Beranda Updates VIDEO: Ketemu di Gudang, Ford Falcon Umur 47 Tahun Laku Rp 3,1...

VIDEO: Ketemu di Gudang, Ford Falcon Umur 47 Tahun Laku Rp 3,1 Miliar

QUEENSLAND, Carvaganza.com – Mungkin pasar Indonesia kurang familiar dengan model Ford Falcon. Karena memang lebih dikenal di daratan Amerika dan Australia. Mobil ini baru saja membuat kolektor tercengang karena nilainya menjadi selangit. Padahal sudah berumur 47 tahun.

Ford Falcon XA GT RPO 83 ber-VIN number 1973 tersebut, terjual dalam lelang di Australia seharga US$ 215.000 atau sekitar Rp 3,1 milyar. Sekaligus menjadi rekor harga  untuk mobil barn find (mobil yang diketemukan di dalam gudang setelah disimpan bertahun-tahun) untuk jenis ini.

Padahal harga aslinya ketika dijual tahun 1973 lalu, hanya US$ 7000 saja. Para kolektor tadinya meramalkan akan terjual di bawah US$ 200 ribu, atau kisaran US$ 150 – 160 ribu. Pemenang lelang adalah seorang kolektor mobil asal Australia Selatan yang tidak bersedia disebutkan namanya.

Mobil dua pintu hardtop ini memang langka dengan angka produksi hanya 120 unit saja. Yang menarik lagi, dibenami dengan paket RPO 83 alias Regular Production Option. Yang bikin unik lagi adalah kelirnya warna langka, Old Gold dengan kode cat Y157. Warnanya dulu sama dengan warna kemasan coklat terkenal di Australia, MacRobertson’s Old Gold. Nah, dari 120 mobil versi coupe yang diproduksi, hanya dua mobil saja yang memakai cat warna itu. Mobil bermesin V8 5.8 liter dengan transmisi manual 4 percepatan.

Baca juga: Video: Ini Porsche Type 64, Mobil Klasik Seharga Rp 250 Milyar

Foto: ww.motoring.com.au

Dijuluki Chicken Coupe

Dikutip dari website www.motoring.com.au, sebelum dilelang, mobil ini sudah dikenal seantero Australia dan mendapat julukan ‘Chicken Coupe’. Sejak dibeli oleh tangan pertama, tidak pernah berpindah owner. Oleh pemiliknya digudangkan sejak tahun 1988 karena tak sanggup membayar asuransinya, terlalu mahal.

Sejak itu, tak pernah keluar. Terparkir di dalam gudang mirip kandang ayam selama 32 tahun. Kenapa dijuluki “Chicken Coupe” atau Coupe Ayam? Selama di dalam gudang, bagian atas mobil dipakaikan kawat ayam agar tidak jadi sarang burung merpati. Sang pemilik sendiri sudah meninggal dunia bulan Desember 2019.

Baca juga: 26 Mobil Klasik Indonesia Siap Beradu Kualitas di Concours d’élégance

“Ini mobil Australia banget. Dari mulai proses kelahirannya yang tak disengaja karena adanya larangan supercar, dikurung kawat ayam sampai warnanya adalah warna perusahaan coklat lokal. Kisahnya diselimuti dongeng-dongeng khas Australia. Kami sangat bangga bisa membawanya ke balai lelang,” ujar Rian Gaffy, Spesialis Mobil Klasik dari Balai Lelang Grays.

Menurut Grays, mobil ini ditawarkan dalam kondisi ‘barn find’ alias tampilan seadanya sesuai temuan di dalam gudang. Ban dalam kondisi kempes, tertutup debu, ada sedikit karat serta dikerubuti sarang laba-laba. Meski demikian, gampang direstorasi lagi dan odometernya baru 74.635 km.

Baca juga: Saat COVID-19, Ditemukan Harta Karun 300 Mobil Langka di New York

Diproduksi Terbatas

RPO 83 Package ini dibuat ketika Ford Australia menghentikan proyek Falcon GT Phase IV. Proyek tersebut dibatalkan karena pemerintah menilai mobil tersebut terlalu kencang untuk jalan raya. Karena komponen performance sudah terlanjur diproduksi, daripada terbengkelai, Ford akhirnya menciptakan versi Regular Production Option. Sedangkan Falcon GT dihomologasi untuk balapan saja. Secara total, Ford Falcon XA GT RPO 83 Package yang diproduksi adalah 250 unit, di mana 120 unit tipe coupe dan 130 unit tipe sedan.

Pabrikan menjual mobil ini tanpa promosi besar, boleh dibilang secara diam-diam. Dan dijual kepada sejumlah konsumen terpilih. Jadi tak heran menjadi collectible item sama seperti Ford Falcon GT HO Phase III.

Pada waktu sang pemilik masih hidup, sudah banyak orang yang menawar dan membujuknya untuk dijual. Bahkan sudah didekati sejumlah rumah lelang. Pemilik selalu menolak karena mobil itu punya arti mendalam bagi dirinya. Salah satunya pernah menjadi mobil pernikahan sang pemilik pada tahun 1974.

EKA ZULKARNAIN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

video

VIDEO: Hyundai Elantra N Kegep Digeber Di Nurburgring

NURBURGRING, carvaganza.com -  The old Nurburgring adalah salah satu sirkuit paling ‘sadis’ dalam sejarah motorsport dunia. Panjangnya lebih dari 20 km dengan ragam perubahan...

Sebelum Hummer EV Ada, Lebih Seabad Lalu GMC Produksi Truk Listrik

DETROIT, carvaganza.com – Udah tau kan General Motors Truck Company (GMC) kemarin ini merilis Hummer bermesin listrik? Pabrikan sudah mengonfirmasi bahwa kendaraan tersebut bakal...

Sosok Hypercar Misterius Bugatti Di Tes di Sirkuit

MOLSHEIM, Carvaganza.com – Selama lebih dari satu dekade terakhir, Bugatti dikenal sebagai pabrikan yang menetapkan rekor kecepatan tertinggi untuk sebuah mobil. Tampaknya, Bugatti tidak...

Toyota Jadi Brand Otomotif Paling Kesohor Di Dunia, Di atas BMW dan Mercedes

CALIFORNIA, carvaganza.com -  Kita sudah bercokol cukup lama di dunia otomotif, tapi tahu kah apa brand mobil paling terkenal di dunia? Artinya, nama brand...

SPYSHOT: Susul Taycan, Porsche Macan Versi Listrik Mulai Diuji

STUTTGART, Carvaganza.com – Suksesnya Taycan sebagai pionir mobil full electric dari Porsche mendorong mereka semakin seriusi segmen baru ini. Salah satu strateginya adalah dengan...