai akan menggunakan nama Ioniq...

Bayar Rp 3 Juta, Bisa Belajar Drifting Tanpa Punya Mobilnya

JAKARTA, Carvaganza – Kalau menyaksikan film yang berkaitan dengan mobil, atau setidaknya film action, kita sering melihat mobil yang melakukan drifting ketika di tikungan....