Beranda Updates 6 Hal yang Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Mobil untuk Liburan

6 Hal yang Diperhatikan Sebelum Meninggalkan Mobil untuk Liburan

Foto: fascinatingcars.se

JAKARTA, 30 Desember 2019 – Liburan akhir tahun, tidak semua keluarga yang menggunakan mobilnya. Ada juga yang memilih menggunakan transportasi umum dengan alasan tak mau repot atau lebih murah. Mereka memutuskan meninggalkan kendaraannya di rumah selama liburan.

Nah, sebelum meninggalkan kendaraan dalam waktu yang lama ada beberapa hal yang diperhatikan. Jangan sampai saat Anda kembali dari liburan kendaraan justru mengalami rmasalah atau mengalami kerusakan seperti mobil tidak bisa hidup, mobil berkarat, kabel dimakan tikus, suspensi bermasalah, saluran bahan bakar bermasalah dan masalah lain.

Meski tidak digunakan namun bukan berarti mobil Anda tak membutuhkan perhatian dan perlakukan khusus. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum meninggalkan kendaraan untuk liburan:

1. Cuci Mobil

Sebelum meninggalkan mobil sebaiknya mobil telah dicuci bersih. Debu dan kotoran yang menempel pada mobil apabila didiamkan dalam waktu yang cukup lama akan menimbulkan kotoran yang akan berkerak bahkan memicu karat. Selain itu, jangan lupa untuk mencuci bagian kolong mobil karena rawan karat.

2. Parkir di Tempat Tertutup

Setelah mobil dicuci bersih, parkir di tempat tertutup atau garasi. Jangan parkir di tempat terbuka karena akan memudahkan debu dan kotoran menempel. Jika perlu, tutup mobil dengan menggunakan cover mobil baik itu dari bahan terpal maupun dari kain agar debu tidak lagi menempel pada body mobil.

3. Gunakan Pengharum Mobil

Bersihkan kabin mobil, pastikan tidak ada sampah atau kotoran makanan yang memiliki sifat mengeluarkan bau. Dikhawatirkan saat terlalu lama di dalam kabin dengan posisi kaca yang tertutup bisa membuat kabin tak sedap bahkan bisa mengundang hewan pengerat masuk ke dalam kabin. Gunakan pengharum dengan aroma untuk mencegah bau apek timbul di dalam mobil.

4. Jangan Gunakan Rem Tangan

Disarankan untuk tidak menggunakan rem tangan. Pastikan posisi rem tangan mobil dalam keadaan bebas sebab bila mobil ditinggalkan dalam keadaan rem tangan terkunci atau masuk dalam waktu yang cukup lama akan menyebabkan kelengketan antara minyak rem dengan disk brake atau piringan rem. Ada juga kemungkinan seal rem akan bocor. Sebaiknya parkir mobil Anda di tempat yang datar, setelah itu menganjal ban dengan batu atau sepotong kayu.

5. Lepaskan Aki Mobil

Mengenai hal ini tergantung berapa lama perjalanan Anda. Jika hanya meninggalkan mobil selama seminggu Anda tak perlu melepas kepala aki dengan alasan agar tidak cepat rusak dan tekor. Tapi jika perjalanan Anda lebih lama, Ada baiknya aki mobil dilepas.

6. Isi Bahan Bakar

Yang tidak kalah penting pastikan juga kondisi tangki bahan bakar tidak terlalu kosong, minimal tersisi setengahnya. Hal ini untuk mencegah kondensasi yang bisa menyebabkan bulir air.

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto