Beranda Updates Pabrikan Asia Mulai Dominasi Gelar Mobil Terbaik Dunia

Pabrikan Asia Mulai Dominasi Gelar Mobil Terbaik Dunia

Kia Telluride 2020

JAKARTA, Carvaganza.com – Pabrikan Asia tak bisa lagi diremehkan di panggung dunia. Terbukti jenama asal Asia sukses mendominasi ajang World Car Award yang dilangsungkan tahun ini. Mereka meraih 3 dari 5 penghargaan yang diberikan. Keduanya adalah Kia dan Mazda.

Anugerah Word Car Awards memberikan penghargaan bagi mobil-mobil yang dianggap terbaik di dunia. Event ini biasanya diumumkan setiap tahunnya di pagelaran New york International Auto Show. Namun tahun ini berbeda, peraih penghargaan itu pun diumumkan secara digital akhir pekan lalu karena mewabahkan virus corona baru (COVID-19).

Tahun ini, pabrikan asal Asia menyerobot hampir semua kategori yang ada. Sebanyak 80 juri dari seluruh dunia memberikan penilaian terhadap peraih penghargaan tersebut. World Car of the Year 2020 jatuh pada Sport Utility Vehicle (SUV) Kia Telluride, keluaran pabrikan Korea.

Kia bahkan meraih satu penghargaan lain di kategori Urban Car 2020, yang didapatkan Kia Soul EV. Brand Asia lain yang juga sukes tahun ini adalah Mazda. Mereka membawa pulang kategori World Car Design of the Year yang diraih hatchback Mazda 3.

Sedangkan, penghargaan The Best Luxury Car jatuh pada Porsche Tyacan. Model yang sama juga dinobatkan sebagai pemenang kategori World Luxury Car.

Baca juga: Kia Telluride Sabet World Car of the Year 2020

Mazda MX-5 2016

Bukan yang Pertama

Ini bukan yang pertama kalinya pabrikan Asia Berjaya. Seperti diketahui, para peraih pengharagaan dipilih melalui seleksi pemugutan suara rahasia oleh 86 juri di 27 negara bagian di Amerika Serikat.

Karena beberapa mobil tidak tersedia di beberapa negara bagian, hanya 40 mobil baru tahun lalu yang dirakit khusus untuk diberi penilaian. Juri pun hanya dapat memberi penilaian kendaraan yang telah mereka uji.

Untuk penghargaan tertinggi Car of the Year ini kali kedua brand Asia meraihnya. Sebelumnya didapatkan Mazda MX-5 pada 2016. Di tahun yang sama mobil ini juga meraih gelar World Car Design of the Year.

Di tahun-tahun berikutnya mobil-mobil asal Asia tak pernah lepas dari gelar juara. Ini menunjukkan jika desain dan kualitas mobil Asia sudah mendapat pengakuan seluruh dunia.

Daftar mobil brand Asia yang meraih penghagaan di Car Year Award:

2016: Mazda MX-5 (World Car of the Year), Mazda MX-5 World Car Design of the Year, Toyota Mirai Hydrogen Fuel Cell (World Green Car)

2017: Toyota Prius Prime (World Green Car)

2018: Nissan LEAF (World Green Car)

2019: Suzuki Jimny (World Urban Car)

RAJU FEBRIAN

Video Terbaru Youtube Carvaganza

Video Terbaru Youtube The Official Oto

Last Updates

Tambah Jaringan, Resmi Dibuka Wuling Arista Cimahi

CIMAHI, Carvaganza -- Pandemi COVID-19 memberikan pukulan yang cukup berat bagi semua sektor dan ekonomi nasional. Salah satunya adalah sektor otomotif yang sangat terdampak...

Top 20 Desain Terbaik Honda Brio Virtual Modification #3

JAKARTA, Carvaganza – Ajang modifikasi Honda Brio Virtual Modification #3 mampu menarik perhatian para desainer dan modifikator Tanah Air. Sejak dibuka 11 Mei lalu...

BMW E30 1989 Custom, Modifikasi Suka-Suka a la Marenno

JAKARTA, Carvaganza – Modifikasi mobil ibarat refleksi diri. Seperti apa ubahan yang dilakukan pada mobil seperti itulah gaya si pemilik. Hal itulah yang dilakukan...
Daihatsu Gran Max

Virtual Daihatsu Festival Kedua Makin Diminati, Catat 554 Unit SPK

JAKARTA, Carvaganza -- Daihatsu kembali menyelenggarakan acara penjualan mobil secara online dengan berbagai promo menarik melalui Virtual Daihatsu Festival pada Sabtu, 25 Juli 2020...

Corolla Cross Tidak Dilengkapi Toyota Safety Sense, Ini Alasannya

JAKARTA, Carvaganza.com – Toyota Corolla Cross di Tanah Air didatangkan secara CBU (Completely Built-Up) dari Thailand. Meski begitu, spesifikasi yang tertanam berbeda dengan unit...