Beranda Updates Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

Transmisi ‘Error’, Setengah Juta Lebih Mobil Ford Kena Recall

MICHIGAN, 20 Juli 2018 – Langkah recall kembali harus dilakukan oleh Ford pada kendaraan yang telah dipasarkannya, kali ini melibatkan lebih dari setengah juta unit mobil. Ford melakukan kampanye recall ini untuk para konsumen di wilayah Amerika Utara.

Dilaporkan, sebanyak 549.401 unit mobil Ford yang terbagi untuk model Ford Escape dan Fusion. Recall yang dilakukan terkait dengan masalah pada sistem transmisi otomatis.

Masing-masing Escape dan Fusion yang terkena recall adalah model dengan tahun produksi 2013-2014 untuk Escape, dan tahun 2013-2016 untuk Fusion. Terkait transmisi, perlu diperbaiki sinkronisasi antara tuas transmisi dengan sensor keselamatan saat diparkirkan.

Pengemudi bisa salah memindah transmisi ke posisi P (Park) dan melepas kunci kontak, di saat sebenarnya tuas transmisi tidak benar-benar pada posisi tersebut. Artinya, antara tuas dan indikator transmisi tidak sesuai.

Saat itu terjadi, mobil tidak memberikan suara atau sinyal peringatan bahwa pengemudi belum memarkirkan mobilnya dalam kondisi yang aman. Jika pengemudi juga tidak mengaktifkan rem parkir, mobil bisa meluncur bebas dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Ford menyebut masalah ini timbul akibat bushing pada kabel transmisi yang bisa terlepas. Masalah ini telah diumumkan ke seluruh jaringan bengkel Ford di Amerika Utara.

Setelah diumumkan kepada konsumen yang kendaraannya termasuk pada kampanye recall ini, perbaikan akan dilakukan secara gratis untuk mengganti kabel transmisi sepenuhnya. Kemudian konsumen dianjurkan untuk selalu menggunakan rem pakir saat memarkirkan mobilnya.

Dari total 549.401 unit tadi, terbagi 504.182 unit yang berada di Amerika Serikat, 36.886 unit di Kanada dan 8.332 unit di Meksiko. Sejauh ini belum ada insiden fatal dilaporkan terkait masalah ini.

WAHYU HARIANTONO

Subscribe to our newsletter

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.

Video Terbaru Youtube Carvaganza



Last Updates

TEST DRIVE: Rolls-Royce Cullinan 2019, Merasakan Sensasi “Tank Mewah”

PADA tulisan sebelumnya Carvaganza sudah cerita tentang sejarah dan tampilan eksterior Rolls-Royce Cullinan. Saya kebetulan mendapat kesempatan menjajal SUV pertama...

DFSK Glory 560 Segera Diluncurkan, Melawan Honda HR-V?

JAKARTA, 25 Maret 2019 - Beberapa waktu lalu bocor sosok Glory 560 dari DFSK di Indonesia. Tak lama setelahnya, beberapa hari kemarin muncul jelas...

Menikmati Fitur T-Link di Toyota New Veloz, Keliling Jakarta Jadi Fun

JAKARTA, 25 Maret 2019 – Beragam fitur disematkan PT Toyota Astra Motor (TAM) pada Toyota New Avanza dan New Veloz....

REVIEW: Rolls-Royce Cullinan 2019, Warisan para Sheik dan Maharaja

SEPULUH tahun lalu, kita akan sulit untuk percaya jika Rolls-Royce akan membuat kendaraan jenis SUV. Tapi, tuntutan konsumen membuat pabrikan...

Mobil Ferrari Paling Ekstrem akan Meluncur Hari Ini

MARANELLO, 25 Maret 2019 – Tidak lama setelah meluncurkan F8 Tributo, Ferrari kembali akan memperkenalkan mobil terbarunya hari ini. Mobil...