Beranda Updates Suzuki All New Ertiga Berdandan Hadapi Avanza dan Xpander

Suzuki All New Ertiga Berdandan Hadapi Avanza dan Xpander

Suzuki All New Ertiga GX

JAKARTA, Carvaganza.com – Suzuki menjadi merek roda empat pertama yang berbenah di awal tahun 2020 ini. Setelah Suzuki Baleno, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) sebagai pemegang merek Suzuki di Indonesia mengumumkan penyegaran salah satu model andalannya All New Ertiga, Rabu (15/1/2020) kemarin.

Mobil yang bermain di segmen Low atau Small Multi Purpose Vehicle (MPV) itu mendapat beberapa ubahan, tambahan fitur baru, dan juga warna anyar. Perubahan diberikan kepada semua varian yaitu FL, GX, dan Suzuki Sport.

Bergegasnya Suzuki mengumumkan rombakan anyar pada All New Ertiga bisa dipahami. Pertama, pertarungan di segmen LMPV memang yang paling ketat sekaligus menggiurkan di pasar Tanah Air. Inilah segmen dengan jumlah konsumen terbanyak. Meski para peserta yang berebut kue juga banyak.

Kedua, melakukan start lebih awal tentunya akan membantu Suzuki mendorong penjualan Ertiga. Di segmen Low atau Small MPV ini, Suzuki Ertiga harus bersaing dengan Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Honda Mobilio, dan Mitsubishi Xpander.

Suzuki All New Ertiga GL

Disebutkan ubahan yang diberikan kepada All New Ertiga merupakan apresiasi untuk pelanggan setia Suzuki yang selalu turut memberi masukan dalam pengembangan produk. “Perubahan-perubahan ini adalah kami buat sesuai kebutuhan dan keingin masyarakat. Jadi, kami optimistis All New Ertiga akan semakin terdepan dalam merebut hati masyarakat Indonesia,” kata Dony Saputra, Marketing Director 4W PT SIS.

Suzuki Ertiga selama ini telah membuktikan diri menjadi salah satu produk buatan dalam negeri andalan Suzuki Indonesia. Sepanjang tahun 2019, All New Ertiga mampu membukukan penjualan retail sebesar 26.377 unit.

Di bulan terakhir, Desember 2019, penjualan retail mobil keluarga ini tumbuh sebesar 30% dibandingkan bulan November. Hal ini mengukuhkan All New Ertiga sebagai salah satu kendaraan pilihan keluarga di Indonesia.

Baca juga: Ini 5 yang Baru di Suzuki All New Ertiga di Awal 2020
Baca juga: Suzuki Ertiga Crossover Bakal Meluncur Awal Tahun Depan?

Yang Baru di Suzuki Ertiga

Lalu apa saja ubahan yang diberikan pada Suzuki All New Ertiga? Ubahan minor memang lebih banyak terlihat pada bagian interior. All New Ertiga Ertiga tipe GL, GX dan Suzuki Sport kini memiliki second row center arm rest. Tambahan fitur yang dinanti-nantikan pecinta Suzuki menambah kenyamanan penumpang baris kedua.

Ubahan warna hitam pada interior juga dilakukan untuk tipe GX dan Suzuki Sport yang kini menjadi black with wood grain pattern.

Lalu pada tipe GL pengaturan pendingin kabin kini tunjang Digital AC panel. Sedangkan di tipe GX terdapat sistem hiburan makin keren dengan penggunaan 8 inch touch screen head unit with remote control.

Sederet fitur fungsional tetap dipertahankan seperti ventilated cup holder, USB charging port, double blower dan lainnya. Selain kabin belakang, jok baris kedua dan ketiga yang bisa diatur bisa menambah luas bagasi untuk membawa berbagai keperluan.

Di luar itu memang tidak ada lagi. Satu-satunya perubahan di bagian eksterior adalah warna baru. Suzuki kini menghadirkan warna brave khaki untuk tipe GL dan GX yang menggantikan warna Pearl Glorious Brown.

Total Ertiga kini punya 7 warna pilihan yaitu Metallic Magna Gray, Pearl Snow White, Metallic Silky White, Prime Cool Black, Pearl Burgundy Red, Pearl Radiant Red, dan Brake Khahi.

Harga Suzuki Ertiga

Sisi mekanis tak ada perubahan. Suzuki Ertiga menggunakan mesin K15B, DOHC, VVT 4 silinder, 16 katup berkapasitas 1.462 cc. Mesin ini memiliki tenaga 104,7 PS dan torsi 138 Nm.

Mesin generasi terbaru ini diklaim mampu memberikan performa lebih bertenaga dengan standardisasi euro4. Untuk transmisi ada pilihan manual 5-percepatan atau otomatis 4-percepatan.

Ubahan minor ini sedikit menaikan harga Ertiga sekitar Rp 4 juta. Harga On The Road Jabodetabek untuk tipe GL kini Rp 224.500.000 (MT), Rp 235.000.000 (AT).

Untuk tipe GX, harga yang ditawarkan Rp 238.500.000 (MT) dan Rp 249.000.000 (AT). Sementara Ertiga Suzuki dijual Rp 250.000.000 (MT) dan Rp 260.500.000 (AT).

Harga ini memang bersaing dengan rivalnya. Sebagai perbandingan, Toyota Avanza 1.5L dijual di harga Rp 227,3 juta hingga Veloz Rp 245,5 juta. Daihatsu Xenia 1.5L dibanderol Rp 223,65 juta dan 234,55 juta.

Persaingan juga datang dari Honda Mobilio yang dijual antara Rp 203,4 – 259 juta, sedangkan Mitsubishi Xpander bisa didapatkan konsumen dengan harga antara Rp 215,3 – 270,1 juta.

Ubahan minor ini jelas menjadi strategi Suzuki untuk bersaing dan menarik minat konsumen Indonesia. Maklum, di tahun lalu Ertiga merupakan penyumbang penjualan terbesar kedua Suzuki setela New Carry Pick-Up.

Pertanyaannya apakah akan cukup untuk menarik konsumen? Jawaban itu tentunya tak bisa didapatkan sekarang. Kita masih harus menunggu bagaimana penerimaan konsumen di pasar. Suzuki sendiri cukup yakin.

“Dengan adanya ubahan ini, PT SIS berharap penjualan All New Ertiga akan terus meningkat dan juga hadirnya ubahan ini tentu saja akan memberikan pilihan baru yang semakin sesuai dengan selera masyarakat Indonesia,” tutup Dony Saputra.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

TIPS: Persiapan Kendaraan Anda Jelang Musim Hujan

JAKARTA, Carvaganza -- Tak lama lagi musim penghujan sepertinya akan datang. Sudah beberapa pekan ini kerap hujan turun. Sebentar lagi, jalanan yang tergenang air,...

F1: Hamilton Dipenalti, Bottas Menangkan GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com – Menjawab ambisinya untuk paruh kedua musim 2020 ini, Valtteri Bottas akhirnya benar-benar berhasil merebut kemenangan di F1 Grand Prix Rusia 2020....

Booth Porsche Di Beijing Auto Show Bisa Ditonton Virtual, Ini Linknya

BEIJING, Carvaganza.com – Sebuah keadaan yang mendesak bisa membuat orang berpikir keras mencari jalan keluar. Seperti yang kita alami selama wabah COVID-19 menyerang dalam...

Daihatsu Perluas Edukasi Program Penyu Untuk Indonesia

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai program digelar PT Astra Daihatsu Motor (ADM) terus membuktikan komitmen dan tanggung jawab sosialnya melalui program CSR (Corporate Social Responsibility)....

Volkswagen ID.4 Meluncur, SUV Listrik Perdana Kaya Teknologi

WOLFSBURG, Carvaganza.com – Volkswagen resmi memperkenalkan model SUV full elektric pertamanya yang bernama Volkswagen (VW) ID.4. Line up mobil listrik VW pun kini semakin...