Mesin Turbo Hybrid F1 Honda Sukses Besar di GP Bahrain

JAKARTA, Carvaganza – Tim Red Bull Racing Honda berhasil merebut podium pada ajang Formula 1 Grand Prix Bahrain 2021. Max Verstappen berhasil finish di urutan kedua. Selain itu pembalap Red Bull Racing Honda lainnya, Sergio Perez berada di posisi ke-5 dan meraih predikat Driver of the Day. Padahal Sergio harus start dari pit lane setelah mobilnya sempat mengalami gangguan elektronik sebelum balapan dimulai.

Tim AlphaTauri yang juga memakai mesin Honda berhasil menyumbang dua poin lewat pebalap muda Yuki Tsunoda. Melakukan balapan perdana Formula 1 tahun ini, pembalap asal Jepang ini langsung sukses memberikan catatan baik di seri pembuka  dengan finish di urutan ke-9 dan menyumbang poin. Sayang rekan satu timnya, Pierre Gasly, hanya mampu menyelesaikan balapan di urutan ke-17.

Selama keikutsertaannya di Formula 1, Honda telah mengikuti 461 kali balapan dengan raihan total 78 kemenangan, 200 podium, 2.711,5 point, 81 kali pole position serta 67 kali mencetak putaran tercepat.

Honda mengikuti ajang balap Formula 1 untuk pertama kalinya pada Grand Prix Jerman 1964. Poin pertama Honda berhasil didapat pada Grand Prix Belgia 1965 sebelum akhirnya berhasil meraih podium serta kemenangan pertamanya pada Grand Prix Meksiko 1965 yang dipersembahkan oleh pembalap asal Amerika Serikat, Richie Ginther.

Red Bull Honda

Sebagai pemasok mesin, Honda sukses meraih meraih gelar juara dunia pertamanya bersama tim Williams di tahun 1986 dan 1987 dan dilanjutkan pada tahun 1988 hingga tahun 1991 bersama tim McLaren. Artinya, Honda berhasil meraih enam kali gelar juara berturut-turut sejak tahun 1986 hingga 1991.

Di era F1 modern sekarang ini yaitu di era turbo hybrid, Honda sudah berhasil mengantongi enam kemenangan yang diraih pada tahun 2019 dan 2020 lewat tim Red Bull Racing Honda dan juga tim AlphaTauri Honda. 

GP Bahrain 2021 dimenangkan oleh tim Mercedes dengan keberhasilan Lewis Hamilton yang menuntaskan balap di posisi pertama.  Valtteri Botas yang juga membalap untuk tim Mercedes-AMG Petronas berhasil menempati posisi ketiga di belakang Max Verstappen.

Tm terbaik ketiga adalah McLaren dengan finish keempat yang dicetak Lando Norris.  Sementara itu Ferrari mengalami kemajuan pesat dibandingkan musim sebelumnya. Dibuktikan dengan posisi keenam oleh Charles Leclerc. Sayangnya debut Carlos Sainz berseragam merah hanya bisa ditutup lewat posisi ke-8.  Setelah GP Bahrain, Formula 1 akan bertandang ke Emilia Rogmana Grand Prix, Italia.
ALVANDO NOYA / RS

Artikel yang direkomendasikan untuk anda