Filter Udara di Kabin Mobil Honda Terbaru Mampu Menangkis Virus Corona

JAKARTA, CARVAGANZA – Distribusi vaksin coronavirus masih dalam tahap awal. Butuh waktu yang tak sebentar sampai semua orang di seluruh dunia mendapat vaksin yang memberi kekebalan tubuh dari COVID-19. Sampai saatnya tiba, Honda memberi solusi. Melalui keterangan persnya, produsen mobil asal Jepang tersebut meyakinkan konsumennya bahwa filter kabin premium miliknya mampu menangkis hampir 100 persen virus Corona yang menyebar di udara masuk ke dalam kabin kendaraan.

Saringan udara di dalam kabinnya memiliki empat lapisan. Dua lapisan pertama terbuat dari material microfiber yang dapat menangkap debu dan zat polutif di udara. Lapisan ketiga terbuat dari aterial arang sebagai penyaring yang kuat. Terakhir, lapisan keempat terbuat dari ekstrak buah-buahan yang sanggup menangkap partikel virus. Keren kan!

Tak hanya menyediakan kabin yang bebas virus, Honda juga memberikan saran kepada setiap konsumennya agar terhindar dari virus selama berkendara. Selama ini kita mungkin beranggapan kalau lebih baik udara di dalam kabin yang steril tak tercampur dengan udara bebas di luar kendaraan. Sebalinya, Honda justru menyarankan agar pengendara sebaiknya membiarkan sebanyak-banyaknya udara segar masuk ke dalam kabin.

Kata Honda, udara segar justru memberikan proteksi yang baik bagi penghuni kabin mobil Karena udara mengoptimalkan penyebaran zat aerosol di dalam udara yang dapat mematikan virus di dalam kabin kendaraan. Tentu saja, Honda juga merekomendasikan konsumennya untuk mengganti filter udara kabin secara rutin untuk proteksi maksimal.

“Gara-gara COVID-19, masyarakat saat ini semakin perhatian terhadap pengaruh virus dan bakteri. Itu sebabnya kami berupaya sekuat kami untuk memberikan solusi protektif secara luas dan cepat,” ujar Eiichi Hino, President Honda Access Europe NV. Sayangnya filter kabin udara ini baru dipakai Honda pada setiap mobil barunya yang diluncurkan di Eropa.

Bukan hanya Honda sebetulnya yang mengembangkan teknologi penyaringan udara kabin untuk penumpangnya agar terhindar dari virus Corona. Beberapa mobil lain juga sudah menyediakan teknologi serupa. Misalnya Mercedes-Benz EQS electric sedan dengan HEPA (high-efficiency particuilate air) System yang dijual terpisah. Sementara itu Tesla justru sudah menawarkan opsional HEPA system di seluruh kendaraannya sejak beberapa tahun lalu.

Semoga saja sistem penyaringan udara yang bebas virus dan polusi ini juga dipakai untuk seluruh kendaraan Honda di Indonesia. Bukan hanya Honda, kalau bisa brand otomotif besar lain di Indonesia juga memperhatikan kesehatan dan keselamatan konsumennya. Filter kabin adalah komponen sederhana yang berharga tak terlalu mahal. Jadi seharusnya, lebih baik lagi kalau filter kabin anti virus ini menjadi peranti standar setiap kendaraan baru di Indonesia. Setidaknya sampai vaksin COVID-19 tersebar merata di seluruh dunia. RIZKI SATRIA

Artikel yang direkomendasikan untuk anda