Sean Gelael Pindah ke Balap Endurance Tahun Ini, akan Ikut Le Mans

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun lalu sudah menjadi tahun terakhir bagi Sean Gealel mengadu nasib di ajang single seater, dengan meninggalkan Formula 2. Untuk thaun ini, telah dipastikan bahwa Sean akan mencoba peruntungan lewat tantangan baru. Balapa ketahanan resmi dipilih menjadi arena baru untuk Sean, yaitu World Endurance Championship (WEC).


Untuk tantangan baru di WEC 2021 ini, pembalap Indonesia satu ini bergabung dengan tim JOTA, di kelas LMP2. Dengan begitu, tahun ini Sean akan ikut berlomba di berbagai seri endurance bergengsi, salah satunya adalah Le Mans 24 Hour di Perancis. JOTA sendiri termasuk tim yang sudah berpengalaman panjang di ajang endurance.


Mengingat endurance membutuhkan lebih dari satu pembalap untuk mewakili tim dalam satu mobil, Sean akan bertandem dengan dua pembalap lain. Adalah Stoffel Vandoorne dan Tom Blomqvist dua pembalap yang akan berjuang bersama Sean di WEC 2021. Dua pembalap tersebut termasuk teman dekat Sean di luar balapan.


2021 akan menjadi kali pertama Sean mengikuti ajang endurance untuk semusim penuh, setelah beberapa tahun lalu sempat tampil di kelas regional. Pada tahun 2015 dan 2016, dirinya pernah turun di Asian Le Mans Series (ALMS), dan meraih kemenangan di Sepang (Malaysia) dan Buriram (Thailand). Dengan turun di WEC, artinya kali ini Sean dan tim akan bersaing di kelas dunia.JOTA LMP2 2021


JOTA sendiri adalah tim sarat pengalaman dan prestasi di ajang WEC. Di kelas LMP2 tim asal Inggris ini dua kali pernah juara 24 Hours of Le Mans, yakni pada 2014 dan 2017. Bahkan pada 2017 mereka menurunkan dua tim dan finis 1-2. Pada 2020, JOTA menjadi runner-up di kelas LMP2 ajang 24 Hours of Le Mans.


“Saya sangat senang menatap 2021 ini. JOTA adalah tim dengan reputasi luar biasa dengan pebalap dan prestasi yang mengagumkan. Saya senang bisa menjadi bagian dari sejarah itu dan berharap bisa sama berprestasinya dengan para pebalap JOTA lain. Saya berharap, saya, Tom, dan Stoffel bisa melakukan sesuatu yang spesial di musim ini sehingga nama JOTA selalu ada di barisan pemenang seperti selama ini,” kata Sean.


Sementara David Clark, co-owner JOTA, menyatakan: “Kami sangat senang mengumumkan Sean, Tom, dan Stoffel dalam program balapan kami di 2021. Kami tertantang untuk meraih kemenangan dan tentu saja gelar di LMP 2. Kualitas trio pebalap ini saja sudah menggambarkan betapa seriusnya kami semua di JOTA. Sebagai pebalap, Sean selalu ikut ajang papan atas selama beberapa tahun dan dia sangat berdedikasi dan profesional.”


JOTA LMP2 2021


Selain Sean, ajang WEC juga bukan hal baru bari Vandoorne dan Blomqvist sebagai rekan setimnya. Vandoorne pernah tampil dalam dua seri musim 2019, bersama tim SMP Racing. Sementara Blomqvist menjadi yang paling berpengalaman, telah konsisten berkiprah di endurance sejak 2015, termasuk menjadi pembalap pabrikan BMW. Dan uniknya, Vandoorne dan Blomqvist sekarang sama-sama aktif sebagai pembalap Formula E, masing-masing Bersama Mercedes-Benz dan NIO.


Sebagai pemanasan sebelum mengikuti WEC, trio JOTA ini akan ambil bagian pada Asian Le Mans Series 2021. Karena lomba hanya berdurasi 4 jam, hanya dua pebalap yang dipakai. Sean akan ikut di Abu Dhabi dan Bahrain, sementara Stoffel dan Tom bergantian. Stoffel di Abu Dhabi, Blomqvist di Bahrain.


Jadwal FIA WEC 2021

1. 19 Maret – 1000 Miles Sebring (AS)

2. 1 Mei – 6 Hours of Spa-Francorchamps (Belgia)

3. 12-13 Juni – 24 Hours of Le Mans (Prancis)

4. 18 Juli – 6 Hours of Monza (Italia)

5. 26 September – 6 Hours of Fuji (Jepang)

6. 20 November – 6 Hours of Bahrain (Bahrain)


Jadwal Asian Le Mans Series

1. 5-6 Februari – 4 Hours Yas Marina (Abu Dhabi)

2. 19-20 Februari – 4 Hours Bahrain (Bahrain)


WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda