Astra Otoparts Catat Laba Bersih Rp 432 Miliar Pada 2022

Presiden Direktur Astra Otoparts Hamdhani Dzulkarnaen Salim (tengah), Direktur Astra Otoparts Yusak Kristian Solaeman (kiri), dan Direktur Astra Otoparts Wanny Wijaya (kanan).

JAKARTA, Carvaganza - PT Astra Otoparts Tbk (Perseroan) selama semester pertama 2022 mencatatkan laba bersih konsolidasian sebesar Rp 432 miliar. Naik 62% dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini merupakan sebuah kinerja positif Perseroan meskipun secara operasional bisnis, Perseoran terdampak oleh proses pemulihan pandemi Covid-19 dan kondisi makro ekonomi efek dari perang Rusia – Ukraina.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa laba bersih konsolidasian PT Astra Otoparts Tbk semester pertama 2022?

    Tercatat sebesar Rp 432 miliar.
  • Berapa pendapatan bersih PT Astra Otoparts pada semester pertama 2022?

    Menyumbang pendapatan bersih sebesar 52 persen atau sebesar Rp Rp 4,5 triliun.
  • Menurut Astra Otoparts, peningkatan tersebut disebabkan oleh kenaikan permintaan suku cadang baik dari pasar pabrikan otomotif maupun pasar suku cadang pengganti. Menjadi bukti, jalannya operasional perseroan dengan sangat baik.

    Untuk menghadapi kondisi makro ekonomi dan menghadapi efek pemulihan Covid-19, operasional excellence perseroan difokuskan melalui pengelolaan modal kerja, peningkatan produktivitas, diversifikasi produk non otomotif, dan inisiasi Perseroan dalam ekosistem kendaraan listrik.

    Perseroan mampu mencatatkan peningkatan pendapatan bersih sebesar 20% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi Rp 8,6 triliun. Aset bersih Perseroan juga mengalami peningkatan sebesar 4% dibandingkan posisi 31 Desember 2021 menjadi Rp 17,6 triliun.

    Astra Otoparts

    PT Astra Otoparts Tbk dalam siaran persnya menyebutkan bahwa pihaknya pihaknya telah menjalin kerjasama dengan mitra bisnis ternama dunia untuk memproduksi ragam produk suku cadang. Untuk melayani hampir seluruh pabrikan otomotif dan pasar suku cadang pengganti di Indonesia baik untuk roda dua, roda empat, kendaraan komersial dan lain-lain.

    Selama semester pertama 2022, segmen usaha manufaktur Perseroan menyumbang pendapatan bersih sebesar 52% atau sebesar Rp 4,5 triliun. Dari segmen usaha perdagangan, Perseorang menyumbangkan pendapatan bersih sebesar 48 persen atau sebesar Rp 4,1 trilyun di periode yang sama.

    Kenaikan itu didukung oleh jaringan distribusi domestik maupun internasional juga jaringan perdagangan ritel modern dengan nama Shop&Drive, Shop&Bike, Motoquick, dan Astra Otoservice. Juga oleh platform perdagangan online www.astraotoshop.com yang menjual baik produk otomotif maupun non otomotif.

    Pada tahun 2022, Perseroan memperkenalkan Astra Otopower sebagai fasilitas pengisian Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai yang dapat digunakan oleh semua jenis kendaraan listrik roda empat. Juga meluncurkan product innovation berupa Car Air Purifier dan Grin plasmafan yang dilengkapi ionizer. (EKA ZULKARNAIN)

    Baca juga:  Citroen Resmi Comeback ke Indonesia, Siapkan 5 Model Baru

    Mobil Pilihan

    • Upcoming

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita
    • Artikel Feature
    • Advisory Stories
    • Road Test

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature