Demi Balapan Seru, Abu Dhabi Ubah Layout Sirkuit F1 Yas Marina

YAS MARINA, Carvaganza – Setelah lebih dari 10 tahun menajdi tuan rumah Grand Prix Abu Dhabi, sirkuit Yas Marina akan dirombak tahun ini. Perubahan direncanakan untuk beberapa titik di sirkuit, demi menciptakan aksi yang lebih menarik selama balapan. Perubahan diteargetkan bisa siap digunakan untuk balapan Formula 1 tahun ini, di akhir musim.

Revisi layout sirkuit telah disetujui untuk dikerjakan, yang akan dilakukan untuk pertama kalinya di Yas Marina sejak sirkuit aktif digunakan mulai 2009. Pengerjaan akan segera berlangsung, difokuskan pada beberapa tikungan yang menjadi lokasi potensi aksi menyalip. Tahun ini, Grand Prix Abu Dhabi dijadwalkan pada tanggal 12 Desember 2021.

Meski memiliki fasilitas yang diklaim terbaik di antara sirkuit modern saat ini, sirkuit Yas Marina dianggap membosankan. Penyebabnya adalah layout sirkuit yang kurang bisa menghasilkan aksi balapan menarik di atas trek. Apalagi statusnya sebagai balapan penutup musim diharapkan bisa menyajikan balapan yang seru untuk penonton.

“Tujuan utamanya adalah untuk menciptakan lebih banyak peluang untuk balapan jarak dekat. Kami ingin menciptakan lebih banyak peluang menyalip dan secara keseluruhan menciptakan trek balap yang mengalir lebih cepat, mengingat peraturan kendaraan saat ini,” papar CEO Abu Dhabi Motorsports Management, Shaif Al Noaimi. “Jadi kami benar-benar menantikan untuk melihat beberapa aksi menyalip dan aksi, dan semoga kejuaraan akan segera bisa berakhir dan ditentukan di sini,” katanya.

Detail rencana pengubahan layout sirkuit akan diungkapkan kepada publik menyusul. Namun di media sosial telah beredar sejumlah prediksi dan bocoran tentang layout baru Yas Marina. Diperkirakan ubahan akan dilakukan pada tikungan 5, 6, 7 yang dijadikan satu, sebelum menuju lintasan lurus panjang kedua. Lalu ubahan kedua pada kombinasi tikungan 11, 12, 13 dan 14 yang juga dijadikan satu, setelah lintasan lurus panjang ketiga, untuk menambah peluang aksi menyalip.

Dua bagian di atas yang akan diubah adalah rangkaian tikungan berbentuk chicane. Khususnya untuk chicane di tikungan 5, 6, 7 selama ini dianggap membuat peluang menyalip sulit, membuat antar mobil untuk mendekat lebih sulit menuju trek lurus panjang setelahnya. Balapan edisi 2020 lalu bahkan disampaikan oleh pembalap, salah satunya Daniel Ricciardo, yang menyebut balapan membosankan. Ricciardo berharap layout sirkuit diubah demi balapan yang menarik.

“Saya tentunya tidak ingin membicarakan tempat ini, karena saya ingin terus kembali ke sini, karena tempatnya luar biasa. Tapi mungkin kita bisa bermain-main dengan layoutnya. Saya tahu mungkin ada beberapa alternatif di sekitar sini, karena sayangnya di hari Minggu, itu sulit,” kata Ricciardo yang tahun lalu berseragam Renault. “Terkadang agak suram dari sudut pandang hiburan,” lanjutnya.

Abu Dhabi dijadwalkan lagi menjadi balapan pamungkas musim ini. Jadwalnya ditempatkan setelah seri Grand Prix Arab Saudi sebagai pendatang baru, yang berlokasi di sirkuti jalan raya Jeddah. Tahun ini juga Abu Dhabi akan dihadiri oleh penonton di trek dalam jumlah terbatas, serta agenda hiburan pendukung program balapan.
WAHYU HARIANTONO

Sumber: Motorsport

Artikel yang direkomendasikan untuk anda