Beranda Updates Ini Fungsi Tiga Lubang Knalpot Pada Honda Civic Type R

Ini Fungsi Tiga Lubang Knalpot Pada Honda Civic Type R

TOKYO, 7 Juli 2017 – Mungkin anda tak heran mendengar nama Honda Civic Type R. Ya, mobil tersebut merupakan salah satu mobil terbaik yang dimiliki oleh Honda saat ini. Tak hanya dibekali dengan desain yang ciamik, mobil tersebut juga memiliki performa yang tak bisa dipandang remeh meski berpenggerak roda depan.

Ada hal yang aneh dibagian buritan dari Honda Civic Type R. Kebanyakan mobil menggunakan satu atau dua bahkan empat lubang knalpot yang terlihat dibagian buritan. Berbeda dengan Hot Hatch satu ini, mobil tersebut menggunakan tiga buah knalpot di bagian buritan.

Ternyata penggunaan tiga lubang knalpot ini bukanlah sekedar gaya atau kebutuhan desain semata. Hal ini berkaitan dengan suara yang dihasilkan oleh mesin dihidupkan dan ketika di geber pada kecepatan tiggi.

“Secara tradisional hanya dengan satu sistem pembuangan besar suaranya akan banyak mendengung, meledak-ledak, dan tidak nyaman ketika mobil melaju kecang,” punkas Senior Product Planner Honda, Rob Keough, seperti dikutip dari Road and Track.

Dari tiga lubang knalpot, dua lubang yang ada di kiri dan kanan mengadopsi model straight-flow muffler. Sedangkan lubang di tengah berfungsi sebagai peredam suara. Sehingga ketika mobil dihidupkan akan menghasilkan suara yang lebih keras, dan suara lebih nyaman terdengar ketika mobil di geber di jalanan.

Selain untuk kebutuhan suara, Honda juga mengadirkan knalpot dengan model tiga lubang sebagai ciri khas. Dengan mengadopsi skema pembuangan ini, konsumen bisa mendapatkan sensasi dari menggema dari Civic Type R tanpa harus memodifikasi knalpot untuk meningkatkan suara teriakannya.

“Sistem ini dirancang sederhana, anda bisa mendapatkan kepuasan tanpa komponen tambahan,” tambah Keough.

TITO LISTYADI

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza