AlphaTauri Tunjuk Yuki Tsunoda Debut di F1 Tahun Depan

FAENZA, Carvaganza.com – Pembalap Jepang akan kembali mewarnai grid Formula 1 untuk tahun 2021. Scuderia AlphaTauri resmi mengumumkan naik kelasnya Yuki Tsunoda ke F1 dari F2, untuk bertandem dengan Pierre Gasly. Tsunoda resmi menggantikan posisi Daniil Kvyat di tim junior milik Red Bull Racing ini, setelah tampil gemilang pada tahun debutnya di F2.

Promosi Tsunoda ini sekaligus menjadikannya sebagai pembalap termuda dan pertama yang merupakan kelahiran taun 2000. Tsunoda juga akan menjadi pembalap Jepang pertama di F1, sejak Kamui Kobayashi terakhir kali membalap untuk Caterham pada tahun 2014.

Pengumuman dipromosikannya Tsunoda terjadi setelah usainya seluruh rangkaain musim F1 2020, yang diakhiri oleh tes pembalap muda di Abu Dhabi. AlphaTauri juga sempat menugaskan Tsunoda pada sesi persiapan di Imola beberapa bulan lalu, menggunakan mobil Toro Rosso edisi 2018. Tes di Abu Dhabi merupakan kesempatan pertama Tsunoda merasakan mobil F1 kontemporer, yang akan identik untuk tahun depan.

https://twitter.com/AlphaTauriF1/status/1339118170498621442?s=20

Selain karena prestasinya di F2 yang meraih posisi ketiga di klasemen akhir, di bawah Mick Schumacher dan Callum Ilott, Tsunoda juga merupakan salah satu didikan Honda. Red Bull dan Honda sendiri juga telah bermitra sejak 2018, diawali menjadi pemasok mesin Toro Rosso. Dan saat berlaga di F2, Tsunoda membela tim Carlin yang sepenuhnya didukung Red Bull, berduet dengan Jehan Daruvala dari India.

Rekam jejak Tsunoda selama tahun 2020 di F1 adalah mencatat kemenangan di Spa-Francorchamps, SIlverstone, dan Sakhir. Penampilan agresif dan menyerang menjadi ciri khas Tsunoda, yang membuat performanya menarik disaksikan.

“Saya suka dia! Kecepatannya, caranya menyalip, tapi juga betapa cepatnya dia belajar untuk merawat ban, dan semua itu,” ujar Helmut Marko, bos dan penasihat Red Bull.

Bos tim AlphaTauri, Franz Tost juga menyampaikan rasa terkesannya dengan penampilan Tsunoda. “Red Bull telah mengikuti karir Yuki cukup lama sekarang dan saya yakin dia akan jadi aset luar biasa untuk tim kami,” kata Tost.

“Menyaksikannya di F2 tahun ini, dia telah menunjukkan paduan tepat agresi membalap dan pemahaman teknis yang baik. Selama tes di Imola di bulan November saat dia membawa mobil 2018 kami, lap time-nya sangat konsisten selama satu simulasi balap, dia berkembang selama hari itu dan memberikan engineer kami feedback bermanfaat.”

Sementara Tsunoda, mengaku bahwa akhirnya dirinya bisa mencapai impiannya bisa menjadi pembalap F1. Rasa senang dan Bahagia tidak bisa disembunyikannya. “Seperti kebanyakan pembalap, selalu menjadi tujuan saya untuk membalap di F1, jadi saya sangat Bahagia dengan kabar ini,” katanya.

“Saya mau berterimakasih kepada Scuderia AlphaTauri, Red Bull dan Dr. Marko untuk memberi saya kesempatan ini, dan tentu semuanya dari Honda, atas semua dukungan mereka sejauh ini dalam karir saya, memberi saya kesempatan besar untuk balapan di Eropa.”

Dengan dipastikannya Tsunoda di AlphaTauri, artinya kini tinggal tersisa dua kursi yang belum dipastikan statusnya. Pertama adalah Red Bull yang belum memastikan kursi milik Alex Albon di samping Max Verstappen. Lalu Mercedes juga belum memperpanjang kontrak Lewis Hamilton meski sudah meraih gelar juara dunianya yang ketujuh.

Sumber: Motorsport

WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda