Peugeot Mengaspal Lagi di Le Mans, Turunkan 7 Pembalap

PARIS, Carvaganza Peugeot umumkan keikutsertaannya pada ajang Le Mans 24 hours 2022 dan mengisi kelas Hypercar Le Mans. Prototipe dari Hypercar Peugeot menggendong mesin V6 2,6 liter twin-turbo dan dipadukan dengan dua motor listrik untuk penggerak roda depan. Mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga maksimal hingga 670 hp dan akan melewati uji coba sirkuit pada akhir tahun. Sedangkan untuk motor listriknya mampu memproduksi tenaga maksimal hingga 400 hp tanpa bantuan mesin konvensionalnya. 

Hypercar bertenaga hybrid ini juga akan dibangun sesuai dengan regulasi dari Le Mans Hypercar salah satunya berpenggerak empat roda. Sedangkan pembangunan mesinnya melibatkan divisi Peugeot Sport yang mengadopsi mesin V12 dan V8 pada 908 ajang balapan Le Mans sebelumnya. Mesin tersebut juga pernah digunakan pada Citroen di ajang World Rally Championship (WRC). Pabrikan berharap mampu bersaing dan menjuarai balapan endurance Le Mans 24 Hours tahun depan. 

Selain itu, tim Peugeot Le Mans juga akan menurunkan tujuh pembalap dan dua di antaranya adalah mantan pembalap Formula 1, Paul Di Resta dan Kevin Magnussen. Ketujuh pembalap tersebut juga akan membantu pengembangan mesin Hypercar tunggangannya bersama dengan tim Peugeot. Pabrikan menyatakan akan memulai beberapa tes simulator dan tes lain demi mendapatkan input yang sesuai dengan pembalap tersebut.

 Peugeot Hypercar Le Mans

Selain itu, Peugeot sendiri memang tengah fokus pada kejuaraan endurance yang digelar selama lima tahun ini. Para tim meneliti kecepatan dan konsistensi dari performa hypercar hybrid produksi Peugeot tersebut. Selain itu, Olivier Jansonnie, Technical Director tim Peugeot Le Mans sudah menyasar daftar pembalap-pembalap internasional yang memiliki prestasi terbaik.

Beberapa di antaranya merupakan pembalap Formula 1, Kevin Magnussen dan Paul di Resta. Turut serta juga Loic Duval yang merupakan pembalap tim Peugeot di Le Mans tahun lalu. Ada juga Jean-Eric Vergne yang juga dikenal sebagai juara Formula E dan mantan Torro Roso di F1. Dan juga Gustavo Menezes yang merupakan pembalap LMP2 dan memenangkan balapan di kelas WEC pada ajang Le Mans 2016. 

Pada ajang Le Mans 24 Hours tim Peugeot sudah beberapa kali tercatat sebagai juara di antaranya, pada 1992 dan 1993. Serta terakhir juara pada 2009 dengan mobil bermesin diesel 908 HDi FAP. Tim Peugeot tercatat ambil bagian pada ajang Le Mans 24 Hours terakhir kali pada 2011 dan baru akan turun balap lagi pada tahun depan. ALVANDO NOYA / WH

Peugeot Hypercar Le Mans

Sumber: Autocar

Artikel yang direkomendasikan untuk anda