Beranda Updates F1: Jelang Seri Pertama, Ahli Mesin Tim Mercedes F1 Hengkang

F1: Jelang Seri Pertama, Ahli Mesin Tim Mercedes F1 Hengkang

BRACKLEY, Carvaganza.com – Jelang musim balap Formula 1 2020 berlangsung, tim Mercedes justru akan ditinggalkan salah satu sosok tepentingnya. Berperan besar dalam kesuksesan gelar juara dunia Mercedes, Andy Cowell umumkan akan hengkang dari tim mulai bulan depan.

Andy Cowell saat ini menjabat sebagai managing director di Mercedes-AMG High Performance Powertrain (HPP), yang bertanggungjawab pada mesin F1 Mercedes. Divisi ini yang sangat berpengaruh pada enam gelar juara dunia berturut-turut Mercedes di F1, sejak era V6 mulai di 2014.

Pria berdarah Inggris ini sudah bergabung di tim Mercedes sejak 2014 pula. Era V6 turbo hybrid adalah era yang sangat didominasi oleh Mercedes hingga saat ini. Seluruh gelar juara dunia, baik konstruktor dan pembalap, disapu bersih oleh Mercedes selama periode antara 2014 sampai 2019.

Cowell sendiri punya peran penting dalam prose pengembangan pada mesin V6 hybrid milik Mercedes. Dalam pernyataan resmi tim yang dirilis hari Senin (15/6/2020) kemarin, diinformasikan bahwa Cowell akan meninggalkan posnya efektif pada awal Juli mendatang.

Kepemimpinan Mercedes-AMG HPP akan diestafetkan kepada Hywel Thomas, yang bertanggungjawab pada power unit. Sementara Adam Allsopp, Richard Stevens dan Ronal Ballhaus akan menangani struktur manajemen dalam memandu divisi mesin.

“Setelah 16 tahun yang menyenangkan bekerja untuk HPP, saya telah putuskan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk meninggalkan peran saya dan mencari tantangan bisnis engineering yang baru,” kata Cowell.

“Saya menghargai kesempatan untuk bekerja bersama Markus (Schäfer, Daimler) dan Toto dalam menentukan struktur kepemimpinan masa depan perusahaan dan saya memiliki keyakinan pada kemampuan Hywel dan tim untuk memimpin perusahaan ke depannya.”

Meski meninggalkan jabatannya, Cowell tetap akan berada di dalam tim sampai setidaknya awal tahun 2021. Cowell akan menjadi konsultan untuk Mercedes-Benz AG pada proyek besar di masa depan. Jasa Cowell ditandai dengan perkasanya mesin buatan Mercedes begitu era V6 dimulai, di saat pabrikan lain justru keteteran.

Kontribusi Cowell mendapat apresiasi juga dari Toto Wolff sebagai bos tim Mercedes F1. Meski ditinggal, Wolff yakin divisi operasi mesin Mercedes akan tetap berada di posisi yang kuat ke depannya.

“Kepemimpinan Andy dalam tim di HPP telah menjadi sebuah faktor penting dalam kesuksesan kejuaraan kami di musim-musim belakangan,” kata Wolff.

“Dia telah berikan konstribusi luar biasa untuk warisan motorsport akmi dan saya menghargai dan menikmati hubungan kerja kami sejak 2013. Saya yakin dia akan menikmati kesuksesan besar dalam tantangan berikutnya yang dia putuskan untuk ambil.

“Filosofi kami selalu bahwa tim pemenangn adalah organisasi yang dinamis, dan perubahan itu adalah bagian alami dari pengembangan setiap perusahaan.”

Dengan hengkangnya Cowell dari Mercedes, apakah akan berpengaruh pada performa tim yang memiliki mesin terbaik selama tujuh tahun terakhir? Efeknya kemungkinan besar akan baru terlihat saat perubahan besar regulasi diterapkan pada tahun 2022 nanti.

Sumber: Crash, Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kia Rilis Desain Baru Stinger, Dirilis Akhir Tahun

SEOUL, Carvaganza -- Kia Motors Corporation tengah menyiapkan satu model baru. Pabrikan asal Korea itu merilis secara resmi gambar pertama dari Kia Stinger yang...

Bridgestone Kenalkan Teknologi ELITEN, Khusus Mobil Listrik

BRUSSELS, Carvaganza – Perkembangan teknologi ban sejalan dengan tren mobil listrik. Pabrikan ban raksasa Bridgestone menciptakan teknologi baru yang disebut ENLITEN yang khusus digunakan...

Dari Sedan Ke SUV, Toyota Corolla Dari Generasi Ke Generasi (Bagian 2)

JAKARTA, Carvaganza.com - Jika kehadiran generasi keenam  Toyota Corolla ditandai munculnya Bubble Economy Jepang pada 1987, kelahiran generasi ketujuh justru ditandai dengan hancurnya Bubble...

Ekspor Meningkat, Suzuki Kapalkan 5.030 Kendaraan di Juli

JAKARTA, Carvaganza – Selain penjualan, tren peningkatan ekspor produk-produk Suzuki buatan Indonesia terus berlanjut ke semester kedua 2020. Selama bulan Juli lalu, PT Suzuki...

Tambah Line-Up, MG HS Siap Diluncurkan di Indonesia Besok

JAKARTA, Carvaganza -- Setelah 4 bulan sejak peluncuran mobil perdananya di Indonesia akhir Maret lalu, MG siap memperkenalkan model keduanya di Indonesia. Manufaktur Inggris...