Podium Ganda Red Bull Racing di GP F1 Prancis, Pembuktian Mesin Honda dan Mobil Lubricants

LE CASTELLET, Carvaganza -- Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Vesrtappen, mengungkapkan kunci kemenangannya di GP F1 Prancis di sirkuit Paul Ricard, Le Castellet, Prancis, Minggu, 20 Juni 2021 kemarin. Verstappen berhasil memenangkan seri ke-7 F1 musim ini, di depan saingan utamanya Lewis Hamilton (Mercedes), diikuti rekan setimnya Sergio Checo Perez di posisi ketiga.

Setelah menghapus selisih 16 detik dengan Hamilton di tahap akhir balapan dan dengan sisa waktu kurang dari dua lap, Max melaju melewati Hamilton. Pembalap Belanda itu masuk finish dengan catatan waktu 1:27:25.770. Ia hanya unggul 2,904 detik di depan Hamilton. Raihan ini menjadi catatan tersendiri. Kemenangan ini merupakan kemenangan pertama tim Red Bull di Prancis.

Verstappen mengatakan kemenangan tersebut merupakan usaha keras seluruh tim. "Kami memutuskan untuk menggunakan strategi two-stop yang bekerja dengan baik karena mobil kami cocok dengan kondisi menjelang akhir balapan karena angin menjadi sedikit berkurang dan trek menjadi licin. Pada akhirnya kami membuat keputusan yang tepat untuk kedua mobil dan senang berada di podium bersama Checo. Kita semua harus menikmati ini selama beberapa hari sampai kita tiba di Austria dan mulai lagi," katanya.

Membahas podiumnya, Checo mengatakan, "Tim melakukan pekerjaan yang fantastis hari ini dengan strategi hebat dan membuat keputusan yang tepat pada waktu yang tepat, sangat baik untuk semua orang di sini dan di pabrik. Yang paling penting ini adalah hasil yang bagus bagi mereka dan saya senang akan hal itu."

Red Bull Racing Honda

Secara statistik, ini adalah kali pertama Red Bull meraih tiga kemenangan beruntun (Monako, Azerbaijan, Perancis) di era V6 hybrid, terakhir pada 2013. Ini juga pertama kalinya mesin Honda memenangkan balapan tiga kali beruntun, sejak era McLaren-Honda di tahun 1990.

Toyoharu Tanabe sebagai Technical Director Honda F1 mengatakan, "Kemenangan fantastis untuk Max Verstappen di posisi pertama dan Sergio Perez di posisi ketiga, kami berakhir dengan dua pembalap di podium dan ini juga menjadi podium ketiga berturut-turut kami. Max berhasil menjalankan strategi yang dikombinasikan dengan mobil yang kuat dan performa power unit yang membuatnya kembali memimpin di akhir balapan."

Di klasemen pembalap, Verstappen memimpin dengan 131 poin. Ia unggul 12 poin dari Hamilton (119 poin) dan Sergio Perez di posisi ketiga. Pembalap Meksiko itu mengumpulkan 84 poin. Tim Red Bull Racing Honda sudah berhasil mengumpulkan 215 poin di posisi pertama klasemen sementara konstruktor F1 2021. Sementara tim Scuderia AlphaTauri, yang juga menggunakan mesin Honda, mengumpulkan 45 poin di posisi ke-5.

Seri balap selanjutnya akan diadakan di Grand Prix Styria pada 25-27 Juni 2021 dan Grand Prix Austria pada 2-4 Juli 2021. Keduanya bertempat di sirkuit Red Bull Ring, Spielberg.

Red Bull Racing Honda

Dukungan Mobil Lubricants

Rommy Averdy Saat selaku Mobil Consumer Brand General Manager PT ExxonMobil Lubricants Indonesia menyebut kemenangan ganda ini juga menjadi pembuktian kualitas Mobil Lubricants.

Mobil 1 baru-baru ini mengembangkan terobosan pelumas mesin bekerjasama dengan Honda Research and Development dan Red Bull Racing Honda. Pelumas Mesin Mobil 1 RB16B yang baru dirancang khusus untuk unit Honda yang baru, membantu menghasilkan tenaga maksimum tanpa mengorbankan perlindungan atau efisiensi bahan bakar.

"Podium ganda ini tentunya tidak terlepas dari teknologi yang mendukung performa mobil balap RB16B dengan pelumas mesin Mobil1, dan keunggulan teknologi ini juga dapat dirasakan oleh masyarakat Indonesia karena kami menyediakan rangkaian produk pelumas Mobil1 dan Mobil Super yang tersedia di pasar Indonesia," kata Rommy.

Tahun ini, ExxonMobil Lubricants Indonesia meluncurkan varian terbaru rangkaian produk Mobil Super yaitu Mobil Super All in One Protection, Mobil Super Friction Fighter dan Mobil Super Everyday Protection. Rangkaian produk Mobil Super ini telah dilengkapi dengan spesifikasi standar industri terkini API SP.

Keunggulan Mobil Super All in One Protection memberikan perlindungan mesin kendaraan dari suhu yang semakin panas yang dapat diatasi oleh Full synthetic dengan Heat Activated Anti-wear Molecules, sedangkan Mobil Super Friction Fighter yang dilengkapi dengan lapisan perlindungan tambahan dari Friction Fighter Molecules memberikan kesempatan untuk lebih banyak perjalanan saat mesin terlindungi dari keausan, dan Mobil Super Everyday Protection dengan Extengine Molecules, membuat usia kendaraan lebih panjang untuk lebih banyak tujuan bersama keluarga. RAJU FEBRIAN

 

Artikel yang direkomendasikan untuk anda