Beranda Updates Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

MICHIGAN, 20 Juli 2018 – Langkah recall kembali harus dilakukan oleh Ford pada kendaraan yang telah dipasarkannya, kali ini melibatkan lebih dari setengah juta unit mobil. Ford melakukan kampanye recall ini untuk para konsumen di wilayah Amerika Utara.

Dilaporkan, sebanyak 549.401 unit mobil Ford yang terbagi untuk model Ford Escape dan Fusion. Recall yang dilakukan terkait dengan masalah pada sistem transmisi otomatis.

Masing-masing Escape dan Fusion yang terkena recall adalah model dengan tahun produksi 2013-2014 untuk Escape, dan tahun 2013-2016 untuk Fusion. Terkait transmisi, perlu diperbaiki sinkronisasi antara tuas transmisi dengan sensor keselamatan saat diparkirkan.

Pengemudi bisa salah memindah transmisi ke posisi P (Park) dan melepas kunci kontak, di saat sebenarnya tuas transmisi tidak benar-benar pada posisi tersebut. Artinya, antara tuas dan indikator transmisi tidak sesuai.

Saat itu terjadi, mobil tidak memberikan suara atau sinyal peringatan bahwa pengemudi belum memarkirkan mobilnya dalam kondisi yang aman. Jika pengemudi juga tidak mengaktifkan rem parkir, mobil bisa meluncur bebas dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Ford menyebut masalah ini timbul akibat bushing pada kabel transmisi yang bisa terlepas. Masalah ini telah diumumkan ke seluruh jaringan bengkel Ford di Amerika Utara.

Setelah diumumkan kepada konsumen yang kendaraannya termasuk pada kampanye recall ini, perbaikan akan dilakukan secara gratis untuk mengganti kabel transmisi sepenuhnya. Kemudian konsumen dianjurkan untuk selalu menggunakan rem pakir saat memarkirkan mobilnya.

Dari total 549.401 unit tadi, terbagi 504.182 unit yang berada di Amerika Serikat, 36.886 unit di Kanada dan 8.332 unit di Meksiko. Sejauh ini belum ada insiden fatal dilaporkan terkait masalah ini.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Kilas Histori Honda CR-V, Dipuncaki Dengan Lahirnya Hybrid dan PHEV (Bagian 2)

JAKARTA, carvaganza.com – Setelah mendapatkan perubahan besar di generasi ketiga, Hona CR-V mendapatkan suntikan facelift. Selain pada bagian eksterior, peremajaan juga diberikan pada interior....

Wuling Confero S 1.5L ACT, Punya Apa Saja untuk Bersaing di Segmen Panas LMPV

JAKARTA, Carvaganza -- Meski masih berusia muda, Wuling Motors termasuk merek yang berani bertarung di pasar otomotif Indonesia. Tak hanya berani mungkin juga cerdik....

Bersiap Masuk Pasar, Segini Estimasi Harga Kia Sonet

JAKARTA, Carvaganza.com - Kia Sonet berencana dipasarkan di Indonesia. Situs resmi Samsat DKI Jakarta sudah tertera dua tipe yang bakal dijual. Model pertama 1,5...

Tukar Tambah Suzuki Ada Cashback Sampai Rp 4 Juta di Auto Value

JAKARTA, Carvaganza -- Berbagai strategi pemasaran dilakukan para pemegang merek. Tak hanya jualan mobil baru, penjualan mobil bekas juga menggunakan berbagai trik untuk menarik...

Warna Baru Graphite Capsule, Lamborghini Urus Tampil Beda

SANT'AGATA BOLOGNESE, Carvaganza.com - Lamborghini Urus punya tampilan beda. Warna Graphite Capsule masuk dalam opsi, membuat wujud SUV pertama Lambo tampil lebih galak. Namun,...