Beranda Updates Truk Listrik eCanter 2020 Dirilis, Fitur Keselamatan Dioptimalkan

Truk Listrik eCanter 2020 Dirilis, Fitur Keselamatan Dioptimalkan

JAKARTA, Carvaganza.com – Produsen kendaraan komersial terkemuka di bawah payung Daimler Trucks Asia, Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC) bakal merilis New eCanter. Kalau dilihat dari wujudnya, sama dari model yang sempat mejeng di GIICOMVEC 2020 di JCC Senayan. Namun fitur keselamatan ditingkatkan. Kendaraan ini mendebut di Jepang pada Agustus 2020. Pengenalan selanjutnya ke wilayah Asia Pasifik dan Eropa pada bulan-bulan mendatang.

eCanter teranyar berbekal fitur keselamatan seperti Advanced Emergency Braking System (AEBS). Fungsinya mendeteksi kendaraan di depan. Serta pejalan kaki yang bergerak, melalui radar gelombang milimeter terpasang di bumper depan. AEBS sanggup mengaktifkan pengereman otomatis. Termasuk memperingatkan pengemudi saat risiko tabrakan terdeteksi.

Lalu terdapat Electronic Stability Program (ESP) yang secara konstan memonitor stabilitas postural kendaraan. Mitsubishi memasang sensor, berkerja mengontrol output motor roda maupun gaya pengereman saat ada risiko terguling atau tergelincir di tikungan. Tak hanya di kendaraan penumpang saja. Sistem Lane Departure Warning System (LDWS) kini tersemat.

Baca juga: Gelar Gathering Visual, KTB Bidik Ribuan SPK Mitsubishi Fuso

Ia bertugas mendeteksi penyimpangan jalur melalui kamera yang membaca garis putih (marka jalan). Ketika eCanter menyimpang dari jalur tanpa sinyal belok, sistem mengeluarkan peringatan kepada pengemudi. Teguran itu tampil di dasbor.

“Karena kebutuhan pada logistik ramah lingkungan terus tumbuh dalam skala global. Mitsubishi Fuso berkontribusi untuk tujuan ini sebagai pelopor truk listrik. Sudah banyak pelanggan kami yang mengoperasikan truk listrik Mitsubishi di seluruh dunia. New eCanter adalah bukti komitmen kami kepada Jepang dan masyarakatnya. Saat kami berupaya mencapai portofolio bebas CO2 di negara ini pada 2039,” terang Hartmut Schick, Presiden dan CEO Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation.

Spesifikasi Motor Sama
Untuk diketahui, eCanter merupakan buah kerja bareng antara Fuso dengan Daimler. Versi teranyar masih dibekali enam baterai HV modular Mercedes-Benz liquid-cooled 360 volt. Jenisnya lithium-ion berdaya 82,8 kWh yang mengaliri motor listrik. Truk ringan ini menghasilkan output mengesankan, 185 kW setara 252 PS dan torsi tergolong kuat 390 Nm. Dalam kondisi baterai penuh, ia sanggup melaju sejauh 100 km.

Sedangkan unit pengisian daya, eCanter mendukung pengisian tipe AC dan DC melalui koneksi CCS Type 2. Ini memungkinkan pengisian cepat hingga 80 persen dalam satu jam (DC). Atau tujuh jam tipe kelistrikan AC. Uniknya, saat terjadi pengereman, energi kinetik itu dipakai pula untuk mengisi baterai saat mengemudi. Sehingga bisa meningkatkan jangkauan mobil.

Baca juga: KTB Donasikan 2 Unit Mitsubishi Fuso Kepada PMI dan SMK

Masuki kabin, tatanan berorientasi masa depan. Unit dilengkapi dengan tempat duduk ergonomis, tampilan layar monitor 12 inci, tombol start tanpa anak kunci. Dan beberapa pengaturan yang praktis. Kendaraan ini tersedia dalam pilihan flatbed dan van body. Sangat ideal untuk dijadikan armada pengiriman di perkotaan dan kebutuhan aplikasi ramah lingkungan.

Dengan truk listrik seperti eCanter, MFTBC berupaya membangun ekosistem transportasi yang sadar lingkungan. Kelebihannya ialah lebih sedikit kebisingan dan getaran dibandingkan kendaraan serupa bertenaga diesel. eCanter, lanjut Mitsubishi, merupakan solusi ideal untuk layanan pengiriman dalam kota khusus penggunaan larut malam atau dini hari. Kendaraan dapat diisi listrik pada malam hari, serta diklaim dapat meningkatkan efisiensi operasional usaha. Sejak peluncuran globalnya pada 2017, eCanter telah beroperasi secara aktif pada rute pengiriman dan dipakai di seluruh dunia. Bukan tidak mungkin, Indonesia juga kebagian eCanter walau dalam jumlah tak banyak.

ANJAR LEKSANA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TMMIN Rayakan Kelulusan 64 Wisudawan Toyota Indonesia Academy

KARAWANG, carvaganza – Sudah sejak lima tahun lalu, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) memiliki lembaga pendidikan di bidang otomotif. Lembaga Pendidikan Akademi Komunitas...

Program Cashback Rp 4 Juta di Suzuki Auto Value Berlaku Sampai Akhir Tahun

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki memberikan extra cashback hingga Rp 4 juta kepada pembeli XL7, All New Ertiga maupun SX4 S-Cross yang melakukan tukar tambah...

Akhir Tahun, Dua Varian Mercedes-Benz GLE Coupe Meluncur Bersamaan

JAKARTA, Carvaganza.com – Dalam berupaya memepertahankan gairah pasar otomotif di masa pandemi ini, PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia menggelar kembali Star Expo di akhir tahun....
video

VIDEO: Peringati Hari Jadi Ke-106, Maserati Rilis Film Pendek Di Youtube

Modena, carvaganza – Usia dapat menggambarkan sebuah perjalanan yang begitu panjang yang ditempuh seseorang. Ragam gambaran dan pengalaman tertulis. Dan pada tahun ini, Maserati...

Mobil-Mobil Yang Pernah Dimiliki Freddie Mercury

JAKARTA, Carvaganza.com – Siapa yang tak mengenal Freddie Mercury, penyanyi rock pentolan grup musik Queen yang populer di tahun 1970-an. Meskipun pemilik nama asli...