Daihatsu Indonesia Raih Penghargaan Astra International

JAKARTA, Carvaganza – PT Astra Daihatsu Motor meraih penghargaan untuk ketegori Astra Friendly Company dengan program Penyu Untuk Indonesia. Program ini juga merupakan CSR unggulan ADM dalam pelestarian penyu sebagai satwa langka yang hampir punah. Acara penghargaan tersebut merupakan rangkaiaan dari Astra Corporate Affairs Awards 2020 yang digelar oleh Astra International Tbk pada 8 Januari 2021 lalu.

Selain itu, acara ini merupakan pemberian apresiasi bagi seluruh inovasi program unggulan di bawah Corporate Affairs Grup Astra di bidang EHS (Environment, Health, & Safety), CSR (Corporate Social Responsibility), Security, dan Corporate Communication.

PT ADM mengklaim telah memulai program pelestarian penyu ini sejak 2011 dan dalam sepuluh tahun sudah terdapat enam konversi penyu di seluruh Indonesia. Beberapa tempat konversi tersebut adalah Perancak, Bali; Batu Hiu, Pangandaran; Pasir Jambak, Padang; Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu; Pantai Binasi, Tapanuli Utara; dan Alun Utara, Bengkulu.

Daihatsu penyu

Lewat program ini Daihatsu Indonesia ingin memberikan dukungan bagi mitra Daihatsu melalui pembangunan fasilitas dan dukungan usaha bagi masyarakat setempat. PT ADM berharap dengan adanya konservasi ini, dapat mendukung pelestarian penyu di Indonesia dan edukasi bagi seluruh wisatawan yang berkunjung.

Dukungan dan sambutan positif juga datang dari masyarakat sekitar di mana hal tersebut dapat menjadi wadah edukasi dan rekreasi. Selain itu, masyarakat juga dapat mengenal lebih dekat dan menjaga kelestarian penyu di daerahnya.

Selain itu, untuk tetap menjaga awareness tersebut Daihatsu secara aktif terus mengajak masyarakat untuk mendapatkan informasi tentang pelestarian penyu melalui wadah digital. Berbagai informasi disampaikan melalui Instagram @daihatsuind, mulai dari pengetahuan tentang penyu dan kehidupannya, dan memperkenalkan konservasi penyu mitra Daihatsu serta aktivitas dan fasilitas yang ada di dalamnya.

Sebagai bentuk komitmen PT ADM terhadap program ini, pihaknya akan bekerja sama dengan pihak-pihak terkait. Hal tersebut demi melanjutkan pelestarian satwa langka ini di Indonesia. Beberapa pihak yang telah menjalin kerja sama dengan program ini di antaranya Kementrian Kelautan dan Perikanan, serta Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu.

“Tentunya Daihatsu akan terus berinovasi dalam mengembangkan program Penyu Untuk Indonesia. Bekerja sama dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan, serta Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Daihatsu terus berkomitmen menjaga dan melestarikan salah satu warisan dunia dan ikon keanekaragaman hayati Indonesia ini.” Ujar Yoga D. Suryawan, kapala Divisi General Affairs Astra Daihatsu Motor.  (ALVANDO NOYA/EZ)

Artikel yang direkomendasikan untuk anda