Versi Siap Produksi Porsche 911 GT3 2021 Terlihat Tanpa Kamuflase

STUTTGART, Carvaganza.com – Generasi terbaru 911 GT3 sepertinya sudah mendekati waktu peluncuran, dan Porsche pun sudah tidak malu-malu menunjukkan wujudnya. Dalam rangkaian spyshot terbaru, terlihat prototipe 911 GT3 terbaru tanpa kamuflase sedikitpun. Siap-siap saja kalau mobil ini kemudian diluncurkan pada awal tahun depan.

Dilansir oleh Carscoops, sosok 911 GT3 tampak sedang diuji bersamaan dengan calon model hardcore lain, yang diyakini 718 Cayman GT4 RS. Ini sudah kesekian kalinya sosok pra-produksi 911 GT3 generasi 992 tertangkap kamera. Penampilan terinspirasi versi mobil balap tentunya menjadi menu utama ada mobil sport ini.

Meski sudah tidak ditutupi kamuflase, tetap saja sayap belakang besar yang menjadi perhatian pada prototipe ini. Dan dengan tanpa kamuflase, bentuk body versi produksi akhirnya bisa terlihat lebih jelas. Porsche sepertinya tidak membuat eksterior GT3 baru sedramatis generasi pendahulunya. Fascia depan, tentu mengalami perubahan lewat spoiler yang lebih lebar dan agresif. Peningkatan aerodinamika sudah menjadi hal pasti yang diterapkan.

Selain spoiler baru, bagian depan juga tampak mengadopsi bonnet atau kap bagasi yang diberikan lubang udara. Di samping untuk pendinginan, dua buah slot udara ini juga untuk menghasilkan downforce di sisi depan. Velg baru untuk 992 punya desain khas varain GT yang lahir dari Weissach, dengan palang tipis berbentuk Y. namun pada fender roda belakang, tidak tampak lubang udara yang biasanya hadir pada GT3. Mungkin baru akan diterapkan pada GT3 RS nantinya.

Bumper belakang kini juga sudah terekspos sepenuhnya. Porsche memberikan rangkaian diffuser yang mendominasi bagian bawah bumper. Di antara panel bumper dan diffuser, menyembul dua pipa knalpot di bagian tengah. Strip LED khas Porsche terkini yang terhubung ke masing-masing lampu belakang, tidak tampak mengalami perubahan. Pada prototipe ini juga tampak belum terpasang emblem varain 911 GT3 di atas bumper belakang.

Selain perubahan pada aerokit, Porsche tentu akan memberikan sentuhan juga pada performa mesinnya. Rumor sejauh ini, 911 GT3 992 akan menggendong mesin enam silinder flat naturally-aspirated, berkapasitas 4,0 liter. Tenaganya diperkirakan di rentang 510 – 520 hp, dengan mesin sanggup menyentuh 9.000 rpm.

Porsche berusaha keras untuk mempertahankan masa pakai mesin 4,0 liter, dengan mengembangkannya demi memenuhi aturan terkait emisi. Untuk generasi baru ini, mesin menggunakan dua filter partikulat agar memenuhi standar regulasi. Namun di saat bersamaan, diupayakan juga agar raungan mesinnya tidak melemah.

Sistem penggeraknya masih akan mengandalkan roda belakang untuk mengakomodasi seluruh luapan output mesin. Sementara untuk transmisinya, disebut akan tersedia opsi manual 6-speed dan otomatis PDK. Bahkan, meluncurnya GT3 disebut akan disusul oleh versi yang lebih ‘sopan’ dengan performa sama, yaitu 911 Touring. Varian ini akan tampil berbeda dengan melepas sayap belakang GT3 dan suspense lebih nyaman.

Prediksi terbaru, Porsche akan resmi mengungkap 911 GT3 terbaru pada akhir tahun ini. Awalnya, akan diluncurkan pada tengah tahun, namun situasi pandemi memaksa jadwal mundur. Porsche bahkan sempat tunjukkan sekelebat sosok GT3 saat menayangkan iklannya Super Bowl, bulan Januari lalu.

Sumber: Carsscoops



WAHYU HARIANTONO

Artikel yang direkomendasikan untuk anda