Beranda Updates Toyota Yaris Rebut Gelar Juara Dunia WRC 2018

Toyota Yaris Rebut Gelar Juara Dunia WRC 2018

WEDDING BELLS, 19 November 2018 – Toyota berhasil menutup musim World Rally Championship (WRC) 2018 dengan keluar sebagai juara di klasemen manufaktur. Gelar juara pertama Toyota sejak 1999 ini ditandai dengan kemenangan pada seri WRC Australia 2018.

Pereli asal Finlandia Jari-Matti Latvala sukses membawa Toyota Yaris menjadi yang tercepat di Australia, unggul dari para pereli yang memperebutkan gelar pada seri terakhir ini. Latvala menjadi pemenang di Autralia di depan Hayden Paddon (Hyundai) dan Mads Otsberg (Citroen).

Dengan total koleksi 368 poin, Toyota Gazoo Racing WRT (World Rally Team) berhasil mengunci gelar juara manufaktur sejak kembalinya ke WRC pada tahun lalu. Gelar juara dunia ini didukung oleh lima kemenangan Toyota dari 13 seri WRC digelar tahun ini, yaitu di Argentina, Sardinia, Finlandia, Jerman, Turki dan Australia.

Gelar juara pun merupakan kombinasi raihan tiga pereli Toyota di klasemen, dengan Ott Tanak di posisi ketiga dengan 181 poin, Latvala keempat dengan 128 poin dan Esapekka Lappi kelima dengan 126 poin. Sayang, Tanak yang kurang beruntung gagal melengkapi prestasi Toyota dengan meraih gelar juara dunia pereli.

https://twitter.com/TGR_WRC/status/1064390648436994048

Juara bertahan Sebastien Ogier berhasil meraih gelar juaranya yang keenam kali, melalui finish posisi kelima di Australia. Dua penantang gelar lainnya, Thierry Neuville (Hyundai) dan Tanak (Toyota) terpaksa tidak bisa member perlawanan hingga finish, karena masalah teknis yang dialami masing-masing mobil sepanjang akhir pekan yang memaksa mereka berhenti.

Dari lima kemenangan Toyota musim ini, empat di antaranya diraih oleh Tanak yang sekaligus mengantarkannya sebagai penantang kuat untuk gelar juara.

Gelar juara Toyota ini menjadi yang pertama sejak kembali menjadi pabrikan di WRC, dan menjadi gelar juara yang keempat kalinya setelah sebelumnya juara pada tahun 1993, 1994 dan 1999.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza