Pemilik Tesla Dihimbau Jangan Charging Di Jam 15 dan 20.00, Kenapa?

Pengecasan mobil Tesla

TEXAS, Carvaganza – Sebagai mobil yang mengandalkan sepenuhnya energi yang dipakai dari listrik, mobil Tesla tentunya membutuhkan charging untuk mengisi baterainya agar bisa berjalan. Kalau baterainya tidak discharge jika kosong, tentu kendaraan tidak bisa menjalankan fungsinya.

KEY TAKEAWAYS

  • Kenapa pemilik Tesla di AS dihimbau untuk charging si jam tertentu?

    Karena gelombang panas yang membuat pemakaian listrik di ‘peak hours’ meningkat.
  • Pada pukul berapa yang harus dihindari pemilik Tesla untuk mengecas?

    Pukul 3 pm dan 8 pm waktu Texas.
  • Di negara bagian Texas, Amerika Serikat, justru menghimbau para pemilik mobil Tesla agar tidak melakukan pengecasan di jam tertentu selama musim gelombang panas melanda kawasan tersebut. Tentu saja hal ini akan berdampak pada pemakaian mobil atau pemilik harus lebih selektif lagi dalam charging.

    Kenapa para pemilik Tesla sampai dihimbau seperti itu? Yup himbauan itu disampaikan pada minggu lalu. Pasalnya, PLN-nya Texas mengumumkan bahwa enam dari fasilitas pembangkit listriknya mati pada saat gelombang panas terjadi karena tingginya pemakaian. Kantor PLN itu menyatakan keenam pembangkit listrik itu menyuplai energi untuk lebih dari 500.000 rumah.

    Sehubungan dengan adanya pengumuman dari PLN Texas, para pemilik kendaraan listrik Tesla dihimbau agar tidak mengecas mobilnya pada ‘jam sibuk’ (peak hours) untuk menghindari meroketnya pemakaian listrik.

    Tesla Model S Tesla Model S

     

    Himbauan itu terpasang pada papan pengumuman di Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) milik Tesla di Texas. “Gelombang panas diperkirakan mempengaruhi listrik di Texas dalam beberapa hari ke depan,” bunyi papan pengumuman. “Operator listrik menghimbau agar menghindari pengecasan pada jam sibuk antara pukul 3 pm dan 8 pm, jika memungkinkan, untuk membantu upaya pemerintah negara bagian mengatur pemakaian listrik.”

    Menurut National Weather Service, rata-rata suhu di kawasan Dallas selama bulan Mei pada kisaran 22,7 derajat Celcius (73 derajat Fahrenheit). Pada musim gelombang panas akhir-akhir ini, rata-rata suhu di Dallas naik menjadi 28,3 derajat Celcius (83 derajat Fahrenheit) dan yang tertinggi adalah 34,4 derajat Celcius (94 derajat Fahrenheit).

    Baca juga:  Tesla Beli Lahan 500 Hektar Di Austin Untuk Pabrik Baru

    National Weather juga menyatakan bahwa dalam seminggu terakhir ini, kondisi suhu belum menurun. Bahkan diramalkan beberapa kawasan di AS bagian Tenggara akan diselimuti suhu di atas 32,2 derajat Celcius (90 derajat Fahrenheit).

    Bagi para pemilik kendaraan listrik di Texas, menghemat pemakaian listrik sebetulnya bukan dengan tidak melakukan pengecasan di jam sibuk. Mereka juga harus melakukan penyesuaian pada perilaku atau kebiasaan mengemudinya. Misalnya, mengurangi jarak yang ditempuh atau mengurangi waktu mengemudi dan menghemat pemakaian AC dengan mengatur titik dingin jangan ketinggian.

    Mobil Listrik

    Perlu diketahui, populasi mobil listrik di Texas adalah yang tertinggi ketiga di AS sehingga pihak berwenang rasanya perlu merilis himbauan itu. Menurut riset yang dilakukan oleh AAA, pemakaian AC dalam kondisi suhu 35 derajat Celcius bisa mengurangi jarak yang bisa ditempuh oleh mobil listrik sebanyak 17 persen. Namun angka tersebut banyak dibantah oleh sejumlah pemilik Tesla.

    Kata sejumlah kalangan, ya kalau ingin betul-betul berhemat pemakaian energi listrik pada electric vehicle jangan sering-sering pakai AC dan untuk jarak-jarak pendek jangan pakai AC. Harus rela berpanas-panasan di dalam mobil. (EKA ZULKARNAIN)

    Sumber: thedrive.com

    Baca juga:  Tahun 2030, Diharapkan 200 Ribu Mobil Listrik Ada Di Jalan Indonesia

    Artikel yang mungkin menarik untuk Anda

    Mobil Tesla Pilihan

    Updates

    Artikel lainnya

    New cars

    Artikel lainnya

    Drives

    Artikel lainnya

    Review

    Artikel lainnya

    Video

    Artikel lainnya

    Hot Topics

    Artikel lainnya

    Interview

    Artikel lainnya

    Modification

    Artikel lainnya

    Features

    Artikel lainnya

    Community

    Artikel lainnya

    Gear Up

    Artikel lainnya

    Artikel Mobil dari Oto

    • Berita

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza