Seri Kanada Ditunda, Jadwal F1 2020 Semakin Mundur

MONTREAL, Carvaganza.com – Berlangsungnya musim balap Formula 1 2020 dipastikan akan semakin mundur, setelah Kanada menyatakan juga akan menunda balapannya. Dengan begitu, saat ini sudah Sembilan seri balap ditunda dan dibatalkan terkait wabah virus Corona yang mendunia.

Ditundanya seri Kanada semakin memundurkan jadwal gelaran F1 tahun ini, menjadi ke akhir bulan Juni mendatang. Dengan mundurnya Kanada, maka kemungkinan seri pembuka akan bertempat di Perancis, sirkuit Paul Ricard, pada 28 Juni 2020 mendatang.

Penyelenggara seri Kanada menyatakan balapan ditunda, dengan masih membuka opsi memindahkan jadwal ke lain waktu. Sejauh ini, Kanada ingin memindahkan jadwal ke akhir musim panas. Dijelaskan, bahwa keputusan penundaan ini sangat dipengaruhi oleh otoritas setempat di Montreal, lokasi di mana sirkuit Gilles Villeneuve berada sebagai tuan rumah. Menurut mereka, ini menjadi keputusan yang berat untuk diambil.

“Selama sebulan ke belakang, kami telah terus berkomunikasi dengan Formula 1 dan perwakilan dari kota Montreal, Pariwisata Montreal dan masing-masing pemerintah provinsi dan federal,” tulis pernyataan resmi penyelenggara.

Disebutkan langkah ini dilakukan setelah mendegarkan saran banyak pihak. “Kami telah mendengar arahan yang diberikan oleh pejabat kesehatan masyarakat dan sebagai akibat langsung dari pandemi COVID-19 mengikuti panduan ahli yang diberikan oleh pihak berwenang. Keprihatinan dan terima kasih kami yang paling tulus ditujukan kepada pada pria dan wanita yang bekerja tanpa lelah untuk menjaga kami tetap sehat, aman, dan diberi makan selama masa-masa yang tidak pasti ini," tambah penjelasan tersebut.


Sudah 9 Seri


Dengan menjadi seri kesembilan yang ditunda, maka Kanada menyusul keputusan sama yang sebelumnya diambil oleh Australia, Bahrain, China, Vietnam, Belanda, Spanyol, Monako dan Azerbaijan. Monako bahkan memilih untuk batalkan seri F1 tahun ini, untuk pertama kalinya sejak enam dekade terakhir.

F1 sendiri menyiapkan skenario untuk menggelar 15-18 balapan musim ini, yang kemungkinan bisa berlangsung sampai awal tahun 2021. Sejauh ini seri-seri pada paruh kedua belum terdampak dari penyebaran virus Corona ini.

Di saat ‘libur’ balapan seperti ini, tim-tim bahkan mengalihkan sumber dayanya untuk membuat alat bantu pemulihan Corona. Seperti Mercedes, yang telah memproduksi alat ventilator menggunakan teknologi di pabriknya.

“Saya bangga melihat bagaimana insiatif hebat dan kemajuan teknis yang berasal dari Formula 1 ini diterapkan di masa krisis. Saat ini itu penting bahwa seluruh energi kami disatukan untuk menghadapi COVID-19,” kata CEO dan chairman F1, Chase Carey. “Kami akan menyambut Anda dengan tangan terbuka di Circuit Gilles Villeneuve sesegera setelah aman untuk digelar.”

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda