Beranda Updates Toyota Gandeng Pabrikan China Kembangkan Mobil Listrik

    Toyota Gandeng Pabrikan China Kembangkan Mobil Listrik

    TOKYO, 12 November 2019 – Langkah strategis telah diambil oleh Toyota untuk mengembangkan industri mobil listriknya di masa depan, dengan menggandeng salah satu pabrikan mobil listrik terbesar dari China, yaitu BYD.

    Toyota menggandeng BYD untuk joint venture dalam hal merancang dan pengembangan battery electric vehicle (BEV). Bahkan keduanya saling berbagi saham dalam proyek menyambut industri otomotif masa depan ini.

    Kemitraan ini akan termasuk Toyota dan BYD berbagi platform dan berbagai komponen terkait, dalam mengembangkan teknologi elekrifikasi kendaraan. Untuk joint venture ini, kedua pabrikan menanam investasi masing-masing 50 persen, untuk basis di China yang berlangsung mulai 2020.

    Tanpa menyebut nilai investasnya, dalam joint venture ini Toyota dan BYD akan saling transfer engineer dan lahan pekerjaan yang terkait idang R&D (penelitian dan pengembangan).

    “Kami ingin menggabungkan keunggulan BYD dalam pengembangan dan kekompetitifan di pasar kendaraan listrik dengan kualitas dan teknologi keselamatan Toyota untuk menyediakan produk BEV terbaik kepada permintaan pasar dan kecintaan konsumen seseera mungkin,” kata Senior Vice President BYD, Lian Yu-bo.

    BYD sendiri bukan nama asing lagi di dunia otomtoif, termasuk Indonesia, yang baru-baru ini dipercaya sebagai armada taksi di Indonesia, yaitu Blue Bird. Line up mobil listrik BYD sendiri sudah cukup banyak, terdiri dari model sedan, hatchback, crossover, SUV, sampai bus.

    “Dengan tujuan sama untuk promosikan penggunaan kendaraan berleektrifikasi menyebarluas, kami mengapresiasi bahwa BYD dan Toyota bisa menjadi ‘rekan setim’, bisa kesampingkan persaingan kami dan berkolaborasi,” kata Shigeki Terashi, Executive Vice President Toyota.

    Dengan kolaborasi ini, Toyota berharap dapat memperluas upayanya meningkatkan keunggulan di pasar mobil listrik, melalui perusahaan baru yang dibangun bersama BYD. Kolaborasi ini akan diawali dengan peluncuran crossover listrik berbasis C-HR untuk pasar China.

    Toyota sendiri pernah mengatakan ingin separuh dari seluruh penjualan mobilnya di dunia, dihasilkan dari model mobil listrik pada tahun 2025.

    WAHYU HARIANTONO

    Video Terbaru Youtube Carvaganza



    Last Updates

    Sukses 2019, GIIAS 2020 Kembali Digelar Bulan Agustus

    JAKARTA, 10 Desember 2019 – Penyelenggaraan GIIAS The Series tahun ini mencatatkan pencapaian positif di setiap kota. GIIAS 2019 The Series...

    Rekor Dunia! Hyundai Nexo Bertenaga Hidrogen Bisa Tempuh 778 Km

    SEOUL, 10 Desember 2019 -- Hyundai sukses mencatat rekor dunia baru untuk jarak tempuh kendaraan dengan bahan bakar alternatif. Hyundai...

    McLaren Berniat Ekspansi Besar-Besaran di Asia, Ada Apa?

    WOKING, 10 Desember 2019 – Wilayah Asia dilihat memiliki potensi kuat untuk pasar mobil premium, di saat kondisi pasar di Inggris sedang lesu belakangan...

    Terbaik dari 45 Peserta, Abdhi Rezandi Juara Umum Kejurnas Slalom U23

    JAKARTA, 9 Desember 2019 – Putaran final Kejuaraan Nasional Slalom U23 yang digelar Ikatan Motor Indonesia (IMI) bersamaan dengan Honda Brio Saturday...

    Rekor Baru di Seri Final Slalom Brio Saturday Night Challenge 2019

    JAKARTA, 9 Desember 2019 – Seri final kompetisi slalom Brio Saturday Night Challenge (BSNC) digelar Sabtu, 7 Desember 2019, di Kawasan Ex...