Beranda Updates Mengenal i-Cockpit, Desain Interior Futuristik a la Peugeot

Mengenal i-Cockpit, Desain Interior Futuristik a la Peugeot

JAKARTA, Carvaganza.com – Cobalah Anda masuk ke dalam kabin Peugeot, apapun model yang dilansir setelah 2012. Duduk di kursi pengemudi atau penumpang depan. Anda akan menemukan sebuah kabin dengan desain futuristik dan high tech. Peugeot memang tak main-main dalam merancang desain kabinnya. Pabrikan asal Prancis itu menyebutnya sebagai Peugeot i-Cockpit.

Pengembangan yang dilakukan tak main-main. Dari sebuah referensi disebutkan jika Peugeot melakukan uji coba hingga 2 juta mil (sekitar 80 kali keliling dunia) dan mengajukan 166 paten untuk bisa menghasilkan sebuah produk.

Begitu juga dengan inovasi yang dilakukan untuk teknologi Peugeot i-Cockpit. Sedianya teknologi i-Cockpit ini sudah diperkenalkan pada 2010 lewat mobil konsep yang diberi nama Peugeot SR1. Setelah menjalani beberapa pengembangan, kemudian mulai diterapkan pada versi produksi ketika Peugeot meluncurkan 208 edisi pertama.

Sejak saat itu, Peugeot i-Cockpit telah menjadi simbol dari brand berlambang singa itu. Teknologi ini menjadi salah satu komponen penting DNA Peugeot yang sukses menjual lebih dari 5 juta unit di seluruh dunia.

Baca juga: Dekat dengan Konsumen, Astra Peugeot Maksimalkan Kanal Digital

Konsep

Secara sederhana, Peugeot i-Cockpit punya tujuan yang simpel. Bagaimana menggabungkan mata, tangan, dan tubuh pengemudi dalam satu kesatuan. Hal itu dijawab dengan membuat layout arsitektur kursi pengemudi yang bisa memberikan seluruh informasi kendaraan dalam jarak pandangan mata Anda. Dengan demikian Anda tak perlu mengalihkan perhatian dari jalan saat mengemudi. Dengan visibilitas yang terjaga, tentunya membuat konsentrasi Anda tetap terjaga.

Pengembangan juga menggunakan data dan studi mengenai Anthropometric. Studi mengenai fisik manusia menjadi perhatian penting Peugeot dalam mengembangkan hal ini. Ternyata bukan tinggi yang paling mempengaruhi kenyamanan dan visibilitas yang pas saat mengemudi melainkan rasio jarak antara dada dan kaki yang memiliki pengaruh yang tinggi terhadap visibilitas seseorang saat sedang duduk.

Peugeot kemudian mengembangkan material-material yang digunakan sangat nyaman untuk disentuh, tombol-tombol fisik juga ditempatkan begitu mudah dari jangkauan pengemudi. Bentuk tuas transmisi dengan penempatan sangat nyaman untuk dioperasikan dan posisi roda kemudi tepat dengan bantuan paddle shift yang memudahkan mengendalikan kendaraan sesuai keinginan pengemudi.

Baca juga: Data Gaikindo, Penjualan Astra Peugeot Hingga April Naik 228 Persen

Komponen utama

Peugeot i-Cockpit dikembangkan dengan tetap mempertahankan komponen-komponen utama yang menjadi dasar desain interior dari jajaran mobil Peugeot. Komponen yang dimiliki antara lain:

  • Compact Steering Wheel

Peugeot merancang kemudian yang kecil namun sporty. Diameternya sangat pas. Sebagai contoh pada 308 lebarnya 351 mm dan tinggi 329 mm. Konfigurasi ini membuat pengendalian kendaraan menjadi mudah dan presisi. Anda juga tak perlu banyak effort ketika menikung atau memarkirkan kendaraan. Selain itu, memberikan sensasi berkendara yang lebih menyenangkan dan pengendalian kendaraan yang lebih baik.

  • Head-up Handset

Ketika Anda fokus pada jalanan di depan, tentunya sangat penting jika semua informasi utama berada di jangkauan pandangan. Head up instrument Peugeot dibuat tepat di atas kemudi. Sehingga semua informasi dapat dengan cepat terlihat melalui lingkar kemudi. Mulai di Peugeot 3008 SUV layar informasi kendaraan berbentuk digital dengan beragam konfigurasi dan animasi yang memudahkan.

  • Centre Console HD Touchscreen

Peugeot menggunakan layar dengan teknologi sentuh (touch screen). Hal ini tentunya memudahkan karena Anda sudah familir dengan teknologi yang juga digunakan pada ponsel itu. Posisinya berada pada jangkauan jari dan juga dalam posisi pandangan yang pas. Pada 308, layar berukuran 9,7 inci. Dilengkapi beragam fungsi dan informasi seperti pengatur suhu, navigasi satelit, stereo, dan pengaturan lainnya.

  • Piano Keys Toggle Switches

Desain tombol-tombol Peugeot ini sangat khas. Berbentuk seperti tuts piano. Memberikan akses kenyamanan yang mudah untuk berbagai pengaturan kendaraan.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Makin Mewah Dan Lega, Begini Kabin Kia Grand Sedona Teranyar

Jakarta, carvaganza.com – Eksterior Grand Sedona/Carnival sudah ketahuan membawa gaya SUV, sekarang giliran Interior dipamerkan. Bisa dipastikan Kia membuat sang Grand Utility Vehicle –...

3 Tahun Wuling di Indonesia, Banyak Inovasi dan Penghargaan

CIKARANG, Carvaganza.com – Bulan Juli 2020 resmi menandakan telah tiga tahun lamanya Wuling Motors hadir di pasar otomotif Indonesia. Berbagai hal telah dihadirkan dan...

Toyota Bakal Rilis Supra Varian ‘Hardcore’, Mesin Dari BMW?

TOKYO, Carvaganza.com – Toyota GR Supra telah lebih dari setahun beredar di pasar, dan sukses meraih predikat sebagai salah satu driver’s car favorit. Meski...

Morris Garage Mesin Turbo Ramaikan Pasar SUV Ringkas Bulan Depan

SYDNEY, carvaganza.com -  Sukses menjual ZS, HS dan MG3, MG Motor Australia siap luncurkan SUV berukuran ringkas terbarunya. Dijuluki MG ZST, mobil ini gunakan...

Minggu Ini, Dua SUV Kencang BMW M Siap Sapa Indonesia

JAKARTA, Carvaganza.com –  Dijadwalkan pada pekan ini, BMW Indonesia bakal meluncurkan dua model mobil baru untuk pasar nasional. Keduanya adalah SUV kencang dari divisi...