Beranda Updates Pandemi Belum Reda, Honda Fokuskan Motorsport di Virtual

Pandemi Belum Reda, Honda Fokuskan Motorsport di Virtual

JAKARTA, Carvaganza.com – Situasi akibat pandemi COVID-19 yang berkelanjutan memaksa banyak kegiatan dan event besar ditunda, bahkan ditiadakan. Keadaan ini bahkan ikut memaksa PT Honda Prospect Motor (HPM) mengalihkan beberapa agenda yang sudah dijadwalkan sebelumnya untuk tahun ini. Hal ini demi menjaga antusiasme masyarakat dan konsumen terhadap seluruh aktivitas Honda, terutama di bidang motorsport.

HPM resmi mengumumkan akan fokuskan aktivitas motorsport alias balapnya tahun ini ke platform digital. Seperti diketahui, sejak bulan Juni lalu HPM telah menggelar Honda Racing Simulator Championship (HRSC). Gelaran balap virtual perdana dari Honda di Indonesia ini sukses diikuti oleh banyak peserta dari rumah masing-masing.

Keputusan ini menyusul tidak akan ikutnya tim Honda Racing Indonesia (HRI) pada kejuaraan nasional Indonesia Touring Car Race (ITCR) 2020. Selain belum adanya jadwal pasti dari ISSOM (Indonesia Sentul Series of Motorsport), Honda juga ingin memastikan keselamatan dan kesehatan dari seluruh pihak terkait.

Seandainya ITCR 2020 akan tetap digelar dengan kalender balap baru, artinya HRI tidak akan tampil dalam mempertahankan gelar juara bertahan yang diraih tahun lalu. Begitu juga dengan ajang one make race, Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge (HBSC). Kedua one make race garapan HPM itu akhirnya ditiadakan tahun ini.

Selain kegiatan motorsport yang digelar di Sirkuit Sentul, HPM juga memutuskan meniadakan Brio Saturday Night Challenge. Semua ini dilakukan mengikuti arahan pemerintah untuk tidak menggelar aktivitas yang mengumpulkan massa dalam jumlah besar.

“Pada tahun ini kami berkomitmen untuk tetap mempopulerkan balap mobil di Indonesia dengan memperluas aktivitas balap kami secara virtual. Sesuai dengan semangat Everyone Can Race yang kami usung, kami percaya bahwa platform digital dapat membawa kesenangan balap ke lebih banyak orang, terutama pada masa pandemi yang menyebabkan banyak pembatasan aktivitas di luar ruangan,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Sales & Marketing Director PT HPM.

Saat ini, HRSC sudah berlangsung sebanyak dua seri, dari total enam seri yang dijadwalkan. Dua seri pertama digelar di Sirkuit Suzuka dan Sepang, pada platform simulator Rfactor 2. Sebanyak 60 peserta terpilih meramaikan HRSC, terbagi dalam dua kelas yaitu Pro dan Amatir.

Selain HRSC, HPM juga telah menggelar kompetisi virtual lainnya, yaitu Honda Brio Virtual Modification (V-Mod) #3. Kompetisi modifikasi virtual ini mengangkat tema “Racing Garage” tahun ini. Tema tersebut dipilih sesuai dengan keadaan yang berlangsung, untuk memicu kreativitas peserta dari rumah.

“Meskipun tidak berlaga di sirkuit pada musim 2020 ini, kami akan tetap fokus untuk mempersiapkan tim Honda Racing Indonesia dan merancang aktivitas balap yang semakin seru dan menantang di musim mendatang,” lanjut Yusak.

Dalam waktu dekat, HPM juga akan merilis inovasi barunya untuk memberikan keseruan kepada konsumen di rumah. Melalui aplikasi mobile, siap-siap menikmati keseruan dari Honda lewat “Brio Virtual Drift Challenge”.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Banyak Permintaan Shipping, Bisnis Logisly Catat Pertumbuhan Selama Pandemi

JAKARTA, Carvaganza.com – Tahun 2020 telah berjalan menjadi periode yang sulit dari segi bisnis, khususnya karena pandemi COVID-19 yang terjadi. Banyak bisnis yang jatuh...

SPYSHOT: BMW Siapkan X8 Jadi Model SUV Termahal?

MUNICH, Carvaganza.com – BMW pernah menyatakan tidak berencana untuk membuat model SUV flagship, di atas X7 saat peluncurannya. Namun sepertinya rencana telah berubah, setelah...

Perbandingan Angka Performa Mercedes-AMG GLE 63 VS Maserati Levante Trofeo

JAKARTA, carvaganza.com -  Dulu kecepatan boleh saja didominasi oleh supercars atau performance car. Namun jaman telah berubah. Penguasa kecepatan sekarang bukan lagi muscle atau...

Bulan Oktober, Ada Karimun Wagon R Edisi Khusus akan Dirilis Suzuki

JAKARTA, Carvaganza.com - Menjadi peluncuran pamungkas tahun ini, Suzuki Indonesia siap lansir Karimun Wagon R Limited Edition. Jenis hatchback LCGC diramal berubah minor di...

Honda Civic Type R Berjaya Balap 24 Jam di Nurbrugring

NURBURG, Carvaganza.com – Akhir pekan lalu digelar ajang balap ketahanan Nurburgring 24 Hour di Jerman. Berbagai kelas balap turing disatukan dalam satu rangkaian seri...