Inspiratif, Honda S2000 Jadi Kapsul Waktu 20 Tahun Makin Mahal

JAKARTA, carvaganza – Di dunia ini banyak sekali mobil kapsul waktu. Mobil yang dibeli belasan tahun lalu, cuma dikendarai belasan kilometer saja, lalu disimpan. Alasan pemiliknya menyimpan mobil itu beragam. Biasanya yang melakukan itu adalah kalangan kolektor yang koleksi mobilnya berderet. Bahkan mereka pun bisa lupa mobil apa saja yang mereka punya.

Penulis sering ketemu orang-orang seperti itu. Bahkan ada seorang kolektor mobil mewah di Indonesia, yang lupa mobil apa yang Ia beli 2 bulan sebelumnya. Ia pun lupa mobil koleksinya apa saja. Ia hanya menyebut brand saja, modelnya tak ingat. Belum puluhan motor besar yang ia punya.

Ya wajar saja, mereka punya kemampuan membeli. Mereka bisa memilih dan mengumpulkan mobil yang disuka. Di Amerika pernah ada orang kaya yang membeli Lamborghini Countach tahun 1990. Mobil itu baru dipakai 135 km, selang sepuluh tahun kemudian dijual.

Seorang nenek di Amerika baru-baru ini mengumumkan punya mobil kapsul waktu. Ia bukan orang super kaya dan kolektor, tapi punya Honda S2000 yang ia simpan selama dua dekade. Mobil tersebut bakal dijual dalam lelang yang dilaksanakan oleh Mecum Auction bulan Januari tahun depan.

Baca juga: 10 Mobil Masa Kini Yang Bakal Jadi Mobil Klasik Di Masa Depan



Nenek berusia 66 tahun tersebut bernama Hedy Cirrincione, juga bukan pecinta mobil Honda. Ia juga bukan orang yang sengaja memburu mobil tertentu untuk dijadikan kapsul waktu. Ia membeli S2000 karena suka, bukan karena butuh. Ia beli begitu saja lalu disimpan selama 20 tahun. Jarak tempuh di odometernya baru 54,6 km.

Hedy mengaku memang petrolhead. Senang mobil dan senang ngoprek. Ia membeli Honda S2000 karena ketidaksengajaan. Waktu itu, Ia sedang berjalan menuju ke bengkel di pinggiran New York, melewati showroom Honda. “Langkah saya otomatis berhenti. Melihat mobil Honda S2000, yang masih gres di pasar di tahun 2000,” kenang Hedy. Sepanjang hidupnya, Hedy memang suka membeli mobil non-Amerika. Jadi tak kaget dengan brand Jepang.

Setelah masuk showroom, Ia langsung membeli S2000 warna merah saat itu juga. Mobil tersebut Ia jadikan sebagai mobil harian.

Tak lama kemudian dia mendengar Honda S2000 dirilis dengan warna silver. Dia pun beli yang silver. Ia terkenang pada omongan kakak-kakaknya kalau di bengkel mengerjakan mobil-mobil tua seperti Chevy tahun 1955 – ’57 atau Ford tahun 1932. “Mereka sehari-harinya lihat mobil-mobil tua dan mereka bilang, alangkah enaknya kalau punya satu mobil baru yang km-nya baru nol.”

Baca juga: VIDEO: Ketemu di Gudang, Ford Falcon Umur 47 Tahun Laku Rp 3,1 Miliar



Honda S2000 warna silver sengaja Ia tidak pakai jadi harian, karena sudah punya yang warna merah. Yang silver Ia baru pakai 38,6 km, lalu pernah dipakai temannya sejauh 16 km. Ketika pindah rumah, mobil itu tidak dikendarai, dinaikkan ke trailer termasuk ketika Hedy pindah ke pantai timur Florida tempatnya pensiun.

Hedy melelang S2000 karena merasa usianya sudah semakin menua, jadi tak perlu menyimpannya lebih lama lagi, cukup menjadi kapsul waktu 20 tahun. Selain itu tempat parkir di rumahnya sudah sempit. Si Silver harus berbagi tempat dengan S2000 merah, Datsun 240Z 1970 dan beberapa mobil lain.

Mobil akan dilelang bulan Januari tahun depan di Mecum Auction di Kissime, Florida. Ia berharap mobilnya bisa terlelang dengan harga US$ 150.000. Ayo siapa yang minat?



Sumber: www.thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda