Mobil Honda CRV 2021

Honda CR-V yang dijual saat ini adalah generasi ke-5 yang lahir pada 2017. Tampangnya jauh lebih modern. Fitur canggih nan segar tak lupa disematkan. Ubahan paling signifikan dibanding generasi sebelumnya, mesin.

 

Mulai generasi inilah CR-V dibekali mesin kecil dengan bantuan induksi turbocharger. Naiknya pamor mesin turbo nan efisien membuat CR-V menggendong unit serupa Civic anyar. Kapasitasnya memang kecil, hanya 1.500 cc, namun keluaran daya dapat disetarakan dengan jantung 2.4 liter naturally aspirated. Bandingkan saja, figur tenaga 190 hp didukung torsi 240 Nm, mirip output jantung kasta atas dari model pendahulu. Opsi unit 2.4 pun lengser dari daftar menu. Namun Honda Prospect Motor masih menawarkan opsi mesin naturally aspirated 2,0 liter. 

 

Awal 2021, CR-V mendapat penyegaran. Facelift yang dinanti cukup lama, mungkin tertunda lantaran Pandemi Covid-19. Ubahan terjadi pada paras dan fitur. Paling signifikan, fitur Honda Sensing. Paket safety komplet, yang membuatnya semakin layak bersaing dengan rival seperti Mazda CX-5 yang juga punya fitur serupa.

Baca Selengkapnya Tutup
  • Tampak Depan Bawah Honda CRV
  • Honda CRV Reverse Parking Sensors
  • Tampak Grille CRV
  • Fog lamp depan CRV
  • Lampu depan CRV
  • lampu belakang CRV
  • handle pintu CRV
  • Pelek CRV
  • Knalpot CRV
  • Tampak belakang CRV
  • Tampak depan medium Honda CRV
  • Honda CRV Front Cross Side View
  • Honda
  • Honda CRV Rear Wiper
  • Fog lamp belakang CRV
Rp 470,6 - Rp 550,5 Juta DP Rp 117,65 Juta EMI : Rp 10,74 Juta x 36
Fuel Petrol Engine 1997 cc Tempat Duduk 7 Kursi Transmission Cvt

Harga Honda CRV

  • All
  • Petrol
  • 2.0L
    Rp 470,6 Juta
    5 Kursi 1997cc Bensin
  • Value For Money 1.5L Turbo
    Rp 500 Juta
    7 Kursi 1498cc Bensin
  • 1.5L Turbo Prestige
    Rp 550,5 Juta
    7 Kursi 1498cc Bensin
  • 2.0L
    Rp 470,6 Juta
    5 Kursi 1997cc Bensin
  • Value For Money 1.5L Turbo
    Rp 500 Juta
    7 Kursi 1498cc Bensin
  • 1.5L Turbo Prestige
    Rp 550,5 Juta
    7 Kursi 1498cc Bensin

Honda CRV Varian dengan value for money terbaik

Memilih varian terbaik Honda CR-V bukan perkara muda. Masalahnya, mobil ini hanya ditawarkan dalam tiga varian saja. Bayangkan saja, varian paling rendahnya dijual Rp 479,8 juta. Jadi tipe Honda CR-V 2.0L saja sudah mewah dan dibekali banyak fitur.

 

Sebut saja smart entry dengan tombol Start-Stop, lampu depan full LED dengan mode auto. Fitur di dalamnya juga berlimpah. Mulai dari sistem multimedia layar sentuh 7 inci dengan smartphone dan bluetooth connection, audio steering switch, paddle-shift, cruise control hingga electric parking brake dengan mode auto hold. Hebat kan?

 

Tapi lantaran varian termurah pasti ada kekurangannya. Ia menggunakan mesin 2,0 liter yang performa dan efisiensinya kalah dibanding varian atas yang sudah bermesin 1,5 liter turbo. Kalau ingin lihat perbandingan performanya baca bagian performa. Sudah begitu interior tipe 2.0L masih belum dilengkapi jok kulit. Begitupun kursi baris ketiga yang absen.

 

Honda CR-V 1.5L Turbo lebih memikat karena punya jok kulit dan berkapasitas 7-penumpang. Kursi pengemudi sudah pakai pengaturan elektris dan ada ornamen panel kayu di dashboard penambah kesan mewah. Sistem multimedianya sama, tetapi varian ini punya Multi Angle Rear View Camera. Speaker juga ditambah tweeter. Sistem AC varian ini dual zone dengan mode auto serta sistem pengaturan AC kursi baris belakang.

 

Dari luar bedanya sedikit. Cuma fog lamp halogen bulat milik CR-V 2.0L diganti LED. Di bekalang ada dual exhaust pipe plus finisher dan velgnya punya desain berbeda. Secara umum desainnya persis dengan tipe paling mahal, Prestige. 

 

Lalu apa bedanya tipe ini dengan varian Prestige? Varian ini tak dilengkapi fitur keselamatan terpadu Honda Sensing, Remote Engine Start, Hands-Free Access Power Tailgate dan Power Panoramic Sunroof. Tetapi sebetulnya tanpa itu semua Honda CR-V 1.5L Turbo yang bukan Prestige juga sudah dibekali fitur keselamatan standar yang cukup lengkap, mulai dari 6 airbags, Hill Start Assist ABS, EBD, BA Vehicle Stability Assist, Brake Override System hingga Emergency Stop Signal. Pas kan?

Baca Selengkapnya Tutup

Kelebihan dan Kekurangan Honda CRV

Dapatkan wawasan yang lebih baik tentang Honda CRV, Baca pendapat ahli kami dan bantu untuk membeli atau tidak

Skor Penilaian Carvaganza untuk Honda CRV

3/5

Overall rating

Dinilai oleh Rizki Satria Carvaganza

  • Honda CRV - Value For Money

    4 Bintang

    Dibilang mahal ya mahal. Varian termahalnya (prestige) dijual lebih dari Rp 573,4 juta. Harganya ini bahkan lebih mahal dari Mazda CX-5. Apalagi kalau mau dibandingkan dengan produk sejenis buatan produk Cina seperti Wuling Almaz ataupun DFSK Glory i-Auto yang harganya beda jauh. 

     

    Gara-gara kedua produk asal Cina itu, apa yang ditawarkan CR-V jadi terkesan tak begitu istimewa. Fitur-fitur seperti power panoramic sunroof, interior mewah, kapasitas 7-penumpang, mesin turbo hingga fitur keselamatan terpadu Honda Sensing pun sudah bisa dinikmati di Wuling Almaz RS. Malah Wuling Almaz RS lebih canggih lagi karena punya fitur perintah suara berbahasa Indonesia. 

     

    Tetapi jujur saja, harga, citra brand serta desain eksekutif CR-V memberikan rasa kebanggaan yang tentu berbeda ketimbang kalau Anda membeli Wuling Almaz RS.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Eksterior CRV

    4.5 Bintang

    Honda CR-V berbagi platform dengan Honda Civic. Hasilnya, mobil ini memiliki karakter berkendara yang nyaman dan performa ala Civic namun dengan utilitas yang lebih mumpuni khas SUV (Sport Utility Vehicle).

     

    Generasi terbaru mobil ini didesain oleh Honda Amerika Serikat. Mungkin karena yang mendesain Honda Amerika, maka CR-V pun akan terlihat besar dilhat dari sudut manapun. Bentuknya maskulin khas SUV asal AS.

     

    Facelift 2021 menata ulang wajah, khususnya sektor grille dan bumper. kisi-kisi lebih membentuk heksagonal disisipi palang hitam horizontal. Lapis kromium di depan kini lebih menipis dan diletakkan di atas logo H tegak. Pelindung bumper depan berlabur perak. Menyiku pada kedua sisi serta menyangga sepasang lampu kabut.

     

    Model gres Honda CR-V dilengkapi dengan roda 18 inci, profil ban 235 / 60 R18. Kemudian di buritan sepintas nyaris sama dari unit eksis. Namun pelindung lampu, mika belakang dibikin agak gelap. Lalu bawah bumper belakang masih berlapis silver, hanya saja guratannya dibikin beda. Tepat di bawah itu, ada sepasang muffler pipa gas buang yang sporty.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Interior Honda CRV

    4.5 Bintang

    Interior generasi kelima CR-V dibuat lebih segar dari sebelumnya. Apalagi varian tertinggi Prestige, kualitasnya patut diacungi jempol. Sejumlah poin masih dibawa dari para pendahulunya. Seperti posisi tuas transmisi. Kendati sebuah SUV, kenyamanan kabinnya tak kalah dari sedan.

     

    Sistem audio mumpuni, pengaturan kursi secara elektrik, hingga rem parkir dengan fitur Auto Hold sangat memanjakan pengemudi dan penumpangnya. Malah ada opsi dengan power panoramic sunroof. Tak cuma itu, untuk menjaga kesegaran kabin, ada sistem pembersih udara berbasis Nanoe-e (nanocluster). Oh ya, kini material kabin juga sudah diperbaiki dengan pelapisan soft pad di lebih banyak area interior.

     

    Versi facelift 2021, tak banyak yang diubah oleh Honda pada interior CR-V. Ada tambahan panel kayu menghiasi dashboard. Paling siginifikan bisa dilihat dari penggunaan layar TFT berukuran 5-inci sebagai panel meter untuk menampilkan semua informasi berkendara. Selebihnya fitur interior lain seperti AC otomatis dual zone, jok kulit, panoramic power sunroof hingga audio switch di lingkar kemudi tetap tersedia.

     

    Audio steering switch di lingkar kemudi akan terhubung dengan display audio 7-inci yang dilengkapi sistem navigasi, koneksi Bluetooth dan lainnya. Ada 8 speaker yang akan mengeluarkan suara berkualitas dari head unit audionya itu.

     

    Satu poin terbaru lagi, kemudahan akses CR-V. Ia kini dilengkapi fitur Hands-Free Access Power Tailgate. Cukup ayunkan kaki ke kolong dan pintu bagasinya pun terbuka. Ditambah lagi dengan fitur Walk-Away Auto Lock. Sistem secara otomatis menutup dan mengunci pintu bagasi saat mendeteksi remote menjauh atau meninggalkan kendaraan.

     

    Dengan remote anyar, pengguna bisa menyalakan mesin CR-V tanpa masuk ke dalam kabin. Cukup dengan akses tombol pada remote. Tak ketinggalan CR-V facelift kini punya sensor otomatis pendeteksi hujan untuk wipernya. Fitur yang sewajarnya sudah harus ada dari awal generasi ini meluncur.

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Mesin, Performa & Konsumsi BBM CRV

    4.5 Bintang

    Mesin 1.5 liter VTEC Turbo miliknya juga dipakai Civic Turbo yang fenomenal itu. Karakter mesin dengan turbo membuat powernya lebih padat dan lebih halus mengalirkan tenaga. Alhasil tenaga 190 PS bisa memuncak dengan mudah. Begitu pun dengan torsinya, lebih akomodatif untuk diajak menanjak.

     

    Sayangnya, transmisi otomatis jenis CVT (Continuous Variable Transmission) meredam semua itu agar pengendaraan lebih halus. Karakter sebuah mobil dengan CVT memang seperti itu. Transmisi ini didesain untuk memberikan pengendaraan yang halus dengan perpindahan gigi yang tidak terasa. Untungnya ada mode transmisi S dan paddle shifter di setir untuk simulasi perpindahan gigi layaknya transmisi otomatis konvensional.

     

    Opsi mesin tanpa turbo berkapasitas 2.0 liter i-VTEC di varian termurah masih bawaan generasi lama. Daya yang disemburkan, 155 PS pada 6.500 rpm. Sedang torsinya 189 Nm tersedia pada 4.300 rpm. Kalau sebelumnya Honda CR-V punya pilihan mesin 2,4 liter, sekarang pilihan mesin ini telah hilang.

     

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Pengendaraan dan Pengendalian Honda CRV

    4.5 Bintang

    Improvement yang dilakukan Honda pada CR-V versi facelift 2021 lebih banyak pada fiturnya. Karakter berkendaranya tak berbeda. Masih terasa kenyamanan khas CR-V yang sudah terkenal sejak dulu. Kualitas pengendaraan dengan bantingan suspensi yang lembut tak lantas membuat bodi limbung saat bermanuver di tikungan.

     

    Memang meski berbekal mesin turbo, tetapi mobil ini dirancang memang untuk mengedepankan faktor kenyamanan. Selain transmisi CVT dengan penyaluran tenaga yang lembut, kemudinya pun dibuat ringan dan tanpa feeling untuk kesenangan berkendara. Ruang kabin yang lega, kaca depan green tinted dengan lapisan anti panas dan keheningan kabin yang luar biasa membuktikan itu.  

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Fitur keselamatan CRV

    4.5 Bintang

    Fitur keselamatan terpasang sempurna di mobil ini. Mulai dari  6 buah airbag di sekujur kabinnya. Berlaku untuk semua varian. Rem ABS, Brake Assist dan EBD tersedia. Ditambah lagi dengan Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist (HSA), Brake Override System, Kamera dan sensor parkir serta alat pemadam api ringan (APAR) juga Emergency Stop Signal.

     

    Honda semakin melengkapi paket penjamin keselamatan CR-V khusus varian tertinggi Prestige. Honda Sensing yang sebelumnya hadir pada Accord terbaru di Indonesia juga dipasang untuk CR-V. 

     

    Fungsi Honda Sensing meliputi berbagai peranti. Misalnya saja Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Lalu tersedia pula oleh Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam. Banyak kan?

    Baca Selengkapnya Tutup
  • Layanan Purna Jual CRV

    4 Bintang

    Layanan purna jual Honda di Indonesia juga sangat baik. Lebih dari 200 diler resmi dengan fasilitas layanan 3S Honda tersebar di hampir seluruh provinsi mulai dari Nangroe Aceh Darussalam hingga Papua. Populasinya yang tinggi juga membuat Honda mau tidak mau menjamin ketersediaan suku cadang baik fast moving maupun slow moving dengan baik. Layanan purna jual Honda juga pernah beberapa kali meraih penghargaan terbaik.

    Baca Selengkapnya Tutup

Pertanyaan yang sering ditanyakan tentang Honda CRV

Berapa dimensi panjang Honda CR-V?

Honda CR-V memiliki dimensi panjang 4.623 mm, lebar 1.855 mm, tinggi 1.657 mm dan jarak sumbu roda 2.660 mm.

Apa itu Honda Sensing pada Honda CR-V?

Honda Sensing merupakan fitur keselamatan terpadu yang terpasang pada Honda CR-V tipe Prestige. Fungsi Honda Sensing meliputi Collision Mitigation Braking System (CMBS), Forward Collision Warning (FCW) – Integrated with CMBS, Lane Keeping Assist System (LKAS) dan Road Departure Mitigation (RDM). Lalu tersedia pula oleh Lane Departure Warning (LDW), Adaptive Cruise Control (ACC) with Low Speed Follow (LSF) serta Auto High Beam dan masih banyak lagi lainnya.

Berapa ukuran ban Honda CR-V?

Honda CR-V menggunakan ban berukuran 235/60 R18

Berapa tenaga mesin Honda CR-V?

Honda CR-V tersedia dalam dua pilihan mesin, 1,5 liter turbo dan 2,0 liter. Mesin 1,5 liter turbo miliknya mampu menghasilkan 190 PS pada 5.600 rpm dan torsi 240 Nm di 2.000-5.000 rpm. Mesin 2,0 liter bertenaga sebesar 154 PS pada putaran 6.500 rpm dan torsinya mencapai 189 Nm di putaran 4.300 rpm.

Mobil Honda

Alternatif Honda CRV

Updates - Honda CRV

Artikel Lainnya

New Cars - Honda CRV

Artikel Lainnya

Drives - Honda CRV

Artikel Lainnya

Review - Honda CRV

Artikel Lainnya

Video - Honda CRV

Lihat Lainnya

Features - Honda CRV

Artikel Lainnya