Beranda EDITOR'S PICKS Kaleidoskop Otomotif 2018: Juli dan Agustus

Kaleidoskop Otomotif 2018: Juli dan Agustus

Memasuki bulan Juli dan Agustus berbagai kegiatan otomotif dilaksanakan. Di bulan Juli, Ekuator Media Vaganza menggelar pameran otomotif Autovaganza di QBig, BSD, Tangerang. Merek-merek otomotif juga memperkenalkan model-model terbarunya di bulan Juli dan Agustus.

Puncaknya, pada bulan Agustus, dilangsungkan pameran otomotif terbesar Tanah Air, Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di ICE BSD, Tangerang. Pameran ini digunakan para APM untuk memperkenalkan model terbaru dan teknologi terkini yang mereka miliki.

Berikut catatan Carvaganza di bulan Juli dan Agutus 2018:

JULI

Pameran Indonesia Autovaganza. Pameran mobil berkelas Indonesia Autovaganza digelar untuk kedua kalinya di QBig BSD City Mall selama dua hari pada weekend. Event otomotif bernuansa festival tersebut diselenggarakan oleh PT Ekuator Media Vaganza (PT. EMV) selaku penerbit majalah Carvaganza, website carvaganza.com dan motovaganza.com.

Acara ini diikuti berbagai merek baik kendaraan roda empat, roda dua, dan juga industri pendukung. Festival otomotif itu diselenggarakan di sela-sela antara penyelenggara IIMS dan GIIAS 2018 dan bertujuan untuk membangkitkan gairah otomotif di Tanah Air sekaligus memberikan hiburan kepada para pengunjung serta car enthusiast.

Baca juga: The 2nd Indonesia Autovaganza Lebih Meriah dan Diikuti Lebih Banyak Peserta

All-new BMW 530i Touring. Sedan ini diluncurkan di Jakarta berbekal mesin 4 silinder  TwinPower Turbo 2.0 liter, menghasilkan tenaga 252 hp dan torsi 350 Nm.  Sedan ini mengusung karakter dinamis berdesain maskulin serta bodinya terbuat dari material alumunium dan baja berkekuatan tinggi yang membuat bobotnya lebih ringan dibanding pendahulunya.

Didesain agar menghasilkan aerodinamika yang baik agar lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar dan memiliki pengendaraan yang lebih dinamis. Kendaraan ini dibanderol seharga Rp 1,429 miliar.

The first-ever BMW Seri 6 Gran Turismo. Dengan banderol Rp 1,56 miliar, BMW 630i Gran Turismo ini diluncurkan di Jakarta dengan didukung sejumlah fitur canggih baik fitur infotainment maupun keselamatan. Mendapat asupan mesin bensin 4 silinder TwinPower Turbo 2.0 liter bertenaga 258 hp dan torsi 400 Nm.

Tenaga tersebut disalurkan oleh transmisi otomatis Steptronic 8-kecepatan ke roda belakang. Pabrikan mengklaim bahwa konsumsi BBM sedan ini cukup efisien 12,8 km/liter dan emisi rendah 142 g/km.

Tons of Real Happiness. Di bulan ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) secara resmi mempersembahkan kampanye baru untuk Mitsubishi Xpander yaitu “Mitsubishi XPANDER Tons of Real Happiness”, yang dimulai dengan tayangan iklan di berbagai saluran televisi nasional dan dapat disaksikan di kanal YouTube resmi Mitsubishi Motors Indonesia mulai 1 Juli 2018.

DFSK Glory 580 meluncur. Bertempat di Mall Kota Kasablanka, DFSK resmi meluncurkan ke publik SUV 7 penumpang Glory 580. Kendaraan ini terdiri dari  empat varian berbeda yakni Glory 580 1.8L Comfort 5MT, Glory 580 1.5T Comfort CVT dan varian tertinggi Glory 580 1.5T Luxury 6MT, Glory 580 1.8L Luxury CVT dan Glory 580 1.5T Luxury CVT.

Pada kesempatan kali ini, Agnez Mo juga diperkenalkan sebagai Brand Ambassador DFSK. Kendaraan ini dilengkapi oleh fitur-fitur seperti Smart Screen A/V System (L type) 10 inci, Push-start Button, Intelligent Key (L Type), setir multifungsi berlapis kulit yang mewah, transmisi 6MT dan CVT. Harga mulai dari Rp 245,9 juta sampai  Rp 308 juta.

DFSK Glory 580

V-KOOL Raih TOP Brand Award 2018. Kaca film V-Kool kembali meraih Top Brand Award 2018 untuk kategori kaca film mobil. Pada kategori kaca film mobil, nilai Top Brand Index V-Kool sebesar 54,2 persen.

Penerapan teknologi digital dan inovasi berkelanjutan menjadi salah satu strategi penting bagi indivudu dan pelaku bisnis dalam membangun merek, termasuk V-KOOL yang mulai aktif mengkampanyekan komunikasi brand-nya melalui berbagai aktivitas digital dan sosial media.

AGUSTUS

GIIAS 2018Perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 kembali dihelat dan lokasinya masih sama dengan tahun lalu di ICE, Bumi Serpong Damai, Tangerang, Propinsi Banten. Gelaran otomotif paling bergengsi ini diselenggarakan dari 2 – 12 Agustus 2018 dan menyedot animo publik yang sangat tinggi.

Sejumlah mobil baru hadir, termasuk di antaranya mobil-mobil yang dinantikan kehadirannya oleh publik Indonesia. Pameran ini diikuti oleh 37 merek mobil dan motor dan ditambah lagi dengan industri hilir otomotif mulai dari aksesoris dan kelengkapan lainnya.

20 Tahun Kehadiran SUV Mercy di Indonesia. Tepatnya pada 1998, SUV Mercedes-Benz hadir di Indonesia lewat M-Class seri W 163. Diluncurkan sebagai model ML 230 dengan penggerak AWD, ground clearance tinggi dan kabin lapang. Sejak itu, Mercy hadir dengan SUV-SUV unggulannya seperti GLA dan GLC hingga GLE dan GLS. Dengan pangsa pasar sebesar 35%, kendaraan SUV telah memberikan kontribusi yang signifikan terhadap kesuksesan Mercedes-Benz di Indonesia.

Peringatan 20 tahun kehadiran SUV Mercy di Indonesia itu dilakukan di GIIAS 2018. Pada gelaran GIIAS 2018, Mercedes-Benz Distribution Indonesia mempersembahkan tiga SUV yang baru yaitu GLE AMG 43 Coupe, GLE 400 dan GLS 400. Pabrikan mengklaim bahwa GLC dan GLE berhasil menjadi model SUV terlaris di paruh pertama tahun 2018, dan keduanya merupakan kendaraan rakitan pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, Bogor.

All New Honda Brio. City car generasi kedua ini diluncurkan di GIIAS 2018 dengan desain anyar yang lebih sporty, dimensi lebih besar dan penambahan fitur. Ruang kabin dan bagasinya menjadi lebih luas. Mesin 1.2 liter i-VTEC masih sama dengan yang sebelumnya, namun memiliki tingkat konsumsi BBM lebih hemat.

Untuk fitur keselamatan sudah dilengkapi dengan pengereman ABS+ EBD sebagai fitur standar di semua varian yang ada.

Mazda CX-5 Anniversary EditionDiluncurkan pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 dan ditawarkan dalam jumlah terbatas hanya 50 unit saja. Basisnya adalah CX-5 edisi standar.

Perbedaan dengan Mazda CX-5 standar terletak pada grille depan yang dapat beriluminasi, roofrail pada atap serta molding tambahan pada bagian pintu belakang. Pada interior terdapaat pedal alumunium berwarna matt silver, tuas paddle shift di lingkar kemudi serta scuff plates stainless steeldi ke-empat pintu yang akan terlihat ketika pintu terbuka.

Mitsubishi  Xpander keluarkan varian dan warna baru. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia ( MMKSI) resmi  meluncurkan varian baru  Xpander, yaitu Sport MT atau bertransmisi manual dan GLS bertransmisi matik (GLS AT) di GIIAS 2018. Xpander sebelumnya sudah memiliki enam varian yang dipasarkan yaitu Ultimate A/T, Sport A/T, Exceed A/T, Exceed M/T, GLS M/T, dan GLX M/T.

Selain tambahan varian, juga mendapat penambahan warna baru yakni Deep Bronze Metallic yang tersedia untuk varian Ultimate dan Sport. Menambah koleksi warna yang sudah ada sebelumnya Quartz White Pearl, Diamond Black Mica, Sterling Silver Metallic, Titanium Grey Metallic,dan Red Metallic.

Audi RS 5 Coupe

Audi RS 5 Coupe 2.9 TFSI Quattro. Sedan mewah ini menjadi salah satu bintang GIIAS 2018. Audi RS5 Coupe baru mengandalkan mesin V6 2.900 cc V6 twin turbo yang identik dengan kepunyaan Porsche Panamera 4S. Tenaganya 444 hp dan torsinya 600 Nm, disalurkan ke semua roda via penggerak AWD Quattro khas Audi. Sebagai transmisi Audi tidak menggunakan double clutch tapi 8-kecepatan torque converter.

Mesin V6 TFSI twin turbo ini lebih ringan 31 kg dibandingkan mesin V8 lamanya. Sedangkan total bobot sudah turun sekitar 60 kilogram. Audi mengklaim, 0 – 100 km/jam bisa didapatkan dalam waktu 3,9 detik saja.

Audi A8 L

Audi A8 L 3.0 TFSI Quattro. New Audi A8 L merupakan model flagship. Ia dilengkapi teknologi mild hybrid. Makna L dari nama A8 L adalah karena model yang diluncurkan adalah versi long wheelbase, dan sempat tampil sebagai mobil Tony Stark (Iron Man) di film “Spider-Man: Homecoming”.

Mesinnya menggunakan V6 Turbo 3.0 TFSI dengan tenaga maksimal 340 hp. New Audi A8 L menggunakan transmisi otomatis 8-kecepatan tiptronic dan AWD quattro permanen.

All New Santa Fe. Diluncurkan di GIIAS 2018 memiliki desain atraktif dan fitur yang jauh lebih baik dibandingkan yang sebelumnya. Ditawarkan dalam dua varian yakni GLS dan XG. Untuk mesinnya juga terdiri dari dua pilihan yakni mesin bensin 2.4 MPi D_CVVT bertransmisi otomatis 6-speed dan turbodiesel R2.2 CRDi EVGTurbo bertransmisi otomatis 8-speed dengan shiftronic.

Selain peningkatan pada performa general dan efisiensi, kadar kekedapan, getaran dan kenyamanan ditingkatkan (noise, harshness dan vibration). All New Santa Fe ditawarkan mulai dari Rp 499 juta sampai Rp 599 juta OTR Jakarta.

New Hyundai H-1 2018. Selain memperkenalkan Santa Fe, Hyundai Indonesia juga memperkenalkan New Hyundai H-1 2018 di GIIAS. Mobil ini sudah mendapatkan penyempurnaan baik dalam hal desain  eksterior maupun interior.

Ditawarkan dalam versi mesin bensin 2.4 MPi dan mesin Diesel 2.5 CRDi e-VGT yang dilengkapi dengan transmisi otomatis. New Hyundai H-1 2018 tersedia dalam varian Elegance dengan kapasitas sampai dengan 11 penumpang, varian XG dengan kapasitas sampai dengan 8 penumpang dan varian Royale dengan kapasitas sampai dengan 7 penumpang.

New BMW M2 Coupe (facelift). BMW Indonesia memperkenalkan BMW M2 Coupé terbaru di GIIAS dan mobil ini merupakan Official Car of MotoGP™ musim 2018. Performance car ini adir dengan tampilan lebih dinamis dan menyuguhkan teknologi motorsport yang sangat kompetitif , namun juga sesuai untuk digunakan di jalan raya Jakarta yang cukup padat.

BMW M2 Coupé terbaru ini dilengkapi mesin enam silinder segaris TwinPowerTurbo 3.0 liter, menghasilkan tenaga 370 hp dan torsi 465 Nm mulai dari 1400 – 5560 rpm. Dan dengan dengan fungsi overboost, torsi melonjak hingga 500 Nm (+35 Nm) dari 1.450 rpm ke 4.750 rpm. Disalurkan melalui M Double Clutch Transmission (M DCT) 7-percepatan dengan Drivelogic.

BMW i8

BMW i8 Roadster. Diperkenalkan di GIIAS, pada dasarnya sama dengan i8 versi hardtop yang sudah dirilis pada 2016 lalu. Perbedaannya terletak di soft-top yang bisa buka-tutup secara elektrik dalam 15 detik meski kendaraan sedang berjalan dalam kecepatan maksimal 50 km/jam.

Dilengkapi dengan fitur Driving Assistant termasuk Surround View, BMW Display Key dan Navigation System Professional. BMW i8 Roadster juga dilengkapi dengan BMW Head-Up Display.

MINI Indonesia. Pada bulan Agustus yang bertepatan dengan GIIAS 2018, MINI Indonesia merilis enam mobil untuk meramaikan gelaran otomotif terkemuka ini. Keenam MINI yang dirilis tersebut adalah MINI 3 Door (facelit), New Mini 3 Door (facelift), New Mini Cabrio, New Mini John Cooper Works 3 Door, New Mini Countryman (CKD) dan New Mini Countryman S Sport (CKD).

Secara khusus, New MINI Cooper S Countryman Sports dilengkapi dengan fitur melimpah. Mulai dari John Cooper Works Aerodynamic Kit, MINI Head-Up Display, Parking Assistant dengan rear-view camera, Wireless charging, HiFi1 2-Loudspeaker System Harman Kardon,hingga velg 19” John Cooper Works Course Spoke 2-Tone yang menguatkan kesan Sporty.

Lexus UX. Peluncuran Lexus UX di GIIAS 2018 merupakan yang pertama kali di Asia. Dengan demikian lengkap sudah line-up luxury SUV/Crossover Lexus di semua segmen. Di segmen Luxury Hight Utility Vehicle ada LX 570, di skala luxury medium ada RX Series, di Luxury Low ada NX dan UX mengisi kelas luxury crossover.

Untuk kenyamanan berkendara yang berkelas, konsep “seat-in-control” untuk memudahkan pengemudi mengoperasikan fungsi-fungsi utama kendaraan,serta bentuk sandaran kursi yang khusus, memungkinkan pengemudi mengendarai mobil dengan nyaman. Bagi penumpang, integrasiaudio switch yang berada pada sandaran tangan menciptakan efisiensi dalam mengontrol sistem multimedia yang telah dilengkapi dengan 10.3”Center Display.

Lexus ES

Selain UX, Lexus juga meluncurkan sedan Lexus ES 300h di GIIAS. Sedan bermesin Hybrid Electric memiliki tampilan yang elegan terlihat dari spindle grillevertikal dan velg 18 inci membuat mobil semakin gagah. Untuk kenyamanan dan keamanan pengendara, Lexus ES menampilkan Head-Up Display,Screen Display 12,3 inci, dan 360°Panoramic View Monitor, pertama di kelasnya.

Nissan All New Terra

Nissan Terra. SUV ini juga menjadi bintang GIIAS 2018 dan kehadirannya sangat ditunggu-tunggu. “New Nissan Terra merupakan komitmen kami kepada Indonesia. SUV ini dibangun dengan pengalaman Nissan lebih dari 60 tahun membuat SUV dan akan dilengkapi dengan rangkaian teknologi cerdas Nissan Intelligent Mobility,” kata Eiichi Koito, Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia.

Baca juga: Nissan Terra, Mitsubishi Pajero Sport, dan Toyota Fortuner, Mana yang Lebih Layak?

Sean Gelael tes ban Pirelli. Pembalap Indonesia Sean Gelael yang turun di kejuaraan balap F2 Series melakukan tes ban Pirelli bersama tim F1 Scuderia ToroRosso di Sirkuit Hungaroring, Hungaria. Sean menuntaskan program tes dua hari dengan hasiil yang bagus dan mampu memenuhi harapan tim Toro Rosso. Bagi Sean, tes bersama Tim Formula 1 Scuderia Toro Rosso bukanlah yang pertama. Namun, tes di Hungaroring ini menjadi pengalaman yang penting karena Sean dipercaya untuk memberi masukan kepada tim dari hasil tes ban baru Pirelli yang akan dipakai musim 2019 mendatang.

Penghasilan Astra Financial di GIIAS. Astra Financial menghasilkan 4.611 aplikasi pembiayaan atau setara dengan Rp 1 trilyun di GIIAS. “Kami bersyukur Astra Financial menghasilkan 4.611 aplikasi pembiayaan atau setara dengan Rp 1 Triliun di keikutsertaan kami yang pertama kali sebagai sponsor utama. Meskipun GIIAS ini dominan pameran mobil baru, motor juga menghasilkan 237 aplikasi pembiayaan. Produk tabungan terbaru PermataBank yaitu PermataMe menghasilkan 2.440 nasabah baru. Produk Asuransi Astra dan Astra Life menghasilkan 346 polis baru,” ungkap Suparno Djasmin (yang akrab dipanggil Abong), Director in Charge Astra Financial.

EKA ZULKARNAIN

 

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...

Mitsubishi Pasang Logo dan Tagline di Pesawat Garuda Rute Jakarta-Nagoya

NAGOYA, 25 Maret 2019 – Kerjasama branding antar perusahaan yang dilakukan Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) dan Garuda...

9 Tips Aman Mengemudi di Malam Hari

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Berkendara di malam hari seringkali tidak bisa kita hindari meskipun memiliki potensi bahaya lebih besar....

Mercedes-Benz A-Class Jadi Bintang Video Klip Terbaru KimoKal

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Mercedes-Benz ingin membuat A-Class terbaru semakin digemari oleh kalangan muda atau millennials untuk menjadi mobil...