Beranda New Cars Toyota akan Buat All-New Yaris Versi SUV di 2020

Toyota akan Buat All-New Yaris Versi SUV di 2020

TOKYO, Carvaganza.com – Setelah hadir dalam generasi baru, akhir tahun lalu, Toyota Yaris akan melengkapi variannya dengan versi SUV atau crossover. Mobil tersebut dijanjikan akan hadir pada pertengahan tahun 2020 ini.

Menurut lansiran Auto Express, All-New Yaris versi crossover ini akan debut pada paruh kedua tahun ini. Segmen yang akan diincar oleh mobil ini adalah milik Nissan Juke dan Renault Captur, berdimensi panjang sekitar 4 meter.

Dengan spsesifikasi tersebut, artinya calon SUV baru Toyota ini akan masuk ke segmen di bawah C-HR sebagai SUV terkecil mereka saat ini. Karena berbasis Yaris, tentunya mobil ini akan dibangun menggunakan platform GA-B.

Selain itu, Yaris versi SUV/crossover ini akan menjadi model pertama Toyota yang hadir di segmen B-SUV untuk pasar Eropa. Kesuksesan C-HR di pasar Eropa tentunya diharapkan Toyota bisa mengantarkan mobil ini untuk meraih kesuksesan yang sama.

Lebih lanjut, Yaris SUV ini akan menggunakan jenis suspensi MAcPherson strut di depan dan torsion beam di belakang. Karakter gagahnya akan ditunjukkan dengan ground clearance 40 mm lebih tinggi, serta wheelbase lebih panjang dan sumbu roda lebih lebar.

Platform GA-B bahkan memungkinkan untuk dipasangkan dengan suspensi multi-link, serta drivetrain AWD seandainya akan disediakan oleh Toyota. Bukan tidak mungkin Yaris versi SUV/crossover ini akan dimaksimalkan untuk punya varian AWD.

Untuk pilihan mesin, model Toyota termuda menggunakan arsitektur TNGA ini memiliki opsi yang paling memungkinkan adalah varian 1.5 liter dari Yaris hatchback. Varian mesin ini termasuk tersedia dalam versi hybrid dan transmisi CVT.

Untuk Yaris SUV ini, sepertinya Toyota lebih serius mempersiapkan dan akan menggarapnya dibandingkan varian Yaris Heykers yang pernah ada di Indonesia. Yaris Heykers sendiri diedarkan untuk pasar Asia Tenggara seperti Indonesia dan Thailand.

WAHYU HARIANTONO

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

50 Tahun Mitsubishi Motors, Ini Kata Brand Ambassador Mereka

JAKARTA, Carvaganza -- Mitsubishi Motors Corporation (MMC) merayakan usianya yang ke-50 tahun ini. Artinya MMC sudah diresmikan sejak 50 tahun lalu, meski Mitsubishi sendiri...

F1: Bottas Ambisius Ingin Jegal Hamilton di GP Rusia 2020

SOCHI, Carvaganza.com - Di Formula 1 saat ini, Valtteri Bottas menjadi satu-satunya penantang realistis Lewis Hamilton untuk merebut kejuaraan dunia. Saat ini F1 2020...

Toyota dan Mitsubishi: Kita Wait and See Keputusan Pajak Nol Persen

JAKARTA, Carvaganza.com -  Rencana mengnolkan pajak untuk penjualan kendaraan baru menjadi sangat menarik. Diskusi di ruang-ruang publik pun terbangun, karena kalau itu terealisasi publik...

Asuransi Astra Salurkan Donasi Beasiswa Rp 300 Juta untuk SLB B Sana Dharma

JAKARTA, Carvaganza -- Pandemi Covid-19 berdampak ke banyak sektor, termasuk dunia pendidikan. Seperti yang dialami SLB B Sana Dharma di Cilandak Barat, Jakarta. Guna...

Beda dari Versi Global, Honda Jazz di Indonesia akan Berwujud City Hatchback?

JAKARTA, Carvaganza.com – Sudah hampir setahun Honda Jazz/Fit generasi terbaru debut sejak Tokyo Motor Show 2019. Sampai saat ini juga, belum ada titik cerah...