Beranda Updates 3M Dukung Kemenhub RI Tingkatkan Keselamatan Jalan Raya

3M Dukung Kemenhub RI Tingkatkan Keselamatan Jalan Raya

JAKARTA, 5 Desember 2019 – Concern terhadap keselamatan di jalan raya yang cukup memprihatinkan belakangan ini, 3M bersama Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI mengadakan seminar “Towards Safety: Safety Readiness for Highway Networks Rapid Growth in Indonesia”. 3M ingin tingkatkan kesadaran terhadap keselamatan kepada para pihak berewanang terkait.

Seminar ini digelar menyusul penandatangann perjanjian internasional di bidang transportasi, di mana 3M dan Kemenhub RI berdiskusi dan bertukar ide demi meningkatkan keamanan pengguna jalan serta mengurangi jumlah kecelakaan lalu lintas dan angka kematian di dalam negeri.

Pada seminar ini turut hadir Rob McInerney sebagai Chief Executive Officer dari Internasional Road Assesment Programme (iRAP), Shawn Lowry sebagai Global Business Director for 3M’s Transportation Safety Division, Prof. Ir. Siti Malkhamah, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Gajah Mada, Sigit Irfansyah, ATD., M.Sc., sebagai Direktur Sarana Transportasi Jalan dari Kemenhub RI, serta Audist Subekti, Ph.D,. selaku Director of Transportation and Electronics Business Group 3M Indonesia.

Dengan 2.000 km jalan told an 47.000 km total jalan nasional, Indonesia saat ini menjadi negara dengan jaringan jalan terbesar dan paling berkembang di ASEAN. Menurut data Korlantas, setidaknya 26.000-29.000 jiwa tewas dalam kecelakaan lalu lintas, dengan 104.327 kecelakaan tercatat pada 2017 dan meningkat hingga 107.968 kecelakaan pada tahun 2018.

Sementara menurut Global Status Report on Road Safety 2018 oleh WHO dikatakan 31.282 orang Indonesia meninggal di jalan raya akibat kecelakaan, yang terdiri dari 76% pria dan 24% wanita.

“Mengingat masih tingginya angka kecelakaan lalu lintas, maka perlu didukung dengan standar keselamatan berkendara yang konsisten dan tegas untuk meningkatkan kepatuhan ketika berkendara,” papar Lowry dalam seminar di Mandarin Oriental Hotel, Jakarta Pusat, 5 Desember 2019.

“Dengan menerapkan teknologi baru dan memperkenalkan standar keselamatan yang dapat diaplikasikan di fasilitas jalan seperti papan penunjuk arah atau rambu-rambu lalu lintas, maka diharapkan dapat membantu menurunkan angka kecelakaan dan kematian di jalan tol.”

Seminar ini bertujuan membantu tingkatkan kesadaran dan perilaku masyarakat tentang keselamatan jalan, mengingat pesatnya pertumbuhan jaringan jalan raya khususnya jalan tol di Indonesia. Untuk tujuan ini, 3M beserta Kedutaan Besar Amerika Serikat dan Kemenhub RI sepakat bahwa teknologi punya peran penting dalam memajukan keselaatan pengguna jalan.

“Melalui Divisi Transportation Safety, 3M berkomitmen untuk terus berinovasi dengan memberikan solusi keselamatan lalu lintas. Salah satunya dengan memperlihatkan solusi mulai dari lembaran reflektif yang sesuai dengan standar ASTM D4956, stiker pemantul cahaya, serta perlengkapan jalan lainnya,” tambah Audist Subekti.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...