Segudang Fitur Keselamatan Canggih Ada di Hyundai Stargazer, Ini Daftarnya

Driving With The Star - Hyundai Stargazer

JAKARTA, Carvaganza - Salah satu bentuk atau wujud keseriusan PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia adalah dengan menghadirkan Hyundai Startazer. Karena ini adalah pertama kalinya Hyundai memiliki model Low MPV, segmen yang sangat kompetitif dan digemari oleh masyarakat Tanah Air.

Hadir dengan julukan "Bintang Baru Keluarga", Hyundai Stargazer menjadi salah satu Low MPV terbaik dikelasnya. Sebabnya ia dibekali teknologi yang mengedepankan aspek keselamatan. Seperti Hyundai Bluelink dan SmartSense. Kedua fitur unggulan yang tertanam bikin perjalanan bersama keluarga jadi lebih aman dan nyaman. Lantas apa saja yang ada di dalamnya?

Travelogue Hyundai Stargazer

Hyundai Bluelink

BlueLink adalah teknologi konektivitas yang memungkinkan pemilik Hyundai terhubung dan memiliki akses penuh ke kendaraannya lewat smartphone. Perangkat ini memberikan akses penuh untuk fitur-fitur penting. Seperti mengetahui kondisi terkini kendaraan. Menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka kunci pintu, menyalakan/mematikan lampu, klakson dan juga untuk mengetahui posisi kendaraan.

Baca Juga: Sebelum Beli Hyundai Stargazer Tipe Tertinggi, Ketahui Dulu Kecanggihan Fiturnya

Selain itu, dapat mendukung keamanan, kenyamanan dan aktivitas penggunanya. Seperti auto collision notification (ACN), tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA).

ACN memberitahu lokasi serta informasi pemilik kendaraan kepada Pusat Bantuan Hyundai ketika mengalami kecelakaan atau terdeteksi mengembangnya airbag. Operator kemudian akan menerjemahkan pemberitahuan itu dengan mengirim unit medis maupun unit yang dibutuhkan lainnya ke lokasi pengemudi.

Pengemudi juga bisa menggunakan tombol SOS yang terletak di tengah langit-langit Stargazer. Bisa langsung menghubungkan dengan operator di Pusat Bantuan Hyundai. Kemudian pengemudi mengutarakan kebutuhannya langsung dari dalam kendaraan tanpa harus kesulitan mencari dan menghubungi lewat telepon genggam.

Bagian interior sudah diberikan mikrofon yang menghadap ke arah pengemudi dan penumpang untuk memperjelas suara serta mempermudah koordinasi. Sebagai tambahan, fitur RSA tersedia buat melayani kebutuhan darurat 24 jam.

Bluelink Hyunai Stargazer

Bluelink milik Stargazer juga mendapat fitur Stolen Vehicle Notification dan Stolen Vehicle Tracking. Dapat beroperasi saat ada upaya pencurian kendaraan. Pemilik langsung mendapat notifikasi ke telepon genggam. Setelahnya pemilik kendaraan dapat mengidentifikasi posisi terkini dari mobil mereka.

Lebih jauh, Hyundai juga punya Stolen Vehicle Immobilization. Ini adalah layanan yang dapat menghubungi operator dan meminta mobil dicuri untuk segera diberhentikan pengoperasiannya sementara waktu.

Fitur Bluelink lainnya adalah pelaporan kondisi kendaraan lewat Manual/Automatic Diagnostic Report. Bertugas melaporkan secara otomatis hasil diagnosa jika terjadi kejanggalan pada mobil. Kemudian ada Driving Information and Vehicle Health Report yang menyediakan laporan bulanan atas berbagai aktivitas dilakukan mobil.

Lalu Vehicle Status Check/Notification yang membantu menginformasikan kondisi perawatan mobil dalam bentuk notifikasi pada aplikasi.

Teaser Hyundai Stargazer

Hyundai SmartSense

Merupakan fitur keselamatan aktif (active safety features) yang gunakan paket teknologi dari sensor dan radar. Dirancang untuk mencegah terjadinya tabrakan atau kecelakaan akibat kelalaian pengemudi. Smartsense di Hyundai Stargazer terdiri dari Forward Collision-avoidance Assist (FCA), Lane Following Assist (LFA), Lane Keeping Assist (LKA), Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA), dan Rear Cross-traffic Collision-avoidance Assist (RCCA).

Berikut fungsi dan cara kerja fiturnya;

1. Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)

Forward Collision-Avoidance Assist (FCAA) merupakan fitur yang dirancang untuk membantu mendeteksi dan memantau kendaraan di depan atau mendeteksi pejalan kaki di jalan. Pengemudi mendapat pesan dan bunyi peringatan bila mobil bakal terjadi benturan.

Untuk memperingatkan pengemudi tentang benturan, pesan ‘Collision Warning’ ditampilkan di cluster dan disertai dengan bunyi peringatan. Ketika muncul ‘Emergency Braking’ berarti pengereman darurat akan terjadi. Notifikasi darurat beroperasi saat kecepatan kendaraan 10-180 km/jam sedang pengereman darurat di 10-60 km/jam.

2. Lane Following Assist (LFA)

Berguna membantu mendeteksi marka jalan dan atau kendaraan di jalan, serta membantu kemudi untuk menjaga kendaraan tetap di antara marka jalan. Tapi hal ini bukan berarti pengemudi bisa melepas tangan. Jika itu terjadi selama beberapa detik, terdapat pesan peringatan ‘Keep hands on the steering wheel’ yang ditampilkan dan terdengar bunyi peringatan secara bertahap.

Jika pengemudi masih tidak memegang kemudi setelah peringatan hands-off, pesan peringatan ‘Lane Following Assist canceled’ ditampilkan dan LFA akan otomatis dibatalkan.

Hyundai Stargazer

3. Lane Keeping Assist (LKA)

Dirancang untuk membantu mendeteksi marka jalan (atau tepi jalan) saat mengemudi di kecepatan tertentu. LKA akan memperingatkan pengemudi jika kendaraan keluar dari jalur (marka jalan) tanpa menggunakan lampu sein, atau secara otomatis membantu roda kemudi pengemudi untuk membantu mencegah kendaraan keluar dari jalur. LKA beroperasi saat kendaraan berada di kecepatan sekitar 60 - 200 km/jam.

Baca Juga: 10 Hal Menarik Hyundai Stargazer, MPV Modern yang Canggih

4. Blind-spot Collision-avoidance Assist (BCA) + Blind-Spot Collision Warning (BCW)

BCA memiliki peran membantu mendeteksi dan memantau objek yang mendekat di area blind spot pengemudi. Dan memperingatkan pengendara tentang kemungkinan akan terjadi benturan dengan menampilkan pesan dan mengeluarkan bunyi peringatan.

Jika ada mobil terdeteksi di sekitar mobil Anda, LED di kaca spion menyala untuk memberikan peringatan dan melakukan pengereman secara otomatis jika diperlukan.

5. Rear Cross-Traffic Collision-Avoidance Assist

Dirancang untuk membantu mendeteksi kendaraan yang mendekat dari sisi kiri dan kanan saat kendaraan sedang bergerak mundur. Bakal ada peringatan buat pengemudi bahwa bisa terjadi benturan berupa pesan dan bunyi peringatan.

Hyundai Stargazer

Selain itu, pengereman bisa terjadi untuk membantu mencegah terjadinya benturan. RCCA dapat beroperasi jika semua kondisi berikut terpenuhi; gigi di posisi R, kecepatan mobil di bawah 8 km/jam, kendaraan yang mendekat berada dalam jarak sekitar 25 meter dari sisi kiri dan kanan kendaraan, dan kecepatan kendaraan yang mendekat dari sisi kiri dan kanan di atas 5 km/jam.

Selain SmartSense, Stargazer juga memiliki beberapa fitur lain. Berikut detailnya.

- Jok captain seat (opsional)
- Seat back table
- Wireless smartphone charger
- Panel meter digital LCD TFT 4,2 inci
- Head unit touchscreen 8-inci dengan Smartphone Connectivity
- Rear View Monitor
- 6 Airbags system
- LED dan DRL
(ZENUAR YOGA / WH)

Baca Juga: 6 Poin Penting dari Hyundai Stargazer Curi Perhatian di Segmen MPV

Pelajari lebih lanjut tentang Hyundai Stargazer

  • Tampak Depan Bawah Hyundai Stargazer
  • Tampak samping Stargazer
  • Tampak Depan Hyundai Stargazer
  • Tampak atas Stargazer
  • Hyundai Stargazer Front Side View
  • Tampak depan medium Hyundai Stargazer
  • Hyundai Stargazer Front Cross Side View
Hyundai Stargazer
Rp 247,2 - 316,2 Juta Cicilan mulai dari : Rp 5,64 Juta

Mobil Hyundai Lainnya

  • Hyundai Creta
    Hyundai Creta
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Stargazer
    Hyundai Stargazer
  • Hyundai Ioniq 5
    Hyundai Ioniq 5
  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai Stargazer X
    Hyundai Stargazer X
  • Hyundai Staria
    Hyundai Staria
  • Hyundai i20
    Hyundai i20
  • Hyundai Ioniq 6
    Hyundai Ioniq 6
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona

Don't Miss

Featured Articles

Read All

Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

Mobil Hyundai Pilihan

  • Upcoming

Pilihan mobil untuk Anda

Updates

Artikel lainnya

New cars

Artikel lainnya

Drives

Artikel lainnya

Review

Artikel lainnya

Video

Artikel lainnya

Hot Topics

Artikel lainnya

Interview

Artikel lainnya

Modification

Artikel lainnya

Features

Artikel lainnya

Community

Artikel lainnya

Gear Up

Artikel lainnya

Artikel Mobil dari Oto

  • Berita
  • Artikel Feature
  • Road Test

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Review
  • Artikel Feature