Elon Musk Jadi Orang Terkaya Kedua Di Dunia, Tesla Semakin Bersinar

JAKARTA, carvaganza – Ragam terobosan yang dilakukan oleh Elon Musk telah menempatkan dirinya sebagai orang terkaya di dunia kedua. Kekayaannya sekarang mengalahkan Bill Gates, yang dalam beberapa tahun menempati posisi teratas orang terkaya di Planet Bumi.

Dialah yang membangun pabrikan mobil listrik Tesla sekaligus founder dan CEO SpaceX, sebuah perusahaan di bidang antariksa. Pria kelahiran Juni 1971 ini dikenal sebagai konglomerat dan industriawan brilian, Salah satunya, ketika pabrikan mobil masih sibuk dengan kendaraan mesin ICE dan hybrid, Ia sudah melangkah jauh dengan memproduksi mobil bertenaga listrik murni.

Usaha yang dirintis pria berusia 49 tahun tersebut, sekarang meledak. Harga saham Tesla melonjak. Bloomberg mengalkulasi, kekayaan Musk sekarang ini mencapai US$ 127,9 milyar (sekitar Rp 1.792 trilyun), naik US$ 7,2 milyar (sekitar Rp 100,8 trilyun). Kekayaannya melonjak tajam setelah saham Tesla meroket karena diberitakan bahwa pabrikan mobil listrik itu akan masuk ke dalam S&P 500 Index pada bulan Desember ini.

S&P 500 adalah sebuah indeks yang terdiri dari saham 500 perusahaan dengan modal-besar, kebanyakan berasal dari Amerika Serikat. Indeks ini merupakan indeks paling terkenal yang dimiliki dan dirawat oleh Standard & Poor's.

Baca juga: Bos Tesla Elon Musk Kecelakaan Mobil McLaren F1

Showroom and service center Tesla in Amsterdam on Oct. 23, 2019.


Musk menyalip kekayaan Bill Gates yang sebesar US$ 127,7 milyar. Namun masih kalah dari pendiri dan pemilik Amazon, Jeff Bezos yang menempati posisi puncak dengan kekayaan sebesar US$ 182 milyar (sekitar Rp 2.548 trilyun).

Menurut Bloomberg, selisih kekayaan Musk dengan Gates di atas kertas terlihat tipis. Tapi kalau kita lihat secara faktual, tetap saja besar apalagi kalau kita hitung berdasarkan rata-rata penghasilan orang Amerika per tahun. Dibandingkan dengan rata-rata penghasilan orang Indonesia lebih jauh lagi. Malah harta Musk hampir mendekati jumlah APBN Indonesia tahun 2020 yang kisaran Rp 2.300an trilyun yang dialokasikan untuk 230-an juta penduduk.

Artikel tentang kekayaan Musk ini merupakan hasil laporan Bloomberg Billionaire Index tentang daftar 500 orang terkaya di dunia. Masuknya Musk ke posisi orang terkaya nomor dua di dunia merupakan perkembangan yang menarik bagi industriawan. Pasalnya, dalam beberapa tahun terakhir ini, posisi orang terkaya di dunia selalu dipegang oleh orang-orang yang berkecimpung di dunia teknologi digital. Terlebih lagi, pembengkakan kekayaan tersebut berasal dari pabrikan mobil listrik Tesla.

Baca juga: FEATURE: Elon Musk, For the Sake of Mankind

Menurut Bloomberg, kekayaan bersih Musk sepanjang tahun 2020 mengalami kenaikan sebesar US$ 100,3 milyar (sekitar Rp 1.404 trilyun). Sebuah angka yang fantastis padahal pada bulan Januari lalu, Musk masih berada di posisi terkaya ke-35.

Sumber: Bloomberg.com, thedrive.com

EKA ZULKARNAIN

Artikel yang direkomendasikan untuk anda