Porsche Macan Bertenaga Listrik Jalani Uji Coba Keliling Dunia

STUTTGART, Carvaganza – Setelah menyatakan selesai melakukan pengujian di Porsche Development Centre di Weissach, Porsche Macan bertenaga listrik akan menjalani rangkaian tes selanjutnya sebelum diluncurkan pada 2023 mendatang. Saat ini tim Porsche tengah menyiapkan Macan elektrik untuk menjalani uji jalan raya hingga 3 Juta kilometer ke seluruh dunia dengan berbagai kondisi jalan. Hal tersebut dilakukan demi mengevaluasi kemampuan dari aerodinamika kendaraan, manajemen daya listrik, performa hingga pada kekedapan kabin kendaraan.

Salah satu keunggulan utama yang dimiliki Macan listrik adalah sistem listrik 800 volt, yang berarti memiliki daya pengisian yang lebih cepat. Porsche akan menggunakan pengisian daya 350 kilowatt yang akan memberikan daya jelajah hingga 96 km dalam empat menit. Sedangkan untuk mencapai daya jelajah hingga 400 km, Porsche Macan listrik ditargetkan hanya diisi kurang dari 20 menit. Bahkan para insinyur di Porsche juga sudah mendemonstraksikan dengan melakukan pengisian daya 450 kW yang dapat memberikan bekal jelajah hingga 96 km dalam tiga menit saja.

Porsche Macan EV

Selain itu, beberapa informasi mengenai sosok dan desain dari Porsche Macan listrik ini juga mulai bocor. Bahkan beberapa sumber mengatakan tampangnya akan mirip dengan beberapa kendaraan yang pernah dibuat namun tak jadi diproduksi Porsche. Disamping desainnya yang sangat kental dengan tingkat aerodinamika, elemen kuncinya justru terdapat pada headlampnya yang berbentuk persegi mirip dengan Porsche Taycan. Tim pengembangan Porsche juga memastikan bahwa Macan bertenaga listrik akan menjadi kendaraan paling sportif di antara jajaran Porsche lainnya.

Pertama kali diumumkan pada 2019, Macan bertenaga listrik dikembangkan dengan menggunakan platform modular PPE (Premium Platform Electric) baru yang dikembangkan oleh Porsche dan Audi. Dikabarkan platform ini akan digunakan oleh beberapa kendaraan listrik di bawah bendera Volkswagen Group.

Porsche Macan EV

Produksi Macan listrik akan dilakukan di pabrik Porsche di Leipzig, Jerman, berdampingan dengan Macan bertenaga mesin konvensional. Jika diluncurkan pada 2023 berarti Porsche Macan listrik akan hadir menyusul kedatangan Audi Q6 E-Tron yang dijadwalkan meluncur lebih dulu, yakni pada 2022 mendatang.

Kehadiran Porsche Macan versi listrik ini merupakan salah satu langkah awal Porsche untuk berpindah dari mesin bensin pembakaran konvensional ke tenaga listrik. Pasalnya Porsche sudah memproyeksikan pada 2030 mendatang penjualannya akan didominasi oleh model bertenaga listrik. Sedangkan untuk model dengan mesin konvensional hanya akan berkontribusi sekitar kurang 20 persen saja, yani mobil-mobil 911.
ALVANDO NOYA / RS

Baca juga: Hal-Hal Penting Yang Perlu Diketahui Dari Porsche Taycan Cross Turismo

Artikel yang direkomendasikan untuk anda