Carlos Sainz Resmi Debut Geber Ferrari di Fiorano

MARANELLO, Carvaganza – Kepindahan Carlos Sainz dari tim McLaren ke Scuderia Ferrari untuk musim balap Fomrula 1 2021 adalah salah satu yang paling mencuri perhatian. Membawa nama besar ayahnya ke tim paling tersohor di dunia balap tentu menjadi highlight tersendiri baginya. Penampilan Perdana Sainz berseragam merah di trek baru saja berlangsung pada hari Rabu (27/1/2021) kemarin.

Debut Sainz ini dilaksanakan pada sesi shakedown alias tes yang selama tiga hari digelar oleh Ferrari di sirkuit milik mereka, yaitu Fiorano. Ini menjadi langkah pertama rangkaian persiapan Sainz untuk berjuang bersama Ferrari musim ini, sejak diumumkan akan bergabung pada Mei 2020 lalu. Sainz datang menggantikan Sebastian Vettel yang berlabuh ke tim Aston Martin.

Sainz hadir dalam salah satu dari tiga hari rangkaian tes yang digelar oleh Ferrari, termasuk untuk para pembalap muda binaan Ferrari Driver Academy (FDA). Rekan setim baru Sainz, Charles Leclerc juga ikut pada tes ini, sehari sebelumnya. Pada tes ini, Ferrari menggunakan mobil balap SF71H, mobil edisi 2018 yang diizinkan oleh regulasi.

Carlos Sainz, Ferrari

Ferrari merah yang terpasang nomor 55 milik Sainz di body itu mengelilingi Fiorano sebanyak 100 lap sepanjang hari Rabu. Selain berkesempatan untuk mempersiapkan fisiknya ke kondisi terbaik di dalam kokpit, Sainz juga memanfaatkan tes ini untuk mengenal internal tim dalam kondisi kerja di trek. Untuk pengalaman pertamanya bekerja dengan tim tersukses di F1 itu, Sainz mengaku ini adalah hari yang tidak akan dilupakannya.

“Satu hari yang tidak akan saya lupakan. Pagi ini, alarm bunyi waktu fajar karena kami harus ikuti rapat sangat dini sebelum pergi ke trek,” kata pembalap berdarah Spanyol itu.

“Salah satu momen paling spesial untuk saya hari ini adalah saat saya tiba di sirkuit dan saya melihat Ferrari dengan nomor 55 saya terpasang! Saya sangat ingin melompat ke dalam mobil dan melakukan lap instalasi pertama sangat menyenangkan.

“Kemudian kami mulai bekerja dan saya sangat senang dengan bagaimana hari itu dimulai. Kami dapat melalui program yang ekstensif dan saya dapat membiasakan diri dengan keseluruhan pengaturan: para engineer dan mekanik, setir, prosedur yang jelas sedikit berbeda dengan yang ada di mobil yang saya kendarai musim lalu.”

Carlos Sainz, Ferrari SF71H

Sesi shakedown yang dilakoni Sainz turut dihadiri ayahnya, Carlos Sainz Sr., yang telah mengikuti karir balapnya sejak junior. Selain itu, sesi tes di Fiorano juga secara bergiliran diikuti oleh junior Ferrari seperi Marcus Armstrong, Giuliano Alesi, dan pada hari terakhir akan menjadi kesempatan Callum Ilott dan Mick Schumacher. Seperti diketahui, Schumacher juga tahun ini akan debut di F1, bergabung ke tim Haas.

Ferrari akan meluncurkan mobil barunya musim ini, yang merupakan revisi dari SF1000 tahun lalu, pada bulan Februari. Mobil yang diumumkan bernama SF21 itu memakai platform SF1000 yang dikembangkan mengikuti regulasi tahun ini, karena ditundanya perubahan besar regulasi teknis ke 2022. Sainz akan bergiliran mengetes SF21 dengan Leclerc saat tes pra musim di Bahrain, yang digelar hanya 3 hari. (WAHYU HARIANTONO)

Sumber: Formula 1, Crash

Artikel yang direkomendasikan untuk anda