Bridgestone Tanam Investasi di Perusahaan Teknologi Truk Otonom Jarak Jauh Kodiak Robotics

Bridgestone Kodiak Robotics

NASHVILLE, Carvaganza -- Bridgestone meluaskan sayapnya. Tak hanya mengembangkan teknologi ban, pabrikan karet bundar tersebut juga menanamkan sayap di perusahaan dengan teknologi berkelanjutan. Melalui Bridgestone Americas, mereka mengumumkan investasinya di Kodiak Robotics, sebuah perusahaan teknologi ternama di AS yang mengembangkan pengendalian truk dengan teknologi swakemudi (otonom).

Kemitraan ini memungkinkan Bridgestone untuk mengintegrasikan solusi teknologi smart sensing ban bagi armada-aramada ke dalam truk otonom level 4 milik Kodiak. Bridgestone juga berencana menguji coba teknologi ban pintar dengan kendaraan otonom di masa depan. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan kendaraan menuju masa depan mobilitas yang lebih aman, lebih efisien, dan lebih berkelanjutan.

Bridgestone Kodiak Robotics

Paolo Ferrari, Global Chief Solutions Officer, Bridgestone Corporation, and President & CEO, Bridgestone Americas mengatakan kendaraan otonom menawarkan sejumlah manfaat bagi pelanggan armada komersial dan masyarakat, termasuk perjalanan yang lebih aman, kemampuan untuk mengurangi kecelakaan tak terduga serta penghematan dan efisiensi bahan bakar hingga 20 persen.

"Kemajuan dalam teknologi yang berpusat pada ban sangat penting untuk membuka peluang inovasi yang lebih besar dalam mobilitas, sekaligus memberikan manfaat keberlanjutan yang signifikan. Investasi ini akan memungkinkan Bridgestone dan Kodiak bekerja sama untuk bersama-sama mengembangkan solusi mobilitas canggih dengan kecepatan dan presisi yang akan merevolusi truk komersial," kata dia.

Kodiak mengembangkan teknologi agar truk dapat mengantarkan barang kepada pelanggannya dengan armada truk jarak jauh dengan teknologi swakemudi level 4. Di level ini, kendaraan dapat beroperasi sendiri namun masih bisa diambil alih oleh manusia kapan saja. Inovasi ini akan dimulai di negara bagian Texas.

Bridgestone Kodiak Robotics

Kodiak berencana untuk mengembangkan truk tanpa pengemudi dalam beberapa tahun ke depan. Kecerdasan kendaraan adalah kunci utama untuk membuka peluang sistem pengendalian otonom yang aman, efisien, dan berkelanjutan bagi Kodiak dan pelanggannya.

Rangkaian teknologi berbasis cloud milik Bridgestone dapat memanfaatkan data kendaraan untuk membantu memprediksi kondisi performa serta perawatan ban, dan pengoptimalan masa pakai ban. Ditambah lagi, dengan platform teknologi kendaraan milik Bridgestone yang menghasilkan ban pintar, dapat membantu sistem keamanan dan sistem otonom kendaraan guna menyempurnakan kinerja dan mendorong hasil yang lebih aman. Kerja bareng Kodiak dan Bridgestone ini akan mampu menghubungkan teknologi ban berbasis kendaraan dan smart sensing untuk meningkatkan keselamatan berkendara, efisiensi armada, dan solusi truk otonom generasi berikutnya.

Don Burnette, Co-founder and CEO, Kodiak Robotics mengatakan investasi yang dilakukan Bridgestone adalah momen besar bagi Kodiak sekaligus validasi dari sistem otonom terdepan di industri ini. "Sebagai bagian dari kemitraan, kami dengan senang hati menyambut Chief Technology Officer dan Group President Bridgestone, Solutions Businesss, Nizar Trigui, ke Dewan Direksi Kodiak sebagai pengamat. Kodiak dan Bridgestone akan bekerja sama untuk meningkatkan teknologi truk swakemudi, mulai dari sensor pintar ban hingga perawatan prediktif," katanya.
RAJU FEBRIAN

Mobil Pilihan

  • Upcoming

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya