TEST DRIVE: Chery Omoda 5 GT AWD, Desain Dan Fiturnya Berkelas

Kehadiran Omoda 5 GT AWD memberikan ancaman baru bagi brand Jepang dan Eropa di kelasnya. Sekaligus alternatif baru bagi konsumen yang menginginkan crossover AWD stylish.

Chery Omoda 5 GT AWD

JAKARTA, Carvaganza - Kehadiran Chery Omoda 5 GT AWD melengkapi lini Omoda 5 yang sebelumnya disuguhkan dengan varian Z dan RZ. Ia menjadi tipe tertinggi yang dapat memenuhi kebutuhan konsumen lebih luas. Perspektif mobil berpenggerak belakang lebih dapat diandalkan untuk melibas baragam jalan khususnya di daerah masih sangat tinggi. Ketimbang menyajikan RWD (rear wheel drive), Chery langsung menyuguhkan penggerak seluruh roda (all wheel drive) yang tentunya menawarkan kemampuan lebih unggul. Kami pun sempat berkencan dengannya. Pengujian difokuskan untuk mengetahui rasa berkendara harian.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa kapasitas mesin Omoda 5 GT AWD?

    Mesin bensin 4 silinder segaris 1.6 liter turbocharge. Menghasilkan tenaga 197 hp dan torsi maksimal 290 Nm.
  • Ada berapa mode pengendaraan pada Omoda 5 GT AWD?

    Terdiri dari 6 pilihan yaitu Eco, Normal, Sport, Snow, Mud dan Off Road.
  • Desain

    Sebelum membahas impresi berkendara, kita menguliti lebih dulu desain Omoda 5 GT AWD. Pada dasarnya tak jauh berbeda dengan varian sebelumnya. Adapun dimensinya memiliki panjang 4.400 mm, lebar 1.830 mm dan tinggi 1.588 mm. Jarak sumbu rodanya 2.630 mm yang mempengaruhi kelapangan kabin.

    Ia menganut gaya yang mampu menarik perhatian siapapun di jalan. Siluet dan detail memunculkan kesan dinamis yang apik. Bahkan saat mobil diam pun seolah ia tengah bergerak. Tak hanya itu, karakter gagah terpancar kuat sejalan dengan bentuknya sebagai SUV. Sehingga memberikan kepercayaan diri bagi pengguna ketika memacunya di berbagai kondisi jalan.

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Tampang dihiasi grille, tapi tanpa bingkai. Seolah bodi dilubangi guna mengizinkan angin mendinginkan jantung mekanis sekaligus menjadi suplai udara. Ukuran grille pun mendominasi moncong. Makin menarik lantaran motif kisi-kisi menampilkan konsep tiga dimensi dengan tepian membentuk trapesium terbalik. Bagian atas dipenuhi pola kecil-kecil seolah menjadi titik terjauh, kemudian semakin besar ke bawah mengindikasikan ia semakin dekat. Tiap lubang diberi aksen layaknya berlian membuatnya semakin atraktif.

    Bagian tepi atas grille ditempelkan palang yang menghubungkan daytime running light (DRL) berteknologi LED. Ia seolah merupakan kesatuan yang menegaskan mobil punya lebar masif. Sementara area kosong di sisi dimanfaatkan sebagai tempat lampu utama yang juga menganut teknologi LED. Memiliki segmen disusun bertingkat, bentuknya seperti ujung panah. Peletakan di ujung bumper menjadi konsep yang semakin lumrah diaplikasikan pabrikan otomotif belakangan ini.

    Baca juga: 5 Hal Yang Bikin Chery Omoda 5 GT AWD Layak Dimiliki Masyarakat

    Perangkat pencahayaan mendapat bingkai kontras bodi yang turut menyambung dengan aksen di bawah. Menguatkan kesan dinamis dan sporty. Garis tersebut menyambungkan kedua headlamp sekaligus menjadi partisi bagi underlips dengan area menekuk ke dalam sebagai gradasi. Underlips punya detail sporty yang sering disematkan pada mobil-mobil beredar saat ini.

    Garis dan bentuk bodinya memancar aura dinamis. Chery menyematkan gaya fastback dengan atap melandai ke belakang kemudian menukik tajam sudutnya di ujung bokong. Berkatnya moncong jadi terkesan panjang. Kelir two-tone menyajikan gaya floating roof berkat seluruh pilar digelapkan dan kontras dengan bodi.

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Bila melihat hanya bagian atas, ia seperti punya siluet dari mobil sedan dengan jendela baris kedua mengecil. Chery memberikan guratan horizontal pada sisi hidung mobil dan di atas fender roda belakang. Ini menjadi aksen atraktif yang seolah menghubungkan kedua sisi melalui lampunya yang luber ke sisi sebagai pivot.

    Lengkungan pada pintu pun menyajikan gradasi berotot dipadukan cladding, side skirt hingga bumper sewarna sebagai penegasan karakter SUV. Bagian itu juga ditambahkan detail, kebetulan mobil yang kami gunakan berbasis putih dengan sentuhan oranye. Ia dinamakan Two tone-white Howlite Black. Chery sendiri menawarkan beberapa pilihan sepuhan, yakni Grey Morganite, Black Platinum, Blue Turquoise dan White Howlite. Warnanya mentereng tapi tidak bikin norak.

    Dari samping Anda masih bisa melihat komponen muffler kromium tertanam di bumper. Ini menjadikannya kesatuan mengalir yang apik dipandang. Sementara ruang kaki dipasangkan pelek 19 inci. Untuk model GT 5 AWD menerapkan 5 palang berdesain agresif. Kelirnya hitam dengan bagian yang seolah menjadi shadow sewarna aksen bodi. Ia dibalut ban dengan profil 235/50 mengisi wheel arc besar.

    Area bokong tampaknya turut menjadi perhatian desainer lantaran punya tatanan kompleks yang tak kalah dengan muka. Ia terdiri dari beberapa segmen yang saling bertumpuk. Bagian paling atas terpasang spoiler kecil yang tentunya mempengaruhi aerodinamika sekaligus menambah kesan sporty. Turun ke bawah tepatnya di bawah jendela yang tidak tegak lurus melainkan memainkan sudut lancip terdapat perangkat berhubungan dengan cahaya.

    Baca juga:  TEST DRIVE: Menikmati Keindahan Kabin dan Fitur Mazda CX-60 Sampai Fort Willem

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Palang selebar bodi merupakan reflektor merah yang menjadi penghubung lampu kombinasi berbentuk segitiga di kedua sisi, lengkap dengan emblem Omoda menempel. Stoplamp mempunyai detail berupa garis vertikal yang menempel rapat. Sementara di atasnya diimbuhkan lampu mundur dan sein. Sinyal belok ini sangat menarik karena menganut sequential atau menyala secara berurutan.

    Turun lagi pada bodi diberikan lekukan yang dapat memainkan pantulan cahaya. Ini membantu bumper kontras badan menjadi semakin mencolok. Bumpernya dipasangkan skid plate besar dengan warna sedikit berbeda dan dilekatkan reflektor merah. Kemudian ada muffler kromium yang disematkan garis senada untuk membedakan skid plate. Proporsi buritan Omoda 5 GT AWD dibuat semakin mengecil ke atas, ini menjadi salah satu alasan ia jadi tampil gagah dan mewah.

    Interior & Fitur

    Untuk memasuki kabin tak perlu menekan remote, cukup kantongi. Mobil secara otomatis membuka kunci berkat fitur keyless. Anda akan disambut kabin dengan dengan nuansa premium dengan tatanan elegan. Tak banyak permainan detail rumit. Chery menyematkan beragam material mulai dari soft touch, kulit, plastik dan metal. Mereka dipadukan dengan proporsional yang pas sehingga sedap dipandang.

    Dashboard secara bersamaan terasa solid tapi tidak over bulky. Ia dibuat memiliki layer dengan kisi-kisi dan aksen penghubung sebagai pembatas antara sisi atas dan bawah yang memiliki material berbeda. Ini menjadi tempat menempel head unit dan panel instrumen yang digabungkan dalam sebuah bingkai hitam. Konsepnya floating atau mencuat di atas dasbor, tapi tidak menghalangi pandangan pengemudi. Kedua perangkat berukuran 10,25 inci, ini sudah sangat cukup untuk menyuguhkan informasi jelas.

    Baca juga: Alasan Mengapa Mobil-Mobil ini Menang di Carvaganza Editors' Choice Award 2023 (Part 1)

    Interior Chery Omoda 5 GT AWD

    Untuk pengendaraan, panel instrumen dapat dikontrol melalui tombol di kemudi. Informasinya beragam mulai dari data standar hingga display kinerja fitur terutama keselamatan. Bahkan ia dapat memunculkan arahan dari peta hingga grafis kondisi lalu lintas berupa gambar kendaraan lain. Ini masih didukung head up display yang dapat diatur tingkat keterangan dan sudut pandang. Bukan cuma menampilkan kecepatan, tapi juga bisa disetel agar memproyeksikan ragam informasi lain termasuk pula panduan menuju destinasi.

    Head unit masif punya user interface atraktif dengan tingkat kecepatan respon intuitif. Sistem operasinya dapat bekerja dengan sangat baik. Ia memiliki fungsi konektivitas dengan smartphone melalui Android Auto maupun Apple CarPlay. Cara menghubungkannya pun tak ribet. Sistem dengan tanggap menampilkan aplikasi penting mulai dari peta, hiburan dan pesan.

    Head unit juga dapat menjadi kontrol pusat untuk mengatur AC, maupun setingan mobil. Memang butuh waktu untuk mempelajari, tapi hal ini membantu mengeliminasi rasa sumpek karena adanya banyak tombol fisik di dasbor. Terhubung ke perangkat adalah sistem audio jebolan Sony. Kualitas audio yang disodorkan terasa solid.

    Tombol pengaturan AC tetap ada dengan model touchless. Tak sulit untuk mengoperasikannya. Ia ditemani tombol engine on/off yang menyala pola elegan. Di sisi kanan kemudi ada juga tombol fisik, tapi karena posisinya sedikit tersembunyi jadi tidak mempengaruhi kesan minimalis dasbor.

    Baca juga:  Chery Omoda 5 Menangkan Best Design dari Carvaganza Editors' Choice Awards 2023

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Overall, area tersebut sangat memuaskan. Geser ke bawah tepatnya di tengah ada konsol. Ia menjadi tempat bertenggernya tuas transmisi model pendek. Ia dikelilingi beberapa pengatur fungsi, di sebelah kiri ada rem tangan elektrik dan Auto Hold. Kemudian di kanan kenop putar untuk mengontrol head unit, tombol home dan kamera seluruh sisi. Ada pula hazard dan tuas drive mode tepat di belakang kemudi. Tatanan ini terasa sangat kompak dan dapat dijangkau mudah oleh tangan pengemudi.

    Konsol tengah turut dimanfaatkan sebagai kompartemen dan pengisi daya smartphone secara nirkabel. Chery memanfaatkan ruang dengan sebaik mungkin agar dapat digunakan pengguna. Ada satu hal lagi yang cukup menarik, yakni Dynamic Multi Color Ambient Light. Ini adalah aksen lampu yang menjalar di sekitar interior. Warna dan cara menyalanya dapat disetel sesuka hati, membuat nuansa mobil menjadi lebih menyenangkan.

    Pelapis kulit membungkus jok dengan bentuk ergonomis. Terasa premium karena memeluk pengemudi maupun penumpang depan. Ia juga dilengkapi ventilasi yang dikontrol melalui tombol di konsol tengah. Soal pengaturan posisi duduk berkendara dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Pasalnya ia dilengkapi setelan elektronik melalui tombol di sisi dengan jumlah 6 arah (maju-mundur, naik-turun dan reclining). Penyetelan kemudi pun sudah mendukung tilt dan teleskopik, jadi berbagai macam postur tubuh pengemudi dapat diakomodasi. Walau harus diakui untuk setir masih bersifat manual, tapi setidaknya memadai.

    Tingkat kelapangan kabin pun harus diakui memuaskan. Tak hanya area kaki tapi juga kepala. Dari luar padahal ia memiliki atap yang sangat landai, tapi di dalam masih tersisa ruang di atas kepala cukup lebar. Ini masih ditambah sunroof yang memberikan kesan lega. Perangkat tersebut menggunakan motor untuk membuka dan menutup, sehingga praktis. Baris kedua tak jauh berbeda rasanya. Kenyamanan disokong ventilasi AC di belakang konsol tengah, ia dipadukan colokan USB untuk kebutuhan men-charging smartphone.

    Terakhir adalah bagasi. Ukurannya masif, karena Chery tak memaksakan memasukkan kursi atau baris ketiga. Ia memang difokuskan menjadi area angkut barang. Akses ke bagian ini pun sangat dimudahkan berkat power tailgate yang memiliki sensor jarak. Pengemudi cukup bergerak mendekat ke belakang pintu bagasi sambil mengantongi kunci. Kemudian mundur sedikit sampai lampu kombinasi belakang menyala. Ini menandakan power tailgate mengeksekusi perintah. Sensor pun harus diakui sangat sensitif, bahkan beberapa kali kami tak sadar pintu terbuka. Lantaran kami asyik mengobrol di belakang kemudian bergerak menjauh.

    Baca juga: Ini Dia 15 Pemenang Penghargaan Carvaganza Editors’ Choice Awards 2023

    Mesin Chery Omoda 5 GT AWD

    Performa

    Berbeda dengan varian Z dan RZ, unit ini menggendong jantung mekanis peminum bensin berkubikasi lebih besar yaitu 1,6 liter. Konfigurasi 4 silinder dengan sokongan turbocharger. Melihat model-model lainnya, Chery tampaknya sangat senang memberikan dapur pacu powerful. Setelan tersebut mengizinkan output 197 hp dan torsi maksimum 290 Nm. Angka ini nyatanya sangat dirasakan ketika melesat di jalan. Seluruh energi dorong disalurkan ke sistem transmisi jenis kopling ganda atau dual clutch 7-percepatan menuju seluruh roda.

    Hasil pengujian kami, semburan tenaganya memang luar biasa. Akselerasi terasa premium dan cepat lantaran dukungan sistem transmisi yang memang dikenal akan keunggulan itu. Perpindahan gigi tangkas sehingga napas terekstensi dengan baik untuk mendorong jarum speedometer cepat. Namun, kondisi macet sedikit menjadi kendala.

    DCT jadi terasa agak lambat merespon saat mobil bergerak lambat apalagi stop & go. Pengemudi harus mencari tekanan pedal gas tepat agar mobil berakselerasi efisien. Bila terlalu dalam tenaga keluar terlalu besar membuat mobil meloncat, sebaliknya jika tekanan kurang. Hal itu sebenarnya tidak terlalu menjadi masalah, seiring waktu pengemudi bisa mencari formula tepat.

    Drive mode mungkin sudah menjadi hal biasa. Ini memberikan pengemudi fleksibilitas untuk menentukan gaya berkendara. Bila varian bawah Omoda 5 dilengkapi 4 opsi, versi AWD dilengkapi 6 pilihan.  Adalah Eco, Normal, Sport, Snow, Mud dan Off Road. Karakter mode Eco benar-benar membatasi kemampuan mobil. Akselerasi terasa lambat dan putaran mesin ditahan di level paling efisien. Walau begitu, pengalaman di mode ini terbilang menyenangkan karena Anda punya tujuan untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar sesedikit mungkin.

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Normal berada di tengah-tengah antara Eco dan Sport. Ketika memindahkan ke mode ini perubahannya signifikan. Akselerasi jadi lebih ringan dan putaran mesin disetel lebih tinggi. Perbedaan rasa makin signifikan ketika memindahkan ke mode Sport. Mobil seolah benar-benar tak membatasi performa dikeluarkan. Untuk jarum putaran mesin melejit ke angka besar terjadi cepat. Harus diakui mode ini menjadi yang paling digunakan apalagi saat melaju di jalan tol.

    Sementara tiga mode lainnya, yaitu Snow, Mud dan Off Road sangat bermanfaat ketika melewati jalan ekstrem. Sayangnya kami tak mendapatkan kesempatan melewati medan lumpur atau sebagainya. Kami mencoba menjajal di tanah merah dengan kontur beragam kemudian menyetel ke mode Off Road. Mobil secara otomatis mengatur torsi agar tak keluar terlalu liar, sehingga mobil dapat dengan mudah meraih cengkraman.

    Balik ke jalan raya, pengendalian mobil yang terbilang memiliki badan besar ini sangat stabil. Chery sendiri menggunakan sistem suspensi berbeda dari Omoda Z dan RZ untuk bagian belakang. Di mana independent multi link menjadi andalan. Sementara di depan tetap memanfaatkan MacPherson independent. Karakter peredaman sebenarnya cukup keras, tapi ini sangat bermanfaat saat menikung. Gejala oversteer dan understeer pun dieliminasi. Badan mobil bergerak stabil tanpa membuang. Overall rasa pengendaliannya premium dan solid. Lebih lanjut, sistem pengereman bikin rasa percaya diri tinggi. Soalnya, seluruh roda dipasangkan penghela laju model cakram.

    Baca juga: Test Drive: Kia EV6 GT-Line, Enak Diajak Bermanuver dan Padat Tenaga

    Fitur Chery Omoda 5 GT AWD

    Teknologi  dan Safety

    Omoda 5 GT AWD dilengkapi sejumlah teknologi yang tak hanya memudahkan pengendaraan, tapi juga melindungi. Perangkat standar seperti Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brakeforce Distribution (EBD), Brake Assist dan Brake Override System memastikan pengereman bekerja optimal terutama dalam kondisi darurat. Sementara dari sisi pengendalian disokong Electronic Stability Program dan Traction Control yang menjaga kestabilan saat bermanuver. Begitu pula adanya Hill Start Assist Control sebagai penahan mobil ketika pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke akselerasi di tanjakan. Lalu tersedia Hill Descent Control yang secara otomatis menahan laju kendaraan secara berkala ketika bergerak di jalan menurun.

    Perangkat standar lainnya yaitu Tyre Pressure Monitoring System (TPMS) yang memantau tekanan ban secara real-time. Proses parkir pun semakin mudah selain karena adanya sensor jarak, terdapat pula 360 derajat High Definition Panoramic Camera. Fitur ini tak hanya digunakan saat parkir, tapi juga waktu melaju. Berada di jalan sempit bukan menjadi masalah karena dapat melihat kondisi sekeliling mobil. Tampilannya pun tak hanya dalam sudut first person, tapi juga third person dan bird eye, seolah unit dipantau dari satelit di atas. Fitur keselamatan pasif pun berjubel, salah satunya kantung udara dengan jumlah sampai 6 unit yang tersebar di berbagai sisi termasuk area penumpang belakang.

    Katalog fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) pada Omoda 5 GT AWD lengkap. Pertama adalah Adaptive Cruise Control (ACC) dengan Low Speed Follow dan Integrated Cruise Assist (ICA). Kami cukup sering memanfaatkannya. Mobil dapat bergerak secara otomatis tanpa intervensi pengemudi. Ia bahkan dapat melaju dengan kecepatan rendah sampai berhenti kemudian bergerak kembali. Jarak dengan kendaraan di depan juga dapat disetel. Kami merasa cukup percaya diri dengan kualitasnya. Walau ia sebaiknya dipakai saat berada di jalan bebas hambatan, pasalnya jalan biasa dipenuhi motor. Adapun sensor tertanam terbilang sangat sensitif.

    Chery Omoda 5 GT AWD

    Fitur lainnya yaitu Lane Departure Warning (LDW), Lane Keeping Assist (LKA) dan Emergency Lane Keeping (ELK). Ia menjaga mobil tetap di jalur bermarka. Ketika sistem membaca kendaraan akan keluar jalur secara otomatis sistem mengintervensi dengan mengoreksi kemudi. Perannya sangat sering dirasakan, meski bagi pengemudi pemula mungkin sedikit membuat kaget karena sistemnya beraksi cukup keras.

    Untuk mematikannya karena ingin berpindah jalur cukup menyalakan sein sesuai arah. Makin sempurna perlindungan berkat Blind Spot Detection (BSD), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Front Collision Warning (FCW) dengan Vehicle Identification dan Autonomous Emergency Braking (AEB). Harus diakui sensor Omoda 5 GT AWD sangat cepat dalam mendeteksi, hal ini menjadi keunggulan tersendiri untuk menjaga keselamatan seluruh penumpang. Sisanya ada Intelligent High Beam Control Headlamp (IHC), Car Lead Departure Sign (CLDS) dan Driving Monitoring States Camera (DMS).

    Kesimpulan

    Chery Omoda 5 GT AWD menjadi unit yang dapat diandalkan. Desainnya atraktif dan tak mengecewakan. Meski memang kembali lagi ke selera masing-masing. Namun, ia tampaknya bisa masuk ke beragam lini konsumen, baik muda maupun senior. Sementara dari sisi performa terasa mantap dan memuaskan. Kemampuannya membangkit rasa percaya diri pengemudi menjadi faktor paling penting. Lalu fitur menyempurnakan rasa premium, terutama ADAS yang memiliki kualitas mumpuni. Dengan banderol Rp448,8 juta, Omoda 5 GT AWD tampaknya bisa memenuhi ekspektasi konsumen. (HAFID/EK)

    Baca juga: Road test | Chery Omoda 5 RZ, Mobil Dari Masa Depan 

    Pelajari lebih lanjut tentang Chery Omoda 5

    • Tampak Depan Bawah Chery Omoda 5
    • Tampak samping Omoda 5
    • lampu belakang Omoda 5
    • handle pintu Omoda 5
    • Pelek Omoda 5
    • Knalpot Omoda 5
    • Antena atap Omoda 5
    • Roof rail Omoda 5
    • Tampak belakang Omoda 5
    • Chery Omoda 5 Front Side View
    • Tampak depan medium Chery Omoda 5
    • Tampak belakang tengah Omoda 5
    • Tampak belakang sisi tengah Omoda 5
    • Tampak depan Omoda 5, sudut rendah
    • Chery Omoda 5 Drivers Side Mirror Rear Angle
    Chery Omoda 5
    Rp 334,8 - 493,8 Juta Cicilan mulai dari : Rp 7,64 Juta

    Mobil Chery Lainnya

    • Chery Omoda 5
      Chery Omoda 5
    • Chery Tiggo 7 Pro
      Chery Tiggo 7 Pro
    • Chery Tiggo 8 Pro
      Chery Tiggo 8 Pro
    • Chery Omoda E5
      Chery Omoda E5
    • Chery Tiggo 4 Pro
      Chery Tiggo 4 Pro
    • Chery Tiggo 5x
      Chery Tiggo 5x

    Don't Miss

    Featured Articles

    Read All

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Chery Pilihan

    • Upcoming

    Pilihan mobil untuk Anda

    • Honda WRV
      Honda WRV
      Rp 274,9 - 324,1 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1498 cc
      • Manual, CVT
    • Daihatsu Terios
      Daihatsu Terios
      Rp 240,55 - 306,75 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1496 cc
      • Manual, Otomatis
      • 14 kmpl
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
      Rp 297,3 - 421,8 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1497 cc
      • CVT, Manual
    • Honda HRV
      Honda HRV
      Rp 383,9 - 540,3 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 999 cc
      • CVT
    • Hyundai Stargazer X
      Hyundai Stargazer X
      Rp 335,8 - 346,4 Juta
      • Petrol
      • Crossover
      • 1497 cc
      • CVT

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza