Beranda New Cars Toyota Urban Cruiser Mendebut Di India, Begini Spesifikasi Lengkapnya

Toyota Urban Cruiser Mendebut Di India, Begini Spesifikasi Lengkapnya

NEW DELHI, Carvaganza.com – Toyota tampaknya tak lama lagi bakal mendebut Urban Cruiser di India. Bahkan sudah buka-bukaan soal mobil tersebut meski belum dirilis secara resmi. Bahkan dalam situs resmi pabrikan, seluruh spesifikasi diungkap, mesin dipaparkan. Dari situ ketahuan, mobil dilengkapi sederet fitur canggih untuk memikat target pasar kawula muda.

Yang menariknya lagi, perusahaan sudah menerima pemesanan unit. Mulai kapan debutnya? SUV berbasis Suzuki Vitara Brezza ini dikabarkan segera mendebut pada minggu ketiga September 2020.

Urban Cruiser mengantongi segala peranti yang hampir identik dengan Vitara Brezza. Toyota Bharat memamerkan sejumlah fitur penting. Seperti tombol start stop mesin tanpa anak kunci, AC otomatis (digital). Sektor hiburan berasal dari head unit layar sentuh plus dukungan koneksi Android Auto dan Apple CarPlay. Hebatnya, ia dibekali cruise control untuk kepraktisan melesat di jalan. Ada juga kaca tengah elektrokromik yang membantu penginderaan belakang kala memarkir mobil.

Baca juga: Meluncur Pekan Ini, Begini Prediksi Spesifikasi Toyota Hilux Facelift

Belum lagi Rain Sensing Wiper, yang otomatis siap menyeka saat kaca depan terkena air atau hujan. Jujur saja, semua peranti itu jarang ditemukan pada lini produk Toyota untuk mobil sekelas Urban Cruiser. Rebadge dari Suzuki memang jadi cara paling jitu dalam meluaskan jangkauan pasar. Setelah Glanza (dari Baleno), ia jadi produk kedua sesuai perjanjian kerja sama global antarpabrikan.

Di bawah kap Urban Cruiser duduk mesin bensin empat silinder 1,5 liter K-series. Spesifikasinya memenuhi standar emisi gas buang BS6 di Hindustan. Ia berkode K15B yang digunakan Vitara Brezza, Jimny, Ertiga, XL7 serta S-Cross. Unit pacu menghasilkan daya tertinggi 105 PS (103 hp) pada 6.000 rpm dan torsi puncak 138 Nm sejak 4.400 rpm. Namun enjin mesin dilengkapi dengan sistem hybrid ringan. Isinya perangakat seperti generator starter terintegrasi dan baterai lithium-ion. Membantu memberikan bantuan torsi, juga pengereman regeneratif.

Pilihan penyalur tenaga melalui transmisi otomatis empat percepatan. Sedangkan opsi girboks manual 5-speed tanpa sisipan teknologi mild hybrid. Belum ada angka resmi soal keiritan bahan bakar. Tetapi kalau mengacu berdasarkan data Vitara Brezza. Varian ISG otomatis sanggup minum bensin 18,76 km/liter  (5,33 l/100 km). Sedangkan manual cuma mendapat 17,03 km/liter (5,87 l/100 km).

Baca juga: Lika-Liku Toyota Hilux, Kelahiran Dan Kemunculannya Di Indonesia (Bagian 1)

Baca juga: Lika-Liku Toyota Hilux, Kelahiran Dan Kemunculannya Di Indonesia (Bagian 2)

Tampilan
Sebagian besar eksterior terlihat tetap mirip dengan Brezza. Tapi Urban Cruiser menampilkan wajah berbeda yang mengingatkan pada grille besar Fortuner. Lihatlah, kisi-kisi besar berwujud bilah ganda dan bagian lampu kabut berbentuk trapesium lebih menonjol. Pelindung bumper plastik berkelir silver tepat di bawahnya. Toyota juga membuat penataan kecil di buritan, membantu membedakan dari Vitara Brezza. Semisal bagian seperti lampu belakang, walau rumahnya sama. Selain itu, terpasang pelek 16 inci dual tone bergaya palang rapat.

Opsi warna tubuh juga banyak. Karena Urban Cruiser memiliki sembilan cat yang bisa dipilih. Mulai dari enam warna monoton: Suave Silver, Groovy Orange, Iconic Grey, Spunky Blue, Sunny White dan Rustic Brown. Deret ini digabungkan bersama tiga opsi dua warna seperti  Rustic Brown and Spunky Blue dengan atap Sizzling Black serta Groovy Orange plus atap Sunny White. Kelirnya banyak, demi mengikuti gaya sasaran pasar.

Simak juga: Video Review First Impression Toyota Corolla Cross Versi Indonesia

Harga serta daftar varian tersedia, segera diungkapkan pada peluncuran resmi. Namun berdasar situs perusahaan, pelanggan di India dapat melakukan pemesanan dengan biaya 11.000 rupee atau Rp 21,7 juta. Ramalan harga sekitar Rs 7,5 hingga Rs 11,5 lakh. Kalau dicairkan setara Rp 150 jutaan sampai Rp 230 jutaan. Seperti kolaborasi Toyota-Suzuki sebelumnya, Urban Cruiser dibangun oleh Maruti Suzuki di pabrik Gurgaonnya.

Sumber: www.toyotabharat.com & www.paultan.org

ANJAR LEKSANA

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

10 Mobil Paling Aerodinamis yang Tersedia di Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com - Rancang desain mobil sekarang ini tak lagi terlahir dari sketsa di atas kertas. Tapi juga harus lulus ujian berat dalam melawan...

Tiga Alasan Kinto One Jadi Alternatif Menarik untuk Mendapatkan Mobil Baru di Tengah Pandemi

JAKARTA, Carvaganza -  Mobilitas dan finansial mungkin menjadi tantangan pandemi yang tengah Anda hadapi. Kedua faktor itu boleh jadi bergerak bersama bukan? Tanpa pergerakan...

Audi R8 Green Hell Edition, Tribute Tumpukan Prestasi di Nurburgring

INGOLSTADT, Carvaganza.com – Audi R8 adalah salah satu supercar yang masih beredar di pasar saat ini, yang juga banyak dipakai menjadi mobil balap. Kesuksesannya...

Beli Peugeot 3008 & 5008 Kini Bisa Tukar Tambah

JAKARTA, Carvaganza.com – Astra Peugeot terus berusaha memberikan solusi dan menawarkan program menarik untuk para konsumen di Indonesia. Terlebih untuk mendorong penjualan dua model...

Tak Hanya Indonesia, Suzuki Ertiga Juga Laris Manis di Meksiko

JAKARTA, Carvaganza -- Suzuki All New Ertiga ternyata tak hanya menjadi andalan penjualan Suzuki di Tanah Air. Low MPV ini ternyata juga laris manis...